Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cari Spot Diving di Bali? Kunjungi 3 Pantai Ini

Selain menikmati panorama alamnya, juga melakukan berbagai macam kegiatan olahraga air seperti berselancar atau bermain jet ski.

“Kalau pantai untuk diving bisa ke Pantai Lovina, Pantai Amed, dan Pantai Tulamben. Di Pantai Lovina juga bisa lihat lumba-lumba,” kata Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali, I Nyoman Nuarta, kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Lantas, seperti apa keindahan ketiga pantai tersebut dan mengapa wisatawan patut berkunjung ke sana untuk diving?

  • Pantai Lovina, Kabupaten Buleleng

Pantai Lovina berlokasi di Kabupaten Buleleng. Jarak tempuh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah sekitar 92,5 km menggunakan mobil. Waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam 14 menit.

Pantai yang terkenal akan atraksi lumba-lumbanya juga menawarkan panorama alam yang unik. Mulai dari pasir hitamnya yang eksotis, hingga ekosistem lautnya yang cukup terjaga.

Untuk melihat keindahannya lebih dekat, wisatawan bisa snorkeling atau diving di Pantai Lovina jika tidak puas hanya melihat dari bibir pantai atau atas perahu.

Ekosistem bawah laut Pantai Lovina tidak kalah menariknya dari pantai lain. Sembari menyelam, kamu juga bisa bermain dengan ikan-ikan hias yang berenang ke sana kemari atau mengumpat di balik terumbu karang.

Jika beruntung, mungkin kamu bisa berpapasan dengan sekumpulan lumba-lumba yang saling bermain satu sama lain.

Apabila tidak bertemu dengan lumba-lumba, kamu bisa kembali esok hari untuk melihat atraksi lumba-lumba dari atas perahu mulai pukul 6 pagi.

  • Pantai Amed, Kabupaten Karangasem

Pantai Amed terletak di Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah sekitar 89,6 km menggunakan mobil. Waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam 11 menit.

Pantai Amed merupakan salah satu pantai di Karangasem yang keindahannya masih terjaga. Hal ini karena pantai-pantai di sana tidak seramai pantai di daerah Bali Selatan.

Dengan demikian, kamu bisa menikmati kegiatan menyelam lebih tenang karena tidak perlu khawatir spot diving akan ramai oleh penyelam lain.

Area bawah laut pantai tersebut menawarkan panorama yang fantastis karena terumbu karangnya yang masih terjaga.

Perairannya yang masih jernih membuat para penyelam bisa dengan mudah melihat banyak ikan kecil dan biota laut lainnya.

Tidak hanya itu, para penyelam bisa melihat bangkai kapal patroli Jepang yang karam saat Perang Dunia II sekitar 20 meter dari bibir pantai.

  • Pantai Tulamben, Kabupaten Karangasem

Pantai Tulamben terletak di Kabupaten Karangasem. Jarak tempuh dari Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah sekitar 93,8 km menggunakan mobil. Waktu tempuhnya kurang lebih 2 jam 15 menit.

Jarak antara Pantai Amed dan Tulamben terbilang cukup dekat. Jika menggunakan mobil, jarak tempuhnya adalah sekitar 14,8 km. Waktu tempuhnya sekitar 23 menit.

Pantai Tulamben merupakan salah satu titik selam paling terkenal di Pulau Dewata. Namun terdapat hal menarik lain yang membuat pantai ini unik yaitu karakteristiknya.

Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir, Pantai Tulamben memiliki karakteristik pantai berbatu hitam bak kerikil.

Panorama hamparan lautnya yang jernih, pepohonan asri yang mengelilinginya, serta pegunungan yang terlihat di ujung pantai mampu membuat mata terbelalak.

Salah satu surga bagi para penyelam ini juga memiliki keindahan bawah laut yang tidak kalah menariknya.

Pantai Tulamben menawarkan ekosistem laut yang masih terjaga. Selama menyelam, wisatawan bisa melihat berbagai terumbu karang yang cantik dan biota laut lainnya.

Sama seperti Pantai Amed, Pantai Tulamben juga memiliki bangkai kapal USAT Liberty yang karam pada 1942. Bangkai kapal tersebut kini menjadi spot yang paling disukai oleh para penyelam.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/11/201500827/cari-spot-diving-di-bali-kunjungi-3-pantai-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke