Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata di Badung Bali

KOMPAS.com – Mulai dari wisata pantai, alam, sejarah, budaya, rekreasi, hingga kuliner bisa ditemukan di Kabupaten Badung, Bali.

Jika berencana untuk menjelajahi Badung dalam satu hari pada akhir pekan nanti, kamu harus memulai perjalanan dari pagi hari sebagai antisipasi lokasi antar tempat wisata yang mungkin cukup jauh.

Berikut daftar lima tempat wisata di Badung yang bisa dikunjungi dalam satu hari yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (11/9/2020).

  • Sambut pagi hari dengan berenang di Pantai Kuta

Salah satu pantai yang paling terkenal dan sudah mendunia di Bali adalah Pantai Kuta. Pantai yang memiliki pasir putih nan halus ini cocok untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berenang.

Jika ingin coba berselancar, kamu juga bisa melakukannya di sini karena Pantai Kuta merupakan salah satu pantai dengan gelombang ombak yang ramah bagi peselancar baru.

  • Sarapan di Made’s Warung Berawa

Made’s Warung Berawa terletak di Jalan Subak Sari 13 No. 8, Tibubeneng. Rumah makan yang telah berdiri sejak 1969 ini menawarkan menu khusus sarapan yang hanya akan disajikan hingga pukul 12 siang.

Jarak dari Pantai Kuta menuju Made’s Warung Berawa adalah sekitar 9,6 km menggunakan mobil. Mereka menyajikan berbagai piilhan menu sarapan tradisional khas Indonesia dan internasional mulai dari Rp 35.000.

Beberapa hidangan yang bisa dipilih adalah bakso, nasi goreng, Spanish Omelette, Avocado Bacon Brioche, Red Smoothie Bowl, dan Nasi Campur Ayam Totoo.

  • Lihat megahnya Pura Taman Ayun

Usai menyantap sarapan, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Pura Taman Ayun di Jalan Ayodya No. 10, Kecamatan Mengwi. Jarak menuju ke sana adalah sekitar 19,2 km. Waktu tempuhnya sekitar 38 menit menggunakan mobil.

Pura Taman Ayun sudah berdiri sejak abad ke-17 atau sekitar tahun 1634. Kendati demikian, bangunannya masih megah dan tertara rapih.

Tidak hanya itu, kawasan pura dipenuhi dengan rerumputan hijau dan pepohonan rindang. Ada juga kolam yang mengelilingi area pura, dan candi air mancur.

Wisatawan bisa berfoto-foto dan menikmati keindahan tempat wisata tersebut. Namun, pengunjung tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan pura utama atau Utama Mandala.

Kawasan Utama Mandala hanya boleh dimasuki oleh umat Hindu yang akan bersembahyang dan kalangan keluarga Kerajaan Mengwi.

  • Coba kuliner pinggir jalan

Untuk mencapai tempat wisata selanjutnya yakni Sangeh Monkey Forest, dari Pura Taman Ayun kamu hanya menempuh jarak 12,5 km atau sekitar 20 menit menggunakan mobil.

Jika ingin makan siang, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat makan yang ada di sepanjang jalan menuju Sangeh Monkey Forest.

Beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi misalnya seperti Warung Ikan Bakar Jimbaran Mengwi di Jalan Raya Denpasar-Singaraja atau Ack Sembung di Jalan Raya Denpasar.

  • Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest terletak di Jalan Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal. Tempat wisata ini sudah berdiri sejak 1969 sebelum dikembangkan pada 1971.

Hutan seluas 10 hektar tersebut memiliki sebuah pura bernama Pura Bukit Sari yang sudah ada sejak abad ke-17.

Sembari bermain dengan sekitar 600 ekor kera abu ekor panjang, kamu juga bisa melihat pura kuno tersebut dan berfoto-foto di sana.

Wisatawan tidak perlu khawatir akan tersesat saat menjelajahi hutan asri tersebut karena pihak tempat wisata sudah menyediakan jalur setapak.

Tidak hanya itu, Sangeh Monkey Forest juga memiliki pemandu yang akan menemani wisatawan berkeliling sambil foto-foto dengan para kera.

  • Pod Chocolate

Pod Chocolate, atau Pod Origin, terletak di Jalan Tukad Ayung, Carangsari, Petang. Tepatnya 6,5 km dari Sangeh Monkey Forest.

Di Pod Origin, wisatawan bisa melihat proses pengolahan coklat mulai dari biji hingga menjadi coklat batang.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba sekitar 20 coklat yang ada di sana sambil menikmati secangkir coklat panas atau frappuccino. Jika tertarik, kamu bisa coba membuat coklat sendiri.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/12/172000627/itinerary-seharian-wisata-di-badung-bali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke