Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Cara Menuju Gunung Bromo dari Jakarta

Pengumuman ini sekaligus sebagai kabar gembira bagi wisatawan yang sudah bertanya dan menunggu kapan Bromo akan dibuka kembali.

Wisatawan yang berasal dari luar Jawa Timur juga bisa berkunjung ke Bromo karena pembukaan yang diterapkan adalah untuk umum.

Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, siap-siap untuk membeli tiket kereta api atau bus. Bisa juga jika memiliki kendaraan pribadi, untuk mengecek kesiapan kendaraanmu.

Selain transportasi darat yaitu kereta api atau bus, kamu juga bisa menuju Bromo dengan menggunakan transportasi udara yaitu pesawat.

Berikut Kompas.com rangkum cara menuju Gunung Bromo dari Jakarta.

Kereta Api

Kamu bisa memesan kereta api tujuan Stasiun Malang. Ada banyak KA dari Stasiun Gambir (Jakarta) dan Stasiun Pasar Senen (Jakarta) menuju ke sana seperti KA Mutiara Selatan (Gambir), Bima (Gambir), Gajayana (Gambir), Matarmaja (Pasar Senen), Malabar (Pasar Senen), dan Jayabaya (Pasar Senen).

Untuk harga tiket termurah saat ini yaitu KA Matarmaja dengan harga tiket Rp 150.000.

Tiba di Stasiun Malang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum ke Terminal Arjosari.

Setelah itu, kamu bisa lanjut naik angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo dan pindah naik angkutan desa ke Cemoro Lawang, Ngadisari.

Bus

Jika memilih berangkat naik bus, kamu bisa naik bus Gunung Harta seharga Rp 300.000, Medali Emas Rp 300.000, dan Lorena Rp 320.000.

Tiba di Terminal akhir Malang, kamu bisa lanjutkan dengan rute yang sama yaitu angkutan umum ke Terminal Bayu Angga dan angkutan desa ke Cemoro Lawang.

Pesawat

Jika menggunakan pesawat, kamu bisa memilih tiket pesawat tujuan Bandara Juanda Sidoarjo. Kemudian melanjutkan perjalanan darat ke arah Terminal Bungurasih menggunakan bus Damri.

Tiba di Terminal Bungurasih, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan ke Terminal Arjosari dengan bus.

Sampai di sana, kamu bisa mencari angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo dan berganti angkutan desa ke Cemoro Lawang.

Wisatawan lebih disarankan agar melewati Malang ke Gunung Bromo dibandingkan melalui Surabaya.

Hal ini karena jarak dari Malang ke Gunung Bromo lebih dekat yaitu sekitar 35 kilometer, sedangkan Surabaya ke Gunung Bromo sekitar 79 kilometer.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/26/181000827/catat-cara-menuju-gunung-bromo-dari-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke