Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jembatan Gantung Terpanjang di Asia Tenggara Ada di Sukabumi, Apa yang Menarik?

KOMPAS.com – Jawa Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang menawarkan tempat wisata alam menarik dengan pemandangan yang indah.

Salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi pada akhir pekan adalah Sukabumi. Selama berada di sana, wisatawan bisa berkunjung ke kawasan wisata Situ Gunung di Kecamatan Cisaat.

  • 12 Wisata Instagramable di Sukabumi, Ada Curug Berair Biru Jernih
  • 10 Wisata Pantai di Sukabumi yang Indah, Cocok untuk Liburan

Kawasan wisata alam yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini menawarkan panorama hutan yang masih asri dan udara yang sejuk.

Jika berencana untuk liburan ke sana dalam waktu dekat, berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Situ Gunung, seperti dirangkum oleh Kompas.com, Senin (07/09/2020):

1. Naik jembatan gantung

Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung diresmikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Maret 2019.

Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya adalah 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada di ketinggian 107 meter dari dasar tanah.

Selama berada di sana, kamu bisa melihat pemandangan hutan asri yang dikelilingi oleh hamparan perbukitan yang megah.

Pengunjung tidak perlu khawatir jatuh karena jembatan sangat aman. Selain itu, petugas akan memasang sabung pengaman sebagai bagian dari standar keselamatan bagi pengunjung.

Tiket masuk Jembatan Gantung Situgunung adalah Rp 50.000 per orang atau Rp 25.000 untuk tiket khusus anak-anak di bawah usia 10 tahun dan lanjut usia.

Tiket masuk ke Jembatan Gantung Situgunung sudah termasuk akses ke danau Situgunung.

Dibuka pukul 07.00-17.00 WIB untuk Senin-Jumat, sementara Sabtu dan Minggu mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Jika selama berada di jembatan tiba-tiba terjadi guncangan, pengunjung dapat mengaitkan sabuk ke ram di tepi jembatan agar posisi tetap seimbang.

2. Main air di Curug Sawer

Jembatan Gantung Situ Gunung menghubungkan wisatawan langsung ke Curug Sawer. Setibanya di ujung jembatan, kamu hanya perlu berjalan sekitar 1 km atau kurang lebih 30 menit.

Setibanya di sana, wisatawan akan disambut oleh tebing batu yang menjulang tinggi yang salah salah satu sisinya dialiri oleh air dari Sungai Cigunung.

Derasnya aliran air membuat area tersebut disebut sebagai Curug Sawer. Ketinggiannya mencapai 35 meter.

Tidak hanya menikmati pemandangan alam dan sejuknya udara khas Sukabumi, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang air terjun di sebuah jembatan di atas sungai.

Ada juga bebatuan besar dekat air terjun yang kerap dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berfoto-foto.


3. Kemah dekat air terjun

Bagi wisatawan yang masih ingin menikmati keindahan Situ Gunung, pihak tempat wisata menyediakan lima area berkemah. Salah satunya terletak di sekitar Curug Sawer.

Untuk menuju area berkemah, kamu bisa berjalan memutar ke arah Curug Sawer. Sementara cara lain adalah memotong jalan melalui jembatan gantung.

Jika ingin menjelajahi area Situ Gunung, kamu bisa coba berjalan dari gerbang masuk menuju lokasi kemah melalui jalan berbatu yang menanjak dan menurun dengan jarak sekitar 3 km.

Kendati harus melewati medan yang cukup berat, pemandangan yang ditawarkan mungkin akan membuatmu lupa akan rasa lelah tersebut.

4. Nikmati hidangan khas Sunda

Sembari menikmati pemandangan, wisatawan bisa berkunjung ke De’ Balcone Resto yang memiliki pemandangan jembatan gantung.

Sejumlah hidangan disajikan di sana. Beberapa di antaranya adalah ayam sambal matah, ayam bakar, roti bakar, dan berbagai pilihan hidangan khas Sunda. Ada juga kopi bagi pengunjung yang ingin mengusir rasa kantuk.

De’ Balcone merupakan restoran luar ruangan yang memiliki sejumlah spot foto Instagramable. Salah satunya adalah balkon dengan pemandangan hutan dan jembatan gantung.

5. Lihat Gunung Gede Pangrango dari danau

Selain air terjun, kawasan wisata alam ini juga memiliki Danau Situ Gunung yang dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan hijau.

Airnya yang bersih serta udara di sekitarnya yang sejuk membuatnya menjadi tempat yang pas untuk piknik.

Sembari menikmati hidangan piknik yang telah disiapkan dari rumah, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan Gunung Gede Pangrango yang luar biasa.

Di sana, pengunjung juga bisa menikmati berbagai aktivitias seperti mengendarai sepeda air atau mengarungi danau menggunakan rakit.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/07/211100827/jembatan-gantung-terpanjang-di-asia-tenggara-ada-di-sukabumi-apa-yang-menarik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke