Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Candi Plaosan Buka Lagi, Wisatawan dan Waktu Operasional Dibatasi

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho mengonfirmasi pembukaan kembali candi yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten itu.

"Mulai hari Sabtu 5 September 2020 kemarin, itu sudah dibuka dan sesuai protokol kesehatan. Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan dan Ketua Satgas. Tentunya protokol kesehatan itu harus diperketat," kata Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Pada pembukaan ini, ia mengatakan tetap ada peraturan protokol kesehatan yang diperketat seperti misalnya membatasi waktu operasional dan kapasitas pengunjung.

Untuk waktu operasionalnya, kata dia, Candi Plaosan hanya dibuka pada hari Selasa sampai Minggu mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

"Untuk pengunjung juga bertahap, yaitu 30 persen. Dan juga ketika di dalam candi, dibatasi waktunya itu setiap 30 menit. Jadi gantian setiap 30 menit ada yang keluar dan ada yang masuk pengunjung lainnya," jelasnya.

Pengunjung Candi Plaosan pun dibatasi hingga 200 orang per harinya.

Ingatkan bahwa Klaten masih zona merah

Meski sudah dibuka kembali, namun Candi Plaosan tetap menerapkan pembatasan waktu operasional dan pembatasan kunjungan.

Bukan tanpa alasan, menurut Nugroho, hal ini karena Klaten masih dalam kawasan zona merah Covid-19.

"Pembukaan sementara ini nanti juga melihat perkembangan Covid-19 di Klaten. Karena maaf, di Klaten itu zonanya masih zona merah. Jadi kami juga harus menaati peraturan Covid-19 ini sehingga jangan sampai ada cluster terbaru dari sektor pariwisata," imbuhnya.

Dengan alasan itu, maka diatur pembatasan waktu operasional hingga pengunjung. Hal ini, kata dia, ada kekhawatiran jika tempat wisata dibuka hingga sore hari melebihi pukul 15.00 WIB.

"Khawatirnya kan kalau dibuka sampai sore itu bisa ada cluster baru. Sehingga kami hanya membatasi waktu, agar jangan sampai pengunjung itu berjubel di sana. Jadi ya kalau mau wisata di jam-jam operasionalnya saja," tambahnya.

Harga tiket masuk Candi Plaosan

Bagi kamu yang sudah tak sabar ingin mengunjungi Candi Plaosan, harga tiket masuknya yaitu Rp 10.000 untuk wisatawan nusantara (wisnus), anak-anak Rp 2.000 dan wisatawan mancanegara (wisman) Rp 50.000.

Tak hanya itu, candi yang berdekatan dengan Candi Plaosan yaitu Candi Sojiwan juga sudah buka untuk umum.

Tarifnya yaitu Rp 8.000 untuk wisnus, anak-anak Rp 2.000, dan wisman Rp 25.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/08/181800127/candi-plaosan-buka-lagi-wisatawan-dan-waktu-operasional-dibatasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke