Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seramai Apa Museum Nasional di Era New Normal?

KOMPAS.com – Museum Nasional sudah dibuka kembali sejak Selasa (16/6/2020) dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan

Kepala Museum Nasional Siswanto mengatakan, rata-rata angka kunjungan per hari terbilang cukup berbeda dibanding sebelum pandemi Covid-19.

“Total kunjungan per hari rata-rata di atas 20 orang. Mereka masih takut keluar rumah, belum sempat berkunjung, atau belum tahu (museum telah dibuka),” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Sebelum pandemi, imbuh Siswanto, rata-rata angka kunjungan per hari bisa mencapai seribu orang, terutama pada akhir pekan.

Itu lantaran banyak rombongan sekolah yang berkunjung ke Museum Nasional dan kunjungan dari wisatawan yang datang karena ada acara komunitas.

“Di Museum Nasional ada kegiatan sebelum pandemi, dari komunitas yang memanfaatkan ruang museum. Sekarang ada kegiatan, tetapi online,” ujar Siswanto.

Salah satu kegiatan yang dimaksud adalah belajar menari. Saat ini, kegiatan tersebut hanya mendatangkan delapan orang saja ke museum.

Delapan penari tersebut kemudian akan memulai latihan menari yang disiarkan secara online kepada khalayak. Sebelum pandemi, kegiatan bisa diikuti ratusan penari.

Koleksi yang digemari wisatawan

Adapun, target pengunjung Museum Nasional adalah semua umur. Dari seluruh wisatawan, Siswanto melihat ada minat melihat koleksi yang berbeda dari beberapa kategori wisatawan sebelum pandemi.

Bagi golongan mahasiswa, mereka lebih gemar melihat koleksi arca, artefak, atau benda-benda arkeologi dan etnik.

Benda etnik merupakan istilah untuk menyebut benda-benda yang digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang dibuat secara lokal.

Fungsi benda-benda tersebut, antara lain adalah untuk keperluan sehari-hari, upacara adat, keaamaan, atau upacara sakral.

“Anak-anak lebih tertarik pada yang sifatnya lucu atau unik. Biasanya kami transfer pengetahuan melalui kerja sama dengan teater atau komunitas. Kami terangkan tentang koleksi dengan cara dongeng atau teater,” sambung Siswanto.

Museum Nasional, atau yang juga dikenal dengan Museum Gajahini berlokasi di Jalan Merdeka Barat nomor 12, Jakarta.

Selama era new normal, jam operasionalnya adalah Selasa–Jumat pukul 09:00–15:00 WIB. Saat berkunjung, pastikan tetap melakukan protokol kesehatan.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/03/101000827/seramai-apa-museum-nasional-di-era-new-normal-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke