Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Aktivitas Seru di Dusun Semilir, Pas untuk Libur Akhir Pekan

KOMPAS.com – Dusun Semilir Eco Park di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sudah membuka kembali seluruh area sejak Juli 2020.

Tempat wisata tersebut terkenal akan berbagai macam spot foto menarik yang bisa dinikmati oleh wisatawan penggemar selfie.

Namun, selain foto-foto, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan atau kuliner lezat di Gunungan Resto atau Sepoi-Sepoi Food.

Jika tertarik berkunjung, berikut enam aktivitas seru di Dusun Semilir yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (18/9/2020).

Jembatan Senggol merupakan salah satu atraksi wisata yang menggantung di atas taman. Jembatan tersebut dikelilingi susunan kayu yang dibentuk sedemikian rupa menjadi atap.

Selama berada di sana, wisatawan bisa berfoto-foto ria sambil menikmati pemandangan dari sela-sela susunan kayu.

Jika merasa lelah, kamu bisa duduk di beberapa tempat duduk yang telah disediakan sambil membeli makanan dari sejumlah stand yang ada di sana.

  • “Liburan” ke Eropa

Dusun Semilir memiliki sebuah area bernama Alun Eropa. Di sana, pengunjung bisa melihat bangunan dan area bernuansa Maroko, Mykonos, dan Paris.

Beberapa spot foto menarik ada di sana, seperti deretan bangunan bercat putih yang memiliki daun pintu dan jendela warna-warni.

Di depan bangunan-bangunan tersebut sudah dihiasi oleh kursi santai dan meja warna-warni, serta beberapa pot bunga yang indah.

Ada juga sebuah jalur dekat jembatan kecil yang dihiasi oleh lampu gantung warna-warni yang memiliki latar belakang bangunan khas Eropa.

  • Keliling naik trem

Selama berada di Alun Eropa, kamu bisa coba salah satu moda transportasi yang merupakan ciri khas benua tersebut--trem.

Trem di Alun Eropa hanya tersedia satu gerbong untuk tiga orang. Namun, selama new normal kapasitas dibatasi hanya untuk dua orang.

Jika ingin berkeliling Alun Eropa sambil naik trem, ada baiknya kamu datang cukup pagi untuk menghindari antrean panjang.

  • Menyusuri sungai naik gondola

Selain naik trem, wisatawan juga bisa naik gondola di Alun Eropa. Sebelum pandemi, kamu bisa naik gondola bersama tiga orang temanmu.

Namun selama new normal, satu gondola hanya bisa digunakan oleh dua orang saja.

Selama berada di gondola, pengunjung akan dibawa melintasi deretan bangunan warna-warni yang menarik.

Ada juga sebuah jembatan dengan gaya arsitektur khas Eropa yang mungkin akan membuatmu merasa seperti sedang menaiki gondola di Venesia, Italia.

  • Naik flamingo raksasa

Salah satu area foto di Dusun Semilir bernama Alas Tirta menawarkan konsep alam. Selama berada di sana, kamu akan dikelilingi oleh pepohonan dan tumbuhan rindang yang asri.

Alas Tirta memiliki sejumlah spot foto menarik, salah satunya adalah patung flamingo raksasa yang bisa dinaiki oleh wisatawan. Selain berfoto, pengunjung juga bisa melihat pemandangan.

Ada juga sebuah patung raksasa di tengah kolam yang memiliki beberapa bongkah batu yang dijadikan sebagai jalur untuk menuju ke pelataran patung.

Apabila ingin foto bak berada di tengah hutan, wisatawan bisa berkunjung ke sebuah jalur kecil yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan.

  • Naik perosotan warna-warni

Jika ingin coba kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa naik perosotan warna-warni setinggi 30 meter.

Sebelum meluncur, kamu akan diberi sebuah alat yang digunakan sebagai alas untuk meluncur.

Sembari naik perosotan warna-warni, kamu bisa melihat pemandangan sekitar dan foto-foto sambil meluncur.

Jam buka Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park buka setiap Senin–Jumat pukul 10.00–20.00 WIB. Untuk Sabtu–Minggu dan libur nasional, jam bukanya 09.00–20.00 WIB.

Tiket masuknya pada hari biasa adalah Rp 20.000, sementara akhir pekan adalah Rp 25.000. Selama September 2020, pihak tempat wisata memberi promo harga tiket sebesar Rp 35.000.

Dalam promo tersebut, wisatawan akan mendapatkan tiket masuk, sebotol minuman gratis, akses naik perosotan dan kereta wisata, voucher Pitu Adventure, dan voucher belanja.

Kemudian, ada voucher makan di Gunungan Resto atau Sepoi-Sepoi Food Court, voucher Super Penyet, dan voucher jajan di beberapa tennant terpilih.

Pembelian tiket promo hanya bisa dilakukan di loket tempat wisata dan voucher berlaku untuk satu orang saja. Tiket promo tidak berlaku pada Sabtu–Minggu dan hari libur nasional.

Pembelian tiket masuk juga bisa dilakukan secara langsung di loket dengan sistem pembayaran tunai dan non-tunai.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/18/161500527/6-aktivitas-seru-di-dusun-semilir-pas-untuk-libur-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke