Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisatawan Asal Jakarta Diimbau Tunda Liburan ke Jabar

“Episentrum Covid-19 ada di DKI Jakarta. Kita imbau jangan liburan dulu. Jangan sampai episentrum pindah ke Jabar,” ungkap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Diberlakukannya PSBB Jakarta mengurangi pergerakan wisatawan asal Ibu Kota di Jabar dan memberi dampak terhadap pariwisata Jabar.

Meski begitu, Deddy mengatakan bahwa pihaknya lebih mementingkan kesehatan yang mampu membuat industri pariwisata dan ekonomi Jabar berjalan dengan lancar.

“Ditunda dulu liburannya sampai situasi di DKI Jakarta melandai. Jangan sampai mereka datang dan jadi klaster baru,” ujar Deddy.

Selain memberi imbauan kepada wisatawan asal DKI Jakarta, Deddy juga mengimbau agar wilayah di sekitar Ibu Kota berlakukan pengetatan.

Sebagai contoh, wisatawan asal Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor diimbau untuk tidak liburan dulu ke Jabar meski kabupaten/kota tersebut masuk dalam wilayah Jabar.

“Wilayah Bodebek ini zona merah, sama juga. Kami imbau untuk sementara tidak perlu bepergian dulu,” kata Deddy.

Pada Jumat (11/9/2020), Bupati Bogor Ade Yasin memperketat akses masuk di kawasan Puncak bagi wisatawan yang datang dari Jakarta.

Ade mengatakan bahwa Puncak merupakan destinasi favorit warga Jakarta terutama pada akhir pekan atau hari libur.

"Iya terutama setiap akhir pekan selama PSBB pra-AKB ini, karena kan kalau selain hari itu kawasan Puncak relatif aman dan enggak macet ya," kata Ade di Cibinong, Jumat (11/9/2020), mengutip Kompas.com.

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, ujar Ade, akan melakukan razia kepada wisatawan dari luar daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Razia juga akan dilakukan di restoran dan tempat wisata di sekitaran Puncak yang melanggar pembatasan jam operasional.

Ade mengatakan, bagi pengendara dari Jakarta yang tidak memiliki tujuan ke Puncak, akan diarahkan untuk putar balik ke rumahnya masing-masing oleh tim Satgas gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub).

https://travel.kompas.com/read/2020/09/17/121000927/wisatawan-asal-jakarta-diimbau-tunda-liburan-ke-jabar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke