Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Tempat Wisata Keren di Magelang, Pas untuk Liburan

KOMPAS.com – Destinasi wisata Magelang menawarkan berbagai keindahan alam dan tempat.

Jika merindukan nuansa panorama alam yang memukau, kamu bisa menjajal wisata alam. Sementara jika ingin singgah sejenak, kamu bisa memilih wisata kota, wisata tempat bersejarah, atau kafe yang sedang hits.

Salah satu destinasi wisata Magelang yang paling populer adalah Candi Borobudur. Bahkan, situs ini masuk ke dalam daftar Destinasi Super Prioritas (DSP) yang ditentukan pemerintah.

Sambil menghilangkan penat, kamu juga bisa berfoto-foto bareng orang tercinta saat sedang mengunjungi Magelang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata Magelang

Berikut ini adalah 25 tempat wisata Magelang yang cocok untuk dikunjungi pada momen liburan:

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi yang dibangun pada zaman Mataram Kuno.

Menjadi salah satu keajaiban dunia. Sangat disayangkan bila tidak bertandang ke Candi Borobudur saat sedang berlibur di Magelang.

Kemegahan Candi dengan stupa-stupa yang berjejer dihiasi dengan pemandangan yang luar biasa indahnya, candi ini tak luput menjadi spot foto yang menarik dan luar biasa keren.

2. Candi Selogriyo

Destinasi wisata Magelang bagi penyuka sejarah tak hanya Candi Borobudur. Candi Selogriyo juga bisa jadi pilihan.

Candi Selogriyo berada di lereng Gunung Sumbing, terletak di lokasi terpencil di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang, tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Windusari.

Candi ini merupakan peninggalan purbakala yang diperkirakan dibangun pada masa Mataram Kuno dan dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu.

Berada di antara perbukitan, candi ini menawarkan pemandangan dari pergunungan yang indah dan udara sejuk yang menenangkan.

3. Candi Mendut

Candi Mendut berjarak sekitar 3 km dengan Candi Borobudur, terletak di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, merupakan candi peninggalan agama Buddha.

Candi ini penuh dengan nilai sejarah dan penuh makna kehidupan tertuang dalam relief-relief pada dinding candi. Selain sebagai wisata religi, candi ini sangat cocok untuk berwisata edukasi atau keluarga.

Untuk menunjang kunjungan pengunjung, tersedia fasilitas seperti area parkir dan toilet.

Candi Pawon, atau disebut juga Candi Brajanalan, merupakan candi dengan corak agama Buddha, berada tak jauh dari andi Mendut, tepatnya di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Candi ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan terbuat dari batu dengan relief pada dindingnya, seperti Candi Borobudur.

Meskipun berukuran kecil, candi ini dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, area parkir, dan penjual makanan disekitar candi.

Candi Umbul merupakan situs purbakala berupa pemandian air panas, yang dipercaya bahwa pemandian ini tempat sang putri raja membersihkan diri.

Pemandian ini terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya dekat dengan Telaga Boleder dan Curug Sekar. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Dari dasar candi, muncul air hangat yang dipercaya mampu membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

6. Mangli Sky View

Mangli Sky View atau dikenal dengan wisata menembus awan juga merupakan pilihan wisata Magelang yang dapat kamu kunjungi.

Tempat ini berada pada ketinggian 1.570 meter di atas permukaan laut (mdpl), sebelah timur Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik.

Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menawan, berupa hamparan awan yang membentang di langit yang indah.

Semua itu lengkap dengan latar sembilan gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Tidar, Giyanti, Ungaran, dan Sumbing.

Tidak hanya dengan pemandangan langit dan gunung, Mangli Sky View juga menyajikan hamparan kebun sayuran yang hijau dan kicauan burung menambah suasana asri di tempat ini.

Pengunjung juga dapat bermalam di area camping ground dilengkapi fasilitas seperti mushala, toilet, warung, listrik, hingga WIFI.

Pihak pengelola juga menyediakan penyewaan alat kemah, seperti tenda, matras, sleeping bag, kompor, gas, nesting, dan lainnya yang dapat disewa dengan berbagai harga.


7. Ladon Little Island

Alternatif wisata Magelang ini menawarkan pesona alam ala pantai dengan pasir putih di pinggir Sungai Progo, tepatnya di Dusun Sangen, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

Berada di pinggiran aliran sungai dengan pasir putih yang berasal dari abu material letusan Gunung Merapi, menyuguhkan pemandangan lereng perbukitan yang hijau.

Di sana pengunjung dapat mengambil foto dan menunggang kuda menyusuri aliran Sungai Progo. Disarankan datang saat musim kemarau, karena saat musim hujan tempat ini kerap mengalami banjir.

Tersedia warung-warung yang menjual makanan dan minuman tradisional untuk mengisi perut ketika lapar.

8. Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik

Dusun Butuh Kaliangkrik atau dikenal dengan Nepal Van Java adalah destinasi wisata Magelang yang sedang populer dalam beberapa waktu terakhir.

Tempat ini terletak pada ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing. Sekilas, dusun ini mirip dengan Pergunungan Himalaya di Nepal.

Di Dusun Butuh ini menyuguhkan panorama indah dengan udara yang dingin dan sejuk, pada saat pagi hari matahari terbit dari dusun ini terlihat sangat jelas dan cantik. Pada malam hari akan terlihat jelas hamparan bintang-bintang yang bertabur di langit.

Desa ini hits dan viral dikalanga anak-anak muda untuk dijadikan spot foto untuk diunggah di media sosial.

Spot yang disediakan pengelola desa yaitu spot berada di atas atap rumah warga dengan menyuguhkan pemandangan Dusun Butuh berpadu dengan kemegahan Gunung Sumbing.

9. Silancur Highland

Silancur Highland berada di sebelah tenggara Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Menawarkan pemandangan pegunungan indah dan dikelilingi pepohonan hijau membuat pilihan tempat wisata Magelang ini sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat akibat kehidupan perkotaan yang sibuk.

Pemandangan matahari terbit yang memesona dan pemandangan kota magelang saat malam hari membuat pengalaman berkunjung semakin sempurna.

Dekat dengan loket masuk terdapat kebun penuh dengan bunga berwarna-warni sangat cocok untuk spot foto selain di gardu. Tersedia pula wisata malam di Silancur, seperti tempat nongkrong dan camping.

Ketep Pass merupakan gardu pandang yang berada pada ketingian 1.200 mdpl. Lokasinya ada di Jalan Blabak Boyolali kilometer 16, Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Di tempat ini pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung yang mengelilingi Magelang seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

Alternatif wisata Magelang ini juga memiliki Museum Volcanologi bernama Ketep Vulcano Centre yang memberikan informasi terkait Gunung Merapi.

Pengunjung juga dapat menikmati kuliner yan tersedia di Ketep Pass Restaurant, sambil menikmati pemandangan indah yang disuguhkan dari tempat ini.

Air terjun ini sangat cocok untuk menjadi pilihan tempat wisata Magelang. Di sana, kamu bisa bermain air atau sekadar berburu foto yang Instagramable.

Obyek wisata ini juga dilengkapi gardu pandang di atas pohon,

Pengunjung dapat melihat pemandangan dari Air Terjun Kedung Kayang dengan jelas bergandengan dengan latar Gunung Merapi yang berdiri kokoh.

12. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit terkenal dengan legenda kisah Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari.

Lokasinya di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Air terjun ini menawarkan air yang jernih yang terjun dari ketinggian sekitar 25 meter, dengan suasana yang asri dan sejuk.

Dekat dengan kawasan air terjun, terdapat jembatan pelangi yang cocok untuk dijadikan spot foto yang Instagramable.

Jika ingin bersantai sambil menikmati suasana sekitar yang menenangkan, kamu juga bisa berdiri di pinggir air terjun dan merasakan airnya yang segar menerpa kaki.

Curug Silawe berada di kaki Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Memiliki ketinggian mencapai 60 meter, air terjun ini mengalirkan air yang jernih dan segar, serta dihiasi pepohonan yang hijau menambah suasana asri dan sejuk.

Curug ini berada di lokasi yang masih sangat alami dan asri, juga jauh dari keramaian kota, sehingga sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.


14. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar memiliki dua aliran yang bersebelahan. Lokasinya ada di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Berada di kawasan lereng Gunung Merbabu, air terjun ini mengalirkan air yang bersumber dari mata air Gunung Merbabu.

Tidak hanya air terjun saja, tempat ini juga cocok untuk mengambil foto yang bagus di beberapa spot foto, selama perjalanan menuju air terjun dan juga dengan latar belakang hutan pinus.

Telaga Bleder merupakan wisata alam yang terbentuk secara alami dan bersumber dari mata air Gunung Andong.

Tempat ini terletak di Dusun Bleder, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan menawarkan pemandangan asri berupa Gunung Andong berpadu hamparan sawah hijau.

Untuk menunjang aktivitas wisata, tersedia fasilitas, seperti toilet, area parkir, gazebo, kolam renang anak, dan wahana air berupa speedboat, perahu dayung, dan becak air.

Di sini, juga kerap kali diselenggarakan festival, seperti pelepasan seribu lampion air ke telaga, lomba perahu dayung, lomba kesenian rakyat, melodi telaga, dan ritual Larung Sangkala.

Punthuk Setumbu berada di kawasan perbukitan tepatnya di gugusan Bukit Menoreh. Lokasinya ada di Jalan Borobudur Ngadiharjo km 4, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Berada pada ketinggian 1.300 mdpl, destinasi wisata Magelang ini awalnya hanya sebuah ladang milik warga yang kemudian dijadikan tempat wisata dengan menawarkan pemandangan dan matahari terbit yang indah.

Tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang cantik dengan latar Candi Borobudur dan pergunungan, atau sakedar untuk bersantai menikmati pemandangan dan udara sejuk.

Punthuk Mongkrong berada di kawasan Bukit Menoreh, berjarak kurang lebih 5 km dari Candi Borobudur, tepatnya di Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Punthuk Mongkrong menawarkan panorama pemandangan alam yang menawan berupa pergunungan dan pesona matahari terbit yang menawan.

Disertai keindahan langit yang mempesona, alternatif wisata Magelang ini sangat cocok dijadikan spot foto yang Instagramable atau sakadar bersantai menikmati pemandangan dan kesejukan.

18. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema menjadi viral karena menjadi tempat shooting film Ada Apa dengan Cinta 2. Lokasinya ada di Karangrejo, Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang.

Berada pada ketinggian, pilihan tempat wisata Magelang ini cocok untuk menikmati sunrise dari mahkota Gereja Ayam dan mengambil foto yang cantik dengan pemandangan indah pergunungan.

Pengunjung dapat menikmati koleksi lukisan edukasi yang terdapat di dalam gedung, menikmati kuliner makanan tradisional di belakang bangunan, atau melakukan ibadah.

Bukit Grenden berada di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Wisata Alam Bukit Grenden menawarkan banyak spot foto yang unik dan Instagramable, seperti rumah kurcaci, Hammock, dan Gardu Pandang.

Destinasi wisata Magelang ini juga bisa dijadikan tempat bersantai sambil menikmati pemandangan dan kesejukan pergunungan, serta pesona matahari terbit dan terbenamyang memesona.


20. Svargabumi

Svargabumi merupakan tempat wisata Magelang yang belum lama berdiri, namun cukup populer.

Lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya terletak di Jalan Borobudur–Ngadiharjo, Sawah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tempat hits ini menyajikan spot foto Instagramable dengan view hamparan sawah yang hijau serta pemandangan dari arsitektur Candi Borobudur yang megah.

Spot foto yang ditawarkan, seperti ayunan, ranjang jaring-jaring, hingga kolam renang lengkap dengan floating breakfast.

21. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko juga dikenal dengan Jembatan Jokowi Merapi. Jembatan yang hits di Magelang ini terletak di Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Jembatan ini memiliki panjang 120 meter yang menghubungkan Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, terbentang di atas Sungai Senowo.

Dari atas jembatan ini, pemandangan indah tersaji berupa sungai kecil dengan hiasan air terjun mini lengkap dengan rerumputan hijau dan penampakan Gunung Merapi yang berdiri kokoh.

Dengan keindahan pemandangan dan jembatan yang berwarna, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik dan Instagramable.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan dan berfoto di jembatan hits ini kapan pun dan tidak dipungut biaya.

22. Taman Dewari

Taman Dewari merupakan taman kincir angin pertama dan terbesar di Indonesia, terletak di Desa Baturono, Salam, Kabupaten Magelang.

Alternatif wisata Magelang ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik di beberapa spot yang tersedia seperti kebun bunga Matahari, Taman Kitiran dengan 10.00 kincir angin plastik berwarna, Panggung Kayu, Perahu Kertas, sampai Rumah Warna-warni.

Pengunjung juga dapat menikmati kuliner di Dapur Dewari sambil menikmati pemandangan Taman Dewari yang indah.

Camera House Borobudur berupa rumah yang memiliki arsitektur mirip dengan kamera DSLR, milik seorang seniman bernama Tanggol Angien Jatikusumo, terletak di Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tempat ini menyajikan lukisan karya Tanggol Angien, Art Gallery, Mirror Castle, 3D trick-art photo, cocok untuk dijadikan spot foto yang keren dan unik.


24. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu adalah alternatif wisata Magelang yang mengusung konsep taman bunga ala Belanda.

Taman ini dipenuhi bunga Celosia lengkap dengan kincir angin ala Belanda, terletak di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Kabupaten Magela

Taman Ramadanu diisi sekitar 15.000 bunga celosia dan menyajikan spot foto menarik dikelilingi bunga dan spot bunga sakura yang cantik.

Rafting Sungai Elo sangat cocok untuk pemula menikmati keseruan olahraga air, dengan memacu adrenalin bermain arung jeram dengan arus sungai yang stabil dan aman, yang terletak di Desa Pare, Blondo, Mungkid, Kabupaten Magelang.

Rafting di Sungai Elo dengan panjang rute sekitar 12 km dan lama waktu pengarungan selama 2,5 sampai 3 jam.

Bermain arung jeram di Sungai Elo, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan yang asri dan sejuk, serta tak jauh dari Candi Borobudur dan Candi Mendut.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/16/070700027/25-tempat-wisata-keren-di-magelang-pas-untuk-liburan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke