Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan ke Padang, Ini 10 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

KOMPAS.com – Jika sedang melancong ke Sumatera Barat, mampir sejenak untuk menikmati keindahan destinasi wisata di Padang bisa menjadi pilihan.

Selain menyantap kuliner khas Padang yang lezat, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata alamang memiliki panorama mengagumkan atau tempat wisata yang menyimpan berbagai fakta sejarah.

Berikut daftar 10 tempat wisata di Padang yang dapat kamu kunjungi, seperti dirangkum Kompas.com rangkum, Kamis (27/08/2020).

Salah satu legenda paling populer di Indonesia adalah Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya karena durhaka.

Apabila ingin melihat batu Malin Kundang, kamu bisa berkunjung ke Pantai Air Manis di Kecamatan Padang Selatan. Di sana, ada juga beberapa batu lain yang dikatakan sebagai barang-barang yang dibawa Maling Kundang.

Selain batu tersebut, daya tarik pantai ini adalah gelombang airnya yang rendah sehingga kamu bisa berenang di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan Gunung Padang.

Usai berenang, kamu bisa menyeberang ke pulau Pisang Kecil atau Pisang Besar sambil menikmati angin lautnya yang menyejukkan.

Pantai Pasumpahan berada di Pulau Pasumpahan, tepatnya di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Destinasi ini juga patut dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata di Padang yang bisa dikunjungi.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa menyewa speed boat dari Teluk Bungus.

Setibanya di sana, kamu akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang dikeliingi oleh perbukitan yang dipenuhi pepohonan rindang.

Selain itu, airnya yang masih jernih membuatmu bisa dengan mudah melihat terumbu karang yang masih terjaga.

Jika ingin melihat aktivitas perkapalan di Teluk Bayur sambil bermain air di pinggir pantai, kamu bisa berkunjung ke Pantai Nirwana.

Salah satu destinasi wisata di Padang ini memungkinkan kita untuk piknik sambil menikmati segelas jus di bawah rindangnya pohon kelapa.

Pantai Nirwana memiliki beberapa batu karang dan koral-koral kecil di hamparan pasir putih, hal ini membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai tersebut.

Melihat matahari terbenam di Pantai Nirwana mungkin akan memberi kesan menarik tersendiri lantaran pantai dikelilingi area perbukitan.

Pantai Nirwana terletak di Jalan Raya Padang–Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan.

Pantai Pasir Jambak terletak di Jalan Teratai, Kecamatan Koto Tangah. Jajaran pendopo di pinggir pantainya bisa dimanfaatkan untuk duduk santai menikmati matahari terbenam.

Selain bersantai di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa, kamu juga bisa berenang atau menyusuri bibir pantai dengan berjalan kaki.

Jika berwisata ke Pantai Pasir Jambak menggunakan sepeda, kamu bisa bersepeda di pinggir pantai karena pantai memiliki kontur yang datar.

5. Air Terjun Sarasah

Meski jalur menuju ke sana harus melewati sebuah jalur kecil di tengah hutan dan mengikuti sebuah sungai, jerih payah tersebut rasanya bakal terbayarkan dengan pemandangan indah yang disuguhkan di sana.

Hal itu lantaran Air Terjun Sarasah memiliki bentuk yang unik menyerupai sebuah piramida berundak.

Undakan tersebut terjadi secara alami. Tingginya adalah sekitar 40 meter. Wisatawan bisa menaiki setiap undakan air terjun karena sisi kanan dan kirinya bisa ditapaki.

Air Terjun Sarasah terletak di Desa Koto Baru, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh.

Air Terjun Lubuk Hitam berlokasi di Kelurahan Teluk Kabung Utara. Salah satu tempat wisata di Padang ini berlokasi di dalam hutan hujan tropis, sehingga menawarkan suasana yang sejuk dan tenang.

Lelah yang kamu rasakan saat menyusuri jalan setapak akan langsung terbayar oleh indahnya air terjun tiga tingkat yang dihiasi oleh pepohonan rindang tempat burung-burung bertengger.

Masing-masing air terjun bisa kamu hampiri hanya dengan berjalan kaki saja. Namun, staminamu harus penuh karena jalurnya sedikit menantang dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam.


7. Lubuak Paraku

Sungai Lubuak Paraku terletak di dataran tinggi. Tepatnya di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Jika berendam di sana, mungkin kamu akan merasa seperti sedang berendam di dalam bak mandi yang dipenuhi es batu.

Selain menikmati dinginnya air sungai sambil berbincang dengan warga setempat yang memanfaatkan aliran air untuk mandi, di sana kamu bisa melihat banyak kupu-kupu yang terbang ke sana kemari.

Air sungai yang jernih akan membuatmu bisa melihat bebatuan kecil di dasar sungai dengan mudah.

Apabila ingin melihat pemandangan Kota Padang dari ketinggian, kamu bisa berkunjung ke Bukit Nobita di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung.

Di bukit yang penuh dengan ilalang tersebut, kamu bisa menemui sebuah pohon besar yang dikelilingi oleh tiga batu.

Sembari menikmati pemandangan Gunung Padang yang melatarbelakangi area perkotaan, kamu bisa piknik dan duduk-duduk santai di bawah pohon tersebut.


9. Danau Cimpago

Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Purus. Selain menawarkan pemandangan danau yang indah, Danau Cimpago juga memiliki area taman hidroponik.

Area yang disebut sebagai Green Garden Danau Cimpago ini memiliki berbagai macam tanaman yang bisa dilihat oleh pengunjung sambil berwisata ke danau.

Pengunjung juga bisa bersantai di area tersebut karena pihak tempat wisata menyediakan sejumlah meja dan kursi panjang.

Sambil menikmati secangkir kopi dan nongkrong asyik dengan teman-teman, kamu bisa berswafoto ria lantaran susunan taman hidroponiknya terlihat unik dan Instagramable.

Jika ingin mengenal sejarah budaya minang lebih dalam, kamu bisa berkunjung ke Museum Adityawarman yang berlokasi di Jalan Diponegoro nomor 10.

Di sana, berbagai macam koleksi menarik bisa ditemukan. Mulai dari kain tradisional, hingga kamar-kamar yang biasa terdapat di rumah gadang.

Tidak hanya itu, selama berkunjung ke Museum Adityawarman, wisatawan juga bisa mempelajari sistem kekerabatan Minangkabau, yakni sistem matrilineal.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/28/092300127/liburan-ke-padang-ini-10-tempat-wisata-yang-bisa-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke