Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

16 Ucapan Selamat Hari Suci Galungan, Pilih yang Mana?

KOMPAS.com - Umat Hindu merayakan Hari Suci Galungan yang merupakan hari kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Umat Hindu akan pergi bersembahyang ke pura di desa masing-masing pada pagi hari. Kemudian melanjutkan ke pura keluarga hingga pura gabungan keluarga.

Biasanya, momen ini orang-orang akan saling mengucapkan Selamat Hari Galungan kepada umat Hindu yang merayakan.

Menurut Guru Besar Ilmu Pariwisata Universitas Udayana Bali, I Gede Pitana, sebenarnya pengucapan yang lebih tepat adalah Selamat Hari Suci Galungan, bukan hari raya.

Tak sembarang mengucapkan, ada makna yang tersimpan di dalam ucapan Selamat Hari Suci Galungan.

Ia menjelaskan bahwa makna dari pengucapan tersebut adalah mendoakan antar sesama agar mendapat perlindungan dari Tuhan dan para leluhur.

Penambahan kata para leluhur dalam pengucapan selamat tersebut merupakan filosofi dari umat Hindu yang sangat meyakini bahwa leluhur sebagai jembatan antara manusia dengan Tuhan.

"Jadi perlindungan leluhur itu sangat penting di Bali. Dan kalau kita lihat, pura-pura di Bali sebagian besar itu pura untuk leluhur, bukan untuk Tuhan. Itu makna sesungguhnya," jelasnya.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengucapkan Selamat Hari Suci Galungan kepada umat Hindu, berikut Kompas.com rangkum kumpulannya dirangkum dari Pitana dan Tribun Bali:

1. Selamat Merayakan Hari Suci Galungan, Semoga Dharma Menang Atas Adharma

2. Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Tuhan dan Para Leluhur Selalu Memberikan Anugerah Kepada Kita Semua

3. Selamat Hari Suci Galungan, Semoga Makna Kemenangan Dharma Atas Adharma Dapat Kita Implementasikan Dalam Kehidupan Keseharian

4. Rahajeng nyanggra rahina jagat Galungan lan Kuningan semeton titiang semuanya. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicenin kerahayuan.

(Selamat menyambut hari raya alam semesta Galungan dan Kuningan kerabat saya semuanya. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)

5. Marep ring semeton Bali (Hindu) sami sane magenah ring Indonesia yadiapin di luar negeri. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa micayang kerahayuan.

(Kepada kerabat Bali (Hindu) semua yang tinggal di Indonesia dan juga di luar negeri. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan kerahayuan)

6. Ngelawar bangkung di Ceningan, Rahajeng Galungan lan Kuningan. Baju baru lengan dawa, semoga setata sehat lan bagia. Banten saeban di pura, nenten wenten malih sinampure.

(Ngelawar babi di Ceningan. Selamat Galungan dan Kuningan. Baju baru lengan panjang, semoga tetap sehat dan bahagia. Banten saeban di pura, tidak ada lagi permohonan maaf)

7. Majeng ring semeton umat Se-Dharma maka sareng sami. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sangkaning paswecan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, iraga prasida nemoning kerahayuan.

(Kepada para kerabat Se-Dharma semuanya. Selamat haru raya Galungan dan Kuningan. Semoga dari keberkatan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, kita bisa menemukan kerahayuan)

8. Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi ngicen kerahajengan lan kerahayuan ring iraga sareng sami.

(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan dan kerahayuan)

9. Numbas pajeng ring Kedonganan, memargi nyambi numbas ajengan. Rahajeng Galungan lan Kuningan, dumogi iraga sareng sami nemu kerahajengan.

(Membeli payung di Kedonganan, berjalan sambil membeli makanan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga kita semua menemukan keberkahan)

10. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, majengring ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharman ring dija ja magenah.

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua khususnya umat Hindu dimanapun berada)"

11. Lugrayang tiang nguncarang rahajeng nyanggra Galungan sane mangkin. Lan mangda karya iraga setata memargi becik.

(Ijinkan saya mengucapkan selamat menyambut Galungan saat ini. Dan semoga upacara kita selalu berjalan dengan baik)

12. Rahajeng nyanggra rahine Galungan lan Kuningan (Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan). Di hari yang dharma ini mari kita selalu menyebarkan kedharmaan kepada semua umat agar bumi ini menjadi ringan supaya jauh dari mara bencana.

13. Rahajeng nyanggra rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa suaeca Asung Kertha Wara Nugraha ring semeton sareng sami.

(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa memberikan rahmat nugerah kepada kita semua)

14. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring jagat sami.

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan alam semesta ini)

15. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicenin kerahayuan lan kerahajengan ring sekancan sane maurip

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua mahluk hidup)

16. Rahajeng Rahina Galungan dan Kuningan, dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa mapaica kerahayuan lan kerahajengan sareng sami

(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua).

https://travel.kompas.com/read/2020/09/15/213100927/16-ucapan-selamat-hari-suci-galungan-pilih-yang-mana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke