Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah PSBB Jakarta Berdampak pada Pariwisata Jabar?

KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlakukan PSBB Jakarta sejak Senin (14/9/2020). Dibatasinya pergerakan warga Jakarta membuat mereka merasa cukup kesulitan untuk berlibur ke daerah lain.

Salah satu daerah yang paling digemari oleh warga Jakarta adalah Puncak Bogor. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Deddy Taufik, menuturkan, adanya PSBB memberi dampak bagi pariwisata Jabar.

“Kawasan puncak waktu mulai adaptasi kebiasaan baru (AKB) itu pengunjung 70 persen dari Ibu Kota. Dampak pasti terjadi karena DKI Jakarta berlakukan PSBB,” tutur Deddy kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, salah satu dampak dari diberlakukannya PSBB Jakarta adalah pengurangan pergerakan wisatawan di Jabar. Terutama di tempat-tempat wisata.

Selain adanya pergerakan wisatan dari DKI Jakarta yang berkurang, tingkat hunian hotel dan jumlah kunjungan di tempat wisata pun berkurang.

Kendati demikian, penurunan pergerakan wisatawan masih belum bisa dipastikan akan seberapa besar terlihat.

“Tempat wisata pasti akan ramai pada Jumat – Minggu. Nanti kita bandingkan apakah dalam hari itu ada penurunan dari DKI Jakarta atau tidak,” ungkap Deddy.

Apabila terjadi penurunan, Deddy mengatakan, dirinya tidak terlalu khawatir lantaran masih ada wisatawan lokal dan wisatawan dari daerah lain di Jabar yang akan berwisata.

Bagi wisatawan lokal dan wisatawan Jabar yang ingin berwisata pada saat seperti, Deddy menegaskan bahwa mereka tidak perlu khawatir.

Hal ini karena seluruh destinasi wisata di Jabar sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Meski begitu, dia tetap mengimbau agar wisatawan selalu waspada.

“Kami kedepankan protokol kesehatan 3M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kapastias tempat wisata pun dikurangi 50 persen,” ujar Deddy.

Dia melanjutnya, setiap destinasi wisata juga harus memiliki Satgas Covid-19 untuk membantu pengontrolan kasus Covid-19 di sana.

Sebelumnya, wisatawan asal DKI Jakarta diimbau untuk tidak bepergian dulu ke destinasi wisata di Jabar.

“Episentrum Covid-19 ada di DKI Jakarta. Kita imbau jangan liburan dulu. Jangan sampai episentrum pindah ke Jabar,” ungkap Deddy.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/17/130500027/apakah-psbb-jakarta-berdampak-pada-pariwisata-jabar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke