Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Wisata Sekitar Nepal Van Java, Ada Silancur Highland

KOMPAS.com – Indahnya panorama Dusun Butuh membuatnya dijuluki sebagai Nepal Van Java atau Nepal dari Jawa.

Tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama itu tersebut terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Sembari berlibur ke sana, jangan lupa untuk berkunjung ke lima tempat wisata di sekitarnya yang tidak kalah menariknya.

Berikut daftar lima tempat wisata di sekitar Nepal Van Java yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (20/9/2020).

1. Silancur Highland

Silancur Highland berlokasi di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Tepatnya di tenggara kaki Gunung Sumbing dan berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Melalui tempat wisata tersebut, kamu bisa melihat deretan pegunungan indah yang membentang di sisi timursaat cuaca sedang cerah, mulai dari Gunung Merapi hingga Ungaran.

Sementara itu di sisi barat, kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Sumbing yang berdiri dengan megah di ketinggian 3.371 mdpl.

Pemandangan matahari terbit dan gemerlapnya lampu Kota Magelang menjadi daya tarik tersendiri bagi Silancur Highland. Wisatawan bisa berkemah jika ingin melewati pemandangan tersebut.

Ada juga taman yang dipenuhi oleh bunga warna-warni yang bisa dijadikan sebagai spot foto Instagramable berlatar belakang pegunungan.


2. Mangli Sky View

Jika ingin berwisata menembus awan, kamu bisa berkunjung ke Mangli Sky View di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik.

Tempat wisata tersebut berada di ketinggian 1.570 mdpl di sebelah timur Gunung Sumbing. Hamparan awan di langit cerah merupakan panorama yang disajikan Mangli Sky View.

Selama berada di sana, kamu bisa berkemah sambil menikmati pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Tidar, Giyanti, Ungaran, dan Sumbing.

Ada juga fasilitas Wi-Fi yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan sembari memanjakan mata melihat hamparan kebun sayuran.

3. Curug Silawe

Sudah gerah dengan sumpeknya perkotaan dan ingin main air dingin? Kamu bisa berkunjung ke Curug Silawe di Dusun Kopeng, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Sumbing tidak hanya membuat air curugnya dingin, juga udara di sekitar yang sejuk.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 60 meter. Pepohonan yang mengelilinginya membuat suasan menjadi lebih asri dan tenang.


4. Candi Selogriyo

Desa Candisari di Kecamatan Windusari memiliki sebuah lokasi terpencil di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang yang menyimpan sebuah peninggalan zaman dahulu.

Peninggalan zaman dahulu di lereng Gunung Sumbing tersebut merupakan sebuah candi yang diperkirakan dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno, yakni Candi Selogriyo.

Candi tersebut dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu. Saat berkunjung ke sana, kamu tidak hanya disuguhi pemandangan bangunan kuno yang masih indah.

Wisatawan juga akan disuguhi pemandangan alam dari bentangan pegunungan yang indah, serta udara di sekitar yang sejuk.

5. Gunung Sumbing

Sembari berwisata di Dusun Butuh, kamu juga bisa coba mendaki Gunung Sumbing yang dijuluki sebagai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah.

Dengan tinggi tersebut, panorama alam yang ditawarkan mampu membelalakkan mata. Mulai dari lautan awan, hingga indahnya matahari terbit dan terbenam.

Kendati mungkin jalur yang ditempuh cukup melelahkan, namun pemandangan hutan pinus yang lebat mungkin akan membuatmu lupa akan rasa lelah. Udaranya pun sejuk dan suhunya dingin.

Kamu akan memasuki hutan tersebut dalam perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 yang memakan waktu sekitar satu jam.

Ada juga pemandangan pepohonan, tumbuh-tumbuhan, rerumputan indah, dan jalur sungai yang bisa dilihat selama perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/20/170754727/5-tempat-wisata-sekitar-nepal-van-java-ada-silancur-highland

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke