Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Tempat Wisata di Lombok yang Wajib Dikunjungi, Selain 3 Gili

Oleh karena itu, tak salah jika Lombok kerap jadi masuk daftar impian para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di sana.

Kompas.com merangkum pilihan 25 tempat wisata di Lombok yang bisa dikunjungi jika sedang liburan di sana.

1. Pantai Pink

Pantai Pink merupakan salah satu pantai yang populer dengan menawarkan pemandangan indah dan hamparan pasir berwarna merah muda.

Pantai Pink memiliki air jernih dan pemandangan bawah laut yang indah. Pengunjung dapat snorkeling dan diving. Jika tertarik, ada penyewaan alat di lokasi.

Memiliki kondisi ombak yang cukup tenang, Pantai Pink sangat cocok untuk berenang dan berwisata keluarga yang membawa anak-anak.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar 10 ribu per orang untuk wisatawan lokal, 50 ribu per orang untuk wisatawan mancanegara, rombongan pelajar lokal sebesar 5 ribu per orang, dan rombongan pelajar mancanegara sebesar 25 ribu per orang.

2. Pantai Senggigi

Salah satu pantai yang populer di Lombok, yaitu Pantai Senggigi. Letaknya di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Pantai Senggigi memiliki air laut yang biru dan jernih, sehingga sangat cocok untuk snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang cantik.

Pantai ini memiliki kondisi ombak yang cocok untuk berselancar, termasuk untuk pemula.

Jika ingin menikmati pemandangan indah di Pantai Senggigi, pengunjung dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

3. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai andalan yang tergolong masih asri, karena belum ada pembangunan fasilitas di sekitar kawasan pantai.

Pantai Tanjung Aan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki garis pantai kurang lebih 2 kilometer, dan dikelilingi oleh Bukit Merese.

Lokasi pantai tepat berada di Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki dua jenis pasir yang membentang di sepanjang pantai, yaitu pasir halus bertekstur seperti tepung dan pasir bertekstur seperti.

Ombak di Pantai Tanjung Aan memiliki gelombang yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan berselancar.

Untuk mengunjungi pantai ini, pengunjung dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.0000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi pantai tidak terlalu jauh dari Bandara Lombok. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan mobil atau motor, dengan waktu tempuh berkisar kurang lebih 30 menit.

4. Bukit Merese

Bukit Merese merupakan bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Lokasinya terletak di Jalan Kuta Lombok, Kuta Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Bukit ini merupakan salah satu yang paling hits di Lombok, di mana pengunjung dapat menikmati pemandangan langit dan laut luas, serta pesona sunset saat sore hari.

Bukit Merese sangat cocok dijadikan spot foto Instagramable. Bahkan, tak jarang dijadikan sebagai tempat untuk foto prewedding.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, dan bisa dikunjungi hanya dengan jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan.

5. Batu Payung

Batu Payung menawarkan keindahan batu berdiri tinggi yang terbentuk dari proses alami. Dipandang dari sisi manapun, batu ini akan memberi kesan indah.

Dengan keindahan batu yang memesona, dan pemandangan sekitar yang indah, tempat ini sangat cocok untuk spot foto yang Instagramable.

Lokasi Batu Payung berada di sebelah timur Pantai Tanjung Aan. Untuk mencapai Batu Payung ppengunjung dapat menyewa perahu dari Pantai Tanjung Aan dengan harga sewa berkisar Rp 250.000.

6. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu masih sangat bersih, jarang dikunjungi, dan menawarkan keindahan yang menawan serta memanjakan mata.

Pantai ini terletak di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Salah satu yang jadi daya tarik pantai ini adalah karang indah yang disebut ‘Karang Bolong Malimbu’, di mana sering dijadikan spot foto menarik.

Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di Pantai Malimbu, menikmati kelembutan pasir, atau berwisata air berkeliling di laut dengan menyewa kano atau perahu.

Berkunjung ke Pantai Malimbu tidak dikenai biaya masuk alias gratis.

7. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu menawarkan panorama sunset yang menawan dan bergandengan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Bukit ini memiliki dua titik untuk menikmati pemandangan, yaitu pada sisi timur dan barat, terletak di sisi Pantai Malimbu, di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Di Bukit Malimbu, pengunjung dapat melihat pemandangan dari Gunung Agung di Bali, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Sambil menikmati pemandangan Bukit Malimbu, pengunjung juga dapat mengisi perut, karna terdapat warung-warung yang menjual makanan, minuman, sampai cindera mata.

Mengunjungi Bukit Malimbu tidak dikenai biaya alias gratis, dan dapat dikunjungi setiap hari 24 jam.

8. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika sangat cocok bagi yang menyukai olahraga air, seperti berselancar, snorkeling, hingga diving.

Fasilitas di Pantai Kuta ini juga tergolong lengkap seperti area parki, toilet, warung makan, ATM, mushola, penginapan, dan pneyewaan alat watersport.

Pantai Kuta Mandalika berada tak jauh dari Bandara, tepatnya di Desa Pujut, Lombok Tengah, dapat ditempuh dengan mobil atau motor dalam waktu tempuh kurang dari 30 menit.

Pengunjung tidak akan dikenai tiket masuk, hanya dikenai biaya parkir kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

9. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan terletak di Jalan Pabean, Ampenan, Kota Mataram. Tempat ini sangat cocok dan sering dijadikan tempat untuk kumpul bersama teman-teman.

Wisatawan yang datang ke sini biasanya menikmati senja sambil bersantai menikmati makanan dan minuman yang dijual oleh pedagang-pedangang.

Menikmati panorama sunset tapi tidak ingin pergi jauh dari kota, Pantai Ampenan adalah pilihan terbaik.

Pengunjung tidak dikenai biaya masuk, hanya perlu membayar biaya parkir bila membawa kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

10. Islamic Center Mataram

Islamic Center Mataram merupakan salah satu ikon Pulau Lombok. Lokasinya berada di Jalan Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram.

Salah satu wisata religi yang harus dikunjungi di Lombok tersebut memiliki luas sebesar 74.749 meter persegi.

Masjid yang memiliki nama lain Masjid Hubbul Wathan ini memiliki bangunan megah dan cantik.

Mengunjungi masjid ini tidak dipungut biaya alias gratis, tetapi pengunjung yang ingin mengunjungi menara tinggi untuk melihat pemandangan Kota Mataram, akan dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

11. Pura Meru

Pura Meru merupakan salah satu pura tertua yang dibangun pada tahun 1720 dan menjadi pura terbesar di Lombok.

Lokasinya berada di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram,Kota Mataram.

Pura ini sangat sakral dan menjadi kebanggaan warga Lombok, sangat cocok untuk wisata sejarah dan religi.

Fasilitas di Pura Meru seperti area parkir, pedagang makanan dan minuman, ATM, dan toko souvenir.

Mengunjungi Pura Meru tidak dipungut biaya. Pengunjung cukup memberi donasi seikhlasnya dan dapat dikunjungi mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore Waktu Indonesia Tenggara.

12. Taman Mayura

Taman Mayura memiliki suasana alam yang asri dan religius yang terdiri dari area taman dan area pura.

Di Taman ditanami pohon-pohon manggis yang berada di sekeliling taman dan penuh dengan rumput hijau serta dilengkapi dengan kolam yang terdapat bangunan di tengahnya.

Tempat ini sangat cocok untuk melakukan wisata sejarah dan memberikan ketenangan juga kesejukkan.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp2.500 per orang, dan dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

13. Gili Nanggu

Gili Nanggu menawarkan pesona bawah laut yang memesona dengan terumbu karang yang cantik dan ikan-ikan kecil berwarna-warni.

Pulau ini sangat cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Pengunjung juga dapat jalan santai di atas pasir putih mengelilingi pulau.

Gili Nanggu berada di Sekotang Barat, Kecamatan Sekotang, Lombok Barat, dapat dikunjungi dengan menyebrang menggunakan perahu di pelabuhan penyebrangan di Desa Tawun.

Harga sewa perahu berkisar sekitar Rp 300.000 yang muat sampai 10 orang, dan sudah termasuk untuk mengunjungi Gili Sudak dan Gili Kedis.

14. Gili Sudak

Gili Sudak merupakan pulau kecil yang masih sangat asri, dengan pasir putih, air laut biru yang sangat jernih, dan terumbu karang cantik berukuran besar.

Di pulau ini, pengunjung dapat melakukan snorkeling menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Aktivitas lain yakni menaiki kano, sampai menyantap seafood di warung makan.

Menyuguhkan panorama sunrise dan sunset yang menawan, pulau kecil ini kerap disebut pulau yang amat romantis.

Cara mencapai pulau ini bisa dengan menyewa perahu dari Pelabuhan Tawun dengan harga sekitar Rp 300.000, dan sudah termasuk untuk mengunjungi Gili Nanggu dan Gili Kedis.

15. Gili Kedis

Gili Kedis belum terlalu populer dan banyak dikunjungi. Ukuran pulau ini sangat kecil dan warga setempat menyebut pulau ini Gili Kedis yang berarti ‘Pulau Burung Pipit’.

Pulau yang masih sangat asri ini memiliki pemandangan yang teduh dan menawan, dengan pasir putih dan batu karang di air laut yang begitu jernih, sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

Berjalan-jalan santai mengelilingi pulau diatas pasir putih hanya memerlukan waktu 10 menit saja karna ukuran pulau sangat kecil.

Untuk mencapai pulau ini, pengunjung dapat menyewa perahu dari Pelabuhan Tawun dengan harga sekitar Rp 300.000, dan sudah termasuk untuk mengunjingi Gili Nanggu dan Gili Sudak.

16. Taman Wisata Sesaot

Taman Wisata Sesaot biasa disebut juga dengan wisata aik nyet merupakan kawasan hutan dan sungai jernih seta memiliki suasana asri. Lokasinya berada di Sesaot, Narmanda, Lombok Barat.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga, terdapat gazebo-gazebo untuk bersantai.

Di Taman Wisata Sesaot ini juga terdapat spot foto menarik, seperti luncuran air terjun, batuan besar di atas air terjun, dan mushola yang mirip dengan klenteng.

Fasilitas di tempat ini sudah cukup terkelola seperti mushola, tempat istirahat, kamar mandi, area parkir, hingga warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000, dan sudah termasuk biaya parkir dari pagi hingga sore hari.

17. Pantai Tebing

Pantai Tebing berada di perairan selat Lombok yang dipenuhi dengan hamparan pasir hitam. Lokasinya terletak di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara.

Daya tarik utama dari Pantai Tebing ini terdapat pada deretan tebing tinggi setinggi 22 meter di sepanjang pinggiran pantai.

Di pantai yang menakjubkan ini, pengunjung dapat mengambil foto dengan keindahan pantai, berenang, berjemur, hingga berselancar di air laut yang jernih.

Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp6.000 per orang untuk mengunjungi Pantai Tebing.

18. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile menyuguhkan air terjun di tebing bertngkat dengan udara sejuk dan pemandangan hijau ang asri.

Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini, memberikan air jernih yang menyegarkan dan memberi sensasi menyenangkan dari pancuran air yang mengalir dari ketinggian.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk merasakan kesejukan dan keindahan pemandangan di Air Terjun Sendang Gile.

19. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun eksotis dari pulau Lombok, dan digadang-gadang sebagai air terjun paling romantis, sehingga sangat cocok untuk liburan bersama pasangan.

Air terjun ini juga berada di kaki Gunung Rinjani seperti Air Terjun Sendang Gile karena lokasi yang berdekatan, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang asri dan menyegarkan mata, pengunjung juga dapat menikmati pantulan pelangi dari kolam pada saat tertentu.

Pengunjung juga dapat menghirup aroma hutan hujan tropis dan aroma bunga kopi yang semerbak.

Pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

20. Kebun Kopi Senaru

Kebun Kopi Senaru terletak di bawah kaki Gunung Rinjani tepatnya di Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

Tempat ini enawarkan pesona alam yang hijau dan air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep yang indah.

Terdapat warung yang bernama ‘Coffee Plantation’ yang menyediakan kopi susu, susu jahe, dan kopi susu jahe, dan juga makanan, yang bisa dinikmati sambil menikmati pemandangan alam yang sejuk.

Pengunjung tidak dikenai biaya masuk alias gratis, dan hanya perlu membayar biaya parkir bila membawa kendaraan sebesar Rp5.000.

21. Pantai Mawun

Pantai Mawun merupakan salah satu pantai eksotis dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru dilengkapi dengan bukit-bukit hijau yang berdiri kokoh, terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki kondisi ombak yang cukup tenang dan sangat cocok untuk berenang dan pada sisi tepian bukit kondisi ombak lebih besar dan cocok untuk berselancar.

Fasilitas di Pantai Mawun seperti mushola, toilet, gazebo, mini bar, dan warung makan.

Pengunjung tidak dikenai biaya masuk dan hanya membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

22. Pantai Seger

Pantai Seger memiliki dua sisi bagian dalam dan luar, dengan menawarkan pemandangan alam pantai berpadu dengan bukit yang indah dengan hamparan pasir dan pemandangan bawah laut yang menawan.

Pantai dengan pesona sunset yang indah ini, terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pengunjug bisa melakukan berbagai aktivitas di Pantai Seger seperti berenang, berselancar, berjemur, hingga snorkeling.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Seger seperti warung makan, tempat beristirahat, penginapan, toilet dan kamar ganti, dan area parkir yang luas.

Pengunjung akan dikenai biaya masuk berdasarkan jenis kendaraan yang dibawa, sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

23. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan merupakan bukit yang menjulang tinggi di samping Gunung Rinjani tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Bukit dengan ketinggian 1670 mdpl ini menawarkan panorama sawah dan pemandangan Gunung Rinjani yang berdiri kokoh.

Di Bukit Pergasingan juga terdapat titik paralayang dan downhill, pengunjung yang suka dengan aktivitas olahraga extreme dapat mencobanya dan menguji adrenalin.

Untuk mendaki bukit ini, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

24. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan salah satu tempat paling indah di Lombok dengan bukit karang dan batuan kars yang memercantik pemandangan alam, terletak di Jalan Lingkok Siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Kawasan Tanjung Ringgit merupakan kawasan eco region dan terdapat situs sejarah berupa meriam dan goa peninggalan Jepang, tidak ada fasilitas selain mercusuar di ujung tanjung.

Tidak banyak yang bisa dilakukan di sini, tapi pengunjung dapat berkemah dan melihat matahari terbit yang menakjubkan, dan disini juga menjadi spot foto yang bagus dan indah.

Pengunjung tidak dikenai biaya apapun untuk mengunjungi tempat inialias gratis dan berkemah juga tidak perlu membayar apapun. Namun pengunjung harus menjaga keselamatan dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

25. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak memiliki luas kurang lebih 11 km perssegi, dengan kedalaman sedalam 230 meter dan ketinggian 2.008 mdpl, terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Utara.

Meskipun berada pada ketinggian, pengunjung dapat memancing, berenang, atau sekedar berendam air panas.

Keindahan lain yang menjadi pemikat pesona danau ini, terdapat Gunung Baru Jari yang memiliki ketinggian 2.376 mdpl.

Untuk menikmati pemandangan dan suasana yang menakjubkan, pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp35.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/16/101500927/25-tempat-wisata-di-lombok-yang-wajib-dikunjungi-selain-3-gili

Terkini Lainnya

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Rusa Jadi Ancaman di Beberapa Negara Bagian AS, Tewaskan Ratusan Orang

Travel Update
5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

5 Rekomendasi Playground Indoor di Surabaya untuk Isi Liburan Anak

Jalan Jalan
Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Pilot dan Pramugari Ternyata Tidur pada Penerbangan Jarak Jauh

Travel Update
Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Desa Wisata Tabek Patah: Sejarah dan Daya Tarik

Jalan Jalan
Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Komodo Travel Mart Digelar Juni 2024, Ajang Promosi NTT ke Kancah Dunia

Travel Update
Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Tips Pilih Makanan yang Cocok untuk Penerbangan Panjang

Travel Tips
Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Harapan Pariwisata Hijau Indonesia pada Hari Bumi 2024 dan Realisasinya

Travel Update
5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

5 Tips Menulis Tanda Pengenal Koper yang Aman dan Tepat

Travel Tips
Turis China Jatuh ke Jurang Kawah Ijen, Sandiaga: Wisatawan agar Dipandu dan Mengikuti Peraturan

Turis China Jatuh ke Jurang Kawah Ijen, Sandiaga: Wisatawan agar Dipandu dan Mengikuti Peraturan

Travel Update
8 Kesalahan Saat Liburan Berkelompok, Awas Bisa Cekcok

8 Kesalahan Saat Liburan Berkelompok, Awas Bisa Cekcok

Travel Tips
Sandiaga Bantah Iuran Pariwisata Akan Dibebankan ke Tiket Pesawat

Sandiaga Bantah Iuran Pariwisata Akan Dibebankan ke Tiket Pesawat

Travel Update
Hari Kartini, 100 Perempuan Pakai Kebaya di Puncak Gunung Kembang Wonosobo

Hari Kartini, 100 Perempuan Pakai Kebaya di Puncak Gunung Kembang Wonosobo

Travel Update
Artotel Gelora Senayan Resmi Dibuka April 2024, Ada Promo Menginap

Artotel Gelora Senayan Resmi Dibuka April 2024, Ada Promo Menginap

Travel Update
Artotel Group Akuisisi Hotel Century Senayan, Tetap Ada Kamar Atlet

Artotel Group Akuisisi Hotel Century Senayan, Tetap Ada Kamar Atlet

Travel Update
Lokasi dan Jam Buka Terbaru Kebun Binatang Bandung

Lokasi dan Jam Buka Terbaru Kebun Binatang Bandung

Jalan Jalan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke