Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragunan Tutup, Wisatawan Diajak Lihat Satwa Lewat Instagram Live

KOMPAS.com – Taman Margasatwa (TM) Ragunan ditutup kembali selama PSBB Jakarta mulai Senin (14/9/2020) hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tersebut berdasarkan Pergub Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi TM Ragunan Ketut Widarsana mengatakan bahwa selama penutupan kembali, pihaknya tetap akan melanjutkan acara Instagram Live Bersama Satwa.

“Tetap melanjutkan virtual tour dengan jenis satwa yang berbeda,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Instagram Live Bersama Satwa pertama kali disiarkan TM Ragunan melalui akun @ragunanzoo, Minggu (10/5/2020). Dalam siaran itu, pihak kebun binatang menyiarkan gajah Sumatera.

Sementara pada siaran kedua, TM Ragunan mengajak wisatawan untuk bertemu secara virtual dengan harimau Sumatera bernama Hana dan Tino.

Pada siaran ketiga, satwa yang diperkenalkan adalah Siamang. Siaran keempat orangutan Sumatera, siaran kelima buaya, dan siaran keenam bersama jerapah bernama Dirgah, Ayuri70, dan Julang.

Ada juga satwa lain milik TM Ragunan yang diperkenalkan melalui siaran tersebut, seperti burung unta, kuda nil, binturong, pelikan, kura-kura, banteng, babi rusa, anoa, dan rusa sambar.

Sejauh ini, seluruh siaran Instagram Live Bersama Satwa selalu diadakan Hari Minggu. Terkait penambahan jadwal tayang, Ketut mengatakan bahwa rencananya siaran akan tetap diadakan pada hari tersebut.

“Untuk program lain belum ada pembahasan. Jadwal Instagram Live Bersama Satwa belum dirancang, minimal h-1,” sambung dia.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan sudah dibuka kembali sejak Sabtu (20/6/2020) pada masa transisi fase I menuju new normal.

Pembukaan tersebut diiringi dengan penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan dan pengelola tempat wisata.

Selain jam operasional yang diubah menjadi pukul 08.00–13.00 WIB, pembelian tiket pun dilakukan secara online.

Wisatawan wajib memakai masker, jaga jarak satu sama lain, mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan, tidak berkerumun, dan mengikuti alur tempuh di dalam area.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/14/170500827/ragunan-tutup-wisatawan-diajak-lihat-satwa-lewat-instagram-live

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke