Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dusun Semilir Eco Park Buka Lagi, Seluruh Area Bisa Dikunjungi

KOMPAS.com – Dusun Semilir Eco Park di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sudah membuka kembali seluruh area sejak Juli 2020.

“Sebenarnya sudah buka sejak akhir Mei, tapi masih sebagian. Hanya pertokoan dan restoran saja. Juli baru buka seluruh area dengan pembatasan pengunjung,” kata Marketing Communication and Event Dusun Semilir Eco Park Irene Shinta Dewi, kepada Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Tempat wisata itu sebenarnya mampu menampung hingga 15.000 pengunjung. Namun selama pandemi Covid-19, pengunjung dibatasi hanya 7.000 orang.

Jika wisatawan sudah mencapai angka tersebut, maka gerbang tempat wisata akan ditutup untuk sementara waktu hingga ada wisatawan yang keluar.

Terkait area apa saja yang dibuka, berikut daftarnya yang telah Kompas.com rangkum:

Irene mengatakan, wisatawan tidak perlu takut untuk meminjam kostum di Studio Foto karena pihaknya menyediakan banyak kostum.

Hal ini memungkinkan pihak tempat wisata untuk membatasi penggunaan satu kostum hanya untuk satu orang saja sebelum diganti kostum baru.

Seluruh area selfie juga sudah dibuka kembali. Sudah diadakan pula acara Peri-Peri Dusun Semilir setiap Jumat–Minggu.

“Para peri yang menggunakan kostum peri berkeliling Alun-alun Eropa pakai gondola. Ada semacam fashion show. Mereka menyapa pengunjung. Pengunjung bisa berfoto sama mereka,” ujar Irene.

Pembatasan di wahana wisata

Selain menawarkan banyak spot foto kekinian, Dusun Semilir Eco Park juga memiliki tiga wahana wisata yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Adapun wahana wisata yang dimaksud adalah gondola dan trem di Alun-alun Eropa dan kereta wisata.

Untuk trem, normalnya kendaraan tersebut bisa mengangkut tiga orang dalam satu gerbong. Namun kini hanya dibatasi menjadi dua orang saja.

“Kereta wisata ada dua gerbong. Sebelum dibatasi, bisa sampai 30 orang per gerbong. Sekarang hanya 15 dan 20 kalau sama anak-anak,” kata Irene.

Sementara itu untuk gondola, sebelumnya kapasitasnya adalah empat orang. Namun, sekarang dibatasi hanya dua orang saja.

Selain gondola, trem, dan kereta wisata, wahana penyewaan sepeda, mobil genjot, dan ATV kini juga sudah dibuka kembali.

Protokol kesehatan bagi wisatawan

Dusun Semilir Eco Park sudah beroperasi kembali dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan yang wajib dipatuhi wisatawan.

Saat berada di area parkir, petugas akan memeriksa suhu tubuh dan melihat apakah pengunjung memakai masker.

Selanjutnya, wisatawan harus mencuci tangan menggunakan hand sanitizer saat di lobi. Selama berwisata, mereka wajib tetap menggunakan masker dan selalu menjaga jarak satu sama lain.

Harga tiket Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park buka setiap Senin–Jumat pukul 10.00–20.00 WIB. Untuk Sabtu–Minggu dan libur nasional, jam bukanya 09.00–20.00 WIB.

Tiket masuknya pada hari biasa adalah Rp 20.000, sementara akhir pekan adalah Rp 25.000. Selama September 2020, pihak tempat wisata memberi promo harga tiket sebesar Rp 35.000.

Dalam promo tersebut, wisatawan akan mendapatkan tiket masuk, sebotol minuman gratis, akses naik perosotan dan kereta wisata, voucher Pitu Adventure, dan voucher belanja.

Kemudian, ada voucher makan di Gunungan Resto atau Sepoi-Sepoi Food Court, voucher Super Penyet, dan voucher jajan di beberapa tennant terpilih.

Pembelian tiket promo hanya bisa dilakukan di loket tempat wisata dan voucher berlaku untuk satu orang saja. Tiket promo tidak berlaku pada Sabtu–Minggu dan hari libur nasional.

“Pembelian tiket masuk bisa di loket atau e-commerce. Pembayaran di loket bisa secara tunai atau non-tunai. Di Sepoi-Sepoi Food Court dan Gunungan Resto, pembayaran pakai kartu, top up di loket atau kasir area makan,” kataIrene.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/08/140200827/dusun-semilir-eco-park-buka-lagi-seluruh-area-bisa-dikunjungi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke