Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Wisata di Sleman, dari Alam hingga Budaya

KOMPAS.COM – Sleman merupakan sebuah Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menawarkan tempat wisata alam dan budaya yang menarik, sehingga tak boleh terlewatkan.

Tempat wisata di Sleman yang asri dan memberi wawasan dengan campur tangan pesona alam, begitu menarik perhatian, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Simak 10 tempat wisata di Sleman yang harus dikunjungi saat berlibur.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu warisan dunia dan candi hindu terbesar di Indonesia, terletak di Jalan Raya Solo–Yogyakarta nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi yang ada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah ini juga memiliki candi lain di kompleksnya, seperti Candi Sewu.

Di kompleks Candi Prambanan pula, diselenggarakan pertunjukan Sendratari Ramayana secara rutin pada malam harinya. Adapun, tiket masuk Candi Prambanan adalah Rp 25.000.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan sebuah bangunan kerajaan masa lalu. Lokasinya ada di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi ini berada pada ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi.

Pengunjung yang datang biasanya datang untuk menikmati sunset yang indah dari bangunan candi. Tak jarang pengunjung datang untuk mengabadikan momen tersebut dan menjadi koleksi foto yang cantik.

Untuk mengunjungi Candi Ratu Boko, pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk yakni Rp 20.000.

3. Candi Ijo

Candi Ijo berada dikawasan perbukitan dengan ketinggian sekitar 375 mdpl. Lokasinya ada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Berada di kawasan perbukitan, Candi Ijo menawarkan pemandangan alam yang indah dilengkapi relief candi dan spot foto yang sungguh memanjakan mata. Jangan tertinggal dengan pemandangan kala senja berupa sunset dengan langit jingga.

Pengunjung yang ingin berkunjung dikenai tiket masuk yang tergolong murah. Harganya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 10.000 untuk wisatawan asing.

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan tempat wisata yang berada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini memiliki bangunan yang mirip dengan Benteng Takeshi dengan memanfaatkan batu sisa erupsi Gunung Merapi.

Dengan bangunan kastel yang keren, pengunjung serasa berada di negri dongeng. Tentu saja, jangan lupa untuk mengambil foto saat berkunjung.

Tidak hanya bangunannya, The Lost World Castle juga menyediakan spot foto yang menark seperti Paradise Gate, spot foto 3D, dan ikon dunia.

Pengunjung dapat berkunjung pukul 07.00-18.00 WIB dengan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 30.000.

5. Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja yang bernama asli Sendang Tirta Budi merupakan kolam pemandian alami yang bersumber dari air dalam tanah dengan suasana yang sejuk dan asri. Lokasinya ada di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Pengunjung dapat berendam dan berenang di kolam merasakan kesejukan air dan membuat tubuh terasa segar.

Di tempat ini juga tersedia beberapa fasilitas seperti toilet, ruang ganti pakaian, dan warung makan, sehingga pengunjung juga dapat menikmati suasana alam sambil menikmati makanan dan minuman.

Merasakan Blue Lagoon ala Jogja, pengunjung dapat berkunjung pukul 08.00-17.00. Tarif masuknya adalah Rp 10.000 rupiah.

6. Stonehenge

Stonehenge Yogyakarta merupakan replika monumen Stonehenge di Inggris. Lokasinya ada di Dusun Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Tempat ini menawarkan susunan batu yang unik dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merapi, tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

Sambil berfoto, tempat ini menyediakan fasilitas seperti toilet dan warung makan, sehingga pengunjung yang lelah berfoto dapat mengisi perut dengan makanan dan minuman yang dijual di warung.

Stonehenge Yogyakarta beroperasi pukul 07.30–18.00 WIB. Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000.

7. Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan tur wisata di kawasan ang berdampak erupsi Gunung Merapi. Menggunakan mobil jeep, pengunjung akan dibawa ke beberapa titik yang terkena erupsi.

Beberapa titik kunjungan dari Lava Tour Merapi adalah Batu Alien, Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Rumah Almarhum Mbah Maridjan, The Lost World Castle, Tebing Gendol, Offroad Air, dan Museum Mini Merapi.

Untuk menikmati tour dengan jeep yang penuh dengan tantangan, pengunjung dikenai biaya sewa jeep yang berkisar Rp 350.000-Rp 650.000 tergantung pada durasi keliling.

8. Green Kayen

Green Kayen merupakan destinasi wisata air berupa sungai yang jernih dan bersih yang berasal dari arus Kali Boyong. Lokasinya ada di Dusun Kayen, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Tempat ini dilengkapi tebing setinggi 5 meter yang menerjunkan air dari ketinggian. Pengunjung bisa berenang dan menikmati air yang sejuk.

Selain untuk berwisata air, tempat ini juga sangat cocok untuk sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan dan suasana alam yang asri.

9. Tebing Breksi

Tebing Breksi berupa tebing batu kapur nan cantik dengan pahatan memukau dari seniman, terletak di Gn. Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Keindahan tebing dengan pahatan berbentuk naga, kian memukau dengan pesona matahari terbit dan tenggelam yang disuguhkan dengan pemandangan langit yang menawan.

Tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang insagramable atau sekadar untuk bersantai sambil menikmati pertunjukkan di Amphiteater dan menikmati makanan di warung sekitar.

10. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park berupa taman dengan menyuguhkan miniatur landmark dari berbagai belahan dunia. Letaknya ada di Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Dengan menghadirkan miniatur landmarks, tempat ini menjadi incaran untuk berburu foto yang lucu dan instagramable, seperti Patung Liberty, Burj Al Arab Dubai, Menara Eiffel, Big Ben, hingga patung Masha and The Bear.

Tidak hanya miniatur landmark, The World Landmark Merapi Park jugta menyediakan wahana seperti, Kids Waterpark, Jemparingan, dan Tunggang Kuda.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk pada hari Senin sampai Jumat adalah Rp 20.000. Pada Sabtu-Minggu dan libur nasional, tarifnya Rp 22.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/08/132810527/10-tempat-wisata-di-sleman-dari-alam-hingga-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke