Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pesona Wisata Timor Leste yang Patut Dilihat, Apa Saja?

KOMPAS.com – Timor Leste sempat masuk dalam daftar Trending Topics di Twitter pada Rabu (2/9/2020) dengan 2.876 bahasan oleh para pengguna Twitter.

Hal tersebut membuat Timor Leste menjadi topik yang populer di kalangan pengguna Twitter Indonesia.

Apabila kamu menjadi tertarik untuk berlibur ke sana, berikut lima pesona Timor Leste yang patut dilihat berdasarkan rangkuman Kompas.com dari berbagai sumber, Kamis (3/9/2020):

1. Pulau Atauro yang kaya ekosistem laut

Atauro merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 35 kilometer (km) utara Kota Dili. Jika menggunakan speedboat, waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam.

Pulau Atauro menawarkan berbagai kegiatan wisata alam yang menarik, mulai dari berenang, diving, snorkeling, trekking di lembah, hingga melihat ikan paus dan lumba-lumba.

Untuk diving, salah satu spot yang bisa dikunjungi adalah Green Buoy di sisi timur pantai Pulau Atauro. Di sana, berbagai makhluk laut bisa dilihat. Di antaranya adalah ular laut dan penyu.

Selain Green Buoy, beberapa spot diving yang bisa dikunjungi adalah Red Buoy di sisi timur pantai dan Coral Garden di bagian selatan Pulau Atauro.

2. Pulau Jaco dengan pantai tebing kapur

Pulau Jaco digadang-gadang sebagai surga tropis Timor Leste. Di sana, wisatawan akan dimanjakan keindahan Pantai Valu.

Pantai tersebut terbilang masih asri lantaran airnya sangat jernih. Dari bibir pantai pun, wisatawan bisa dengan mudahnya melihat ekosistem laut.

Selama berenang dan menyelam di sana, wisatawan akan melihat hamparan tebing kapur yang dipenuhi pepohonan rindang. Hal ini membuatnya menjadi sebuah keunikan tersendiri.

3. Bangunan peninggalan Portugis dan panorama pantai di Baucau

Timor Leste merupakan negara bekas jajahan Portugis sejak sekitar tahun 1520 hingga akhirnya dilepas untuk Belanda dan Jepang.

Namun, Portugis kembali menguasai Timor Leste pada 1975 sebelum akhirnya negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaannya pada 28 November 1975.

Hal ini membuat Timor Leste memiliki banyak bangunan bekas peninggalan Portugis, salah satunya terletak di sebuah area lama kota Baucau.

Area tersebut dipenuhi bangunan-bangunan peninggalan Portugis. Beberapa di antaranya telah diperbarui, salah satunya bahkan dijadikan sebagai alun-alun pasar.

Jika berkunjung ke sana, wisatawan bisa berjalan-jalan di antara bangunan lama sambil menikmati sejuknya udara di antara deretan pohon beringin besar.

Apabia ingin melihat pemandangan pantai yang dihiasi hamparan pasir putih, kamu bisa berkunjung ke sebuah desa bernama Osolata.

4. Taman Nasional Nino Konis Santana dengan panorama indah

Taman Nasional (TN) Nino Konis Santana merupakan taman nasional pertama Timor Lete yang diresmikan pada 2007.

Memiliki luas 123.600 hektar, taman tersebut mencakup pegunungan hingga lautan yang dipenuhi berbagai terumbu karang yang menakjubkan. Bahkan, TN tersebut mencakup Danau Ira Lalaro dan Pulau Jaco.

Itu membuat TN tersebut memiliki sistem terumbu karang Coral Triangle yang membuatnya memiliki keanekaragaman ikan dan spesies karang yang sangat beragam.

Sementara itu untuk pesona hutannya, TN tersebut memiliki hutan anggur yang penuh dengan bunga anggrek. Saat berkunjung ke sana, pengunjung bisa lihat rusa, kuskus, dan lebih dari 200 spesies burung.

5. Jelajah budaya

Timor Leste memiliki sejumlah tempat wisata menarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi budaya dan sejarah negara tersebut.

Salah satunya adalah Penjara Ai Pelo di Liquica yang dibangun pada masa penjajahan Portugis. Reruntuhan yang masih berdiri hingga kini bisa kamu kunjungi sambil menikmati pemandangan laut lepas di belakangnya.

Ada juga kota perbukitan Balibo yang memiliki sebuah benteng tua dengan pemandangan pedesaan sekitar. Tepat di seberang benteng, wisatawan bisa mengunjungi Balibo House untuk mempelajari sejarah kota tersebut.

Ingin berendam di kolam yang dibangun sejak era penjajahan Portugis? Kamu bisa berkunjung ke Marobo Hot Springs di Maliana.

Kendati sudah dibangun sejak dahulu kala, pihak setempat sudah memperbaruinya sehingga kolam air panas yang dikelilingi perbukitan terlihat cantik.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/04/200800527/5-pesona-wisata-timor-leste-yang-patut-dilihat-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke