Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Penjara di Thailand Diubah Jadi Tempat Wisata

Hal tersebut diungkapkan oleh Justice Minister Somsak Thepsuthin pada Senin (24/8/2020), melansir Bangkok Post.

Atraksi dapat termasuk acara-acara seperti kontes masak bagi para juru masak dari balik jeruji atau Chefs Behind Bars. Sementara di pertokoan, para pengunjung bisa membeli barang yang dibuat oleh para tawanan.

Thepsuthin menuturkan, rencana tersebut sudah diimplementasikan pada lima penjara yang merupakan proyek percontohan.

Dari lima penjara tersebut, Thepsuthin hanya memberitahu empat penjara saja yakni Trat, Rayong, Ratchaburi, dan Nakhon Ratchasima.

Dalam anggaran 2021, rencana tersebut akan diimplementasikan pada 67 penjara lainnya. Secara menyeluruh, jumlah total penjara yang akan dijadikan atraksi wisata adalah 72 penjara atau 50 persen dari 143 penjara di Thailand.

Meski begitu, Thepsuthin mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak bisa dilakukan pada seluruh penjara karena terdapat batasan.

Kerja sama dengan kementerian pariwisata

Jika beberapa penjara menjadi populer, Thepsuthin menuturkan bahwa ada kemungkinan di masa depan rencana tersebut akan melibatkan Kementerian Pariwisata dan Olahraga.

Bahkan, pihaknya akan menggunakan penjara-penjara tersebut untuk mempromosikan pariwisata. Thepsuthin mengatakan bahwa berbagai macam aktivitas telah dicoba.

Adapun aktivitas yang dimaksud adalah Chefs Behind Bars untuk mempromosikan pekerjaan di berbagai bidang.

Aktivitas tersebut juga untuk mempersiapkan para tawanan untuk kembali ke kehidupan normal, serta mengubah citra penjara menjadi dunia yang penuh peluang.

Thepsuthin mengatakan bahwa Corrections Department sudah siap dalam hal personil dan lokasi untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Banyak penjara telah ditempatkan di rute wisata yang telah ada. Penjara yang dikembangkan menjadi tempat pemberhentian wisatawan memberi peluang bagi para tawanan.

Adapun peluang yang dimaksud Thepsuthin adalah mereka bisa menggunakan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki untuk mendapatkan penghasilan.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/27/133000427/unik-penjara-di-thailand-diubah-jadi-tempat-wisata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke