Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Wisata Pantai di Likupang, Mana Saja?

Bagi wisatawan yang menyukai diving, snorkeling, atau hanya sekedar bermain di pantai--maka bisa coba main ke Likupang, Sulawesi Utara. 

Untuk menuju ke Likupang, wisatawan bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Rencanangnya, Bandara bermoto "Sitou Timou Tumou Tou" ini akan diperbesar dan menambah jalur runway. 

Jarak dari Manado ke Likupang berkisar 31,5 KM atau sekitar dua jam. 

Lantas, wisata pantai di mana saja menarik  pantai apa saja di Likupang ini? Berikut pantai dan pulau yang bisa wisawatan kunjungi:

1. Pantai Paal

Pantai ini adalah terdekat dari Manado. Lokasinya berada di Desa Marinsow, Likupang Timur.

Di sini, wisatawan bisa bermain di pinggir pantai dengan pasir putih sambil menyantap makanan-makanan khas Manado. Jika lapar dan haus, di sini terdapat beberapa warung.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain banana dan ufo boat. Apabila ingin snorkeling dan diving, maka harus ijin pengelola setempat dan dipandu masyarakat lokal.

Tiket masuk yang harus dibayar per orang Rp 5.000, dan belum termasuk biaya parkir.

2. Pantai Panulisan

Dari Pantai Pal menuju ke Pantai Panulisan hanya membutuhkan waktu sekitar 20-25 menit. Lokasinya berada di Desa Panulisan, Likupang Timur.

Pantai ini memiliki lima titik pantai yang dipisahkan oleh tebing. Di bawah tebing-tebing ini, terdapat goa-goa yang berisi air laut tenang.

Setiap titik pantai bisa wisatawan akses dengan perahu kecil yang disewakan masyarakat sekitar seharga Rp 15.000 - Rp 20.000 per orang.

Beragam spot foto bisa wisatawan temui disini, seperti goa di bawah tebing, di pinggir pantai, atau dari atas tebing yang rencananya akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Tiket masuk ke Pantai Panulisan yakni Rp 5.000, ditambah parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000.

3. Pulau Lihaga

Pasir di Pulau Lihaga halus dan putih. Meski tidak berpenghuni, terdapat sejumlah fasilitas yang bisa wisatawan gunakan, seperti kamar mandi dan tempat duduk untuk bersantai.

Tidak ada penginapan disini, tetapi wisatawan bisa membangun tenda untuk bermalam di Pulau ini.

Hal lain yang menarik adalah pantai di pulau ini memiliki air biru kehijauan, dengan ombak tenang, sehingga cocok untuk berenang dan berfoto.

Wisatawan yang ingin berkunjung bisa berangkat dari Dermaga Serai, Likupang Barat.

Tiket masuk ke Pulau ini Rp 20.000, berlum termasuk penyewaan kapal dari Dermaga Serai yang berkisar Rp 700.000 - Rp 850.000, tergantung besar kapal.

4. Pulau Gangga

Dari Pulau Lihaga ke Pulau Gangga hanya membutuhkan waktu 10 menit. 

Karena luas Pulau yang lebih besar dari Pulau Lihaga, di sini ada penginapan yang bisa wisatawan singgahi atau tinggal bersama penduduk Desa Gangga. 

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Gangga bisa snorkeling, diving, berenang di pinggir pantai dan bermain dengan kapal kano. 

Ada 3-4 spot diving yang bisa dilakukan malam hari atau disebut night dive. Diving juga bisa dilakukan di Daerah Perlindungan Laut (DPL) di mana trumbu karangnya terjaga.

Dengan luas pulau yang mencapai 14,5 hektar, wisatawan bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang juga sangat pas untuk diabadikan.

Pulau Gangga ke Pulau Talise membutuhkan waktu sekitar satu jam. 

Adapun yang membedakan pulau ini dengan pulau lainnya, yakni adanya hutan di dalam pulau. Hutan di Pulau Talise memiliki banyak hewan, salah satunya monyet yaki dan rusa. 

Wisatawan juga bisa snorkeling dan diving untuk melihat kehidupan bawah laut di pantai pulau indah tersebut.

Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk, tetapi perlu menyewa kapal dari Dermaga Desa Sewai untuk menuju ke Pulau Talise.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/31/203600627/5-wisata-pantai-di-likupang-mana-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke