Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Mendaki Gunung Gede Pangrango? Simak Info 3 Jalur Pendakiannya

KOMPAS.com - Gunung Gede Pangrango kembali dibuka untuk aktivitas pendakian mulai Selasa (25/8/2020) setelah sebelumnya tutup akibat pandemi Covid-19.

Para pendaki yang ingin mendaki, wajib untuk melakukan registrasi online dengan mengunjungi situs resmi TNGGP di www.gedepangrango.org.

Sebelum memulai pendakian, kamu juga wajib sudah menyiapkan beberapa protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan tentunya perlengkapan pendakian standar.

Jika sudah lengkap, kamu juga wajib tahu mana saja jalur pendakian Gunung Gede Pangrango.

Ada 3 jalur resmi pendakian Gunung Gede Pangrango, yakni jalur Cibodas, jalur Gunung Putri, dan jalur Selabintana.

Berikut Kompas.com rangkum panduan dan informasi seputar tiga jalur pendakian tersebut:

1. Jalur Cibodas

Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Cibodas merupakan jalur yang paling sering dilalui para pendaki.

Terdapat beberapa pos peristirahatan di jalur pendakian via Cibodas. Pos-pos tersebut juga beratap dan bermanfaat untuk tempat berteduh para pendaki.

Awal pendakian, kamu akan menyusuri jalan setapak berbatu. Kawasan hutan tropis yang lebat juga akan menjadi pemandanganmu sepanjang awal perjalanan.

Pemandangan alam yang eksotis dan indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki yang memilih jalur ini.

Mulai dari telaga biru, rawa gayonggong, hingga air terjun Panca Weuleuh, semua akan tersaji ketika kamu melewati Pos Kandang Batu.

Pendaki yang melalui jalur Cibodas biasanya akan mendirikan tenda di Kandang Badak sebelum lanjut summit atau menuju puncak sekitar pukul 03.00 WIB.

Sampai di puncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah empat kawah yang masih aktif yaitu Kawah Ratu, Kawah Wadon, Kawah Lanang, dan Kawah Baru.

Jalur pendakian via Cibodas memakan waktu sekitar 7-10 jam untuk sampai puncak.

2. Jalur Gunung Putri

Jalur berikutnya yang biasa dipilih pendaki adalah jalur Gunung Putri. Trek yang akan dilalui pendaki di sini lebih sulit daripada Cibodas.

Medan terjal dan trek curam akan menjadi makanan para pendaki di jalur ini. Kamu akan merasakannya ketika melalui kawasan hutan tropis, sekitar Tanah Merah dan sekitar Lawang Seketeng.

Pos Jaga Gunung merupakan titik awal pendakian. Setelah itu, pendaki akan lanjut menuju trek melewati hutan pinus yang dikelola KPH Perhutani Cianjur.

Jalur Gunung Putri memiliki estimasi waktu lebih cepat untuk sampai puncak yaitu 6-8 jam.

3. Jalur Selabintana Sukabumi

Jalur pendakian resmi yang terakhir yaitu jalur Selabintana di Sukabumi. Jalur ini merupakan jalur terpanjang menuju puncak Gunung Gede Pangrango.

Namun, bagi kamu yang belum paham, pemula dan belum mengetahui informasi seputar jalur ini, disarankan untuk tidak melaluinya karena medan yang menantang.

Pendaki akan menemui pacet, sejenis lintah yang bisa mengisap darah dari tubuhmu. Biasanya kaki para pendaki akan dipenuhi pacet ketika mendaki di jalur ini.

Menyusuri sungai dan hutan juga menjadi makanan selama pendakian di jalur Selabintana. Bagi kamu penyuka tantangan, jalur ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Adapun, estimasi waktunya untuk sampai puncak sekitar 9-12 jam.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/25/140200527/mau-mendaki-gunung-gede-pangrango-simak-info-3-jalur-pendakiannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke