Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Gianyar Bali, Bisa ke Mana Saja?

KOMPAS.com – Kabupaten Gianyar, Bali memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang patut dikunjungi, seperto museum, pura, hingga pasar seni di Ubud.

Jika ingin berlibur di Gianyar pada akhir pekan, berikut itinerary 2 hari 1 malam di Gianyar yang telah Kompas.com rangkum, Jumat (18/9/2020).

Sebelum memulai perjalanan, kamu bisa berkunjung ke Pasar Seni Ubud untuk melihat berbagai macam kerajinan tangan yang dijual oleh masyarakat setempat. Letaknya di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud.

Pada pagi hari, di sana juga terdapat sejumlah pedagang makanan tradisional khas Bali. Kamu bisa sarapan sambil melihat barang-barang unik untuk dibeli sebagai oleh-oleh sebelum pulang.

  • Lihat pemandangan Bukit Campuhan, Kecamatan Payangan

Salah satu tempat wisata yang disebut sebagai tempat paling Intagramable di Bali adalah Bukit Campuhan. Letaknya di Jalan Bangkiang Sidem, Kecamatan Payangan.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sana entah untuk melihat pemandangan matahari terbit, berolahraga, sekadar jalan-jalan santai, berswafoto ria, atau sekadar menikmati udara sejuk di puncaknya.

  • Foto-foto di Tegallalang Rice Terrace, Kecamatan Tegallalang

Tegallalang terkenal akan undakannya yang indah yang kerap dijadikan sebagai obyek foto wisatawan. Salah satunya adalah tempat wisata Tegallalang Rice Terrace.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Tegallalang, Kecamatan Tegallalang. Selama berada di sana, kamu bisa nikmati pemandangan persawahan hijau sambil jalan-jalan dan menghirup udara segar.

  • Wisata sejarah di Pura Tirta Empul, Kecamatan Tampaksiring

Tempat wisata ini terletak di Jalan Tirta, Kecamatan Tampaksiring. Di sana, terdapat tiga bagian pura yang bisa dikunjungi wisatawan.

Setibanya di sana, pengunjung akan disambut oleh Jaba Sisi atau Nista Mandala, sisi luar pura. Selanjutnya, pengunjung akan melewati gapura besar dengan gaya arsitektur khas Bali.

Setelah melewati gapura, wisatawan bisa menuju ke sebuah paviliun besar untuk berfoto-foto atau sekadar duduk santai.

Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Jaba Tengah atau bagian kedua pura. Di sana ada dua kolam berbentuk persegi panjang. Di bagian terakhir pura, Jeroan, juga ada kolam besar yang dibatasi tembok batu.

  • Makan siang di Bali Safari Marine Park, Kecamatan Gianyar

Jika ingin melihat para satwa berada lucu, kamu bisa berkunjung ke Bali Safari Marine Park di Jalan Profesor Dr Ida Bagus Mantra No. KM 19,8, Serongga, Kecamatan Gianyar.

Kebun binatang tersebut memiliki beberapa atraksi dan kegiatan wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan seperti Safari Adventure dan Safari Journey.

Ada juga Fresh Water Aquarium, Animal Education Show, Tiger Show, dan Elephant Show. Bali Safari Marine Park juga memiliki restoran yang bisa dikunjungi untuk makan siang.

Jika tertarik, tempat wisata tersebut menawarkan paket makan bersama satwa seperti Breakfast with Lions dan Breakfast with Lions + Giraffe Feeding.

  • Naik ayunan di Alas Harum Agrotourism, Kecamatan Tegallalang

Alas Harum Agrotourism berlokasi di Jalan Raya Tegallalang, Kecamatan Tegallalang. Di sana, kamu bisa naik ayunan ekstrim di tengah sawah.

Adapun pilihan ayunan yang bisa dicoba adalah Extreme dan Super Extreme. Masing-masing memiliki ketinggian mencapai 15 meter dan 25 meter dari tanah.

Jika takut akan ketinggia, kamu bisa jelajahi area tempat wisata yang menawarkan sejumlah spot foto kekinian seperti Dancing Bridge, Glass Flooring, dan Gorila yang merupakan ukiran batu berlumut berbentuk wajah gorila.

  • Munduk Asri, Kecamatan Payangan

Apabila masih belum puas untuk foto-foto di tempat yang unik, kamu bisa berkunjung ke Munduk Asri di Desa Kerta, Kecamatan Payangan.

Tempat wisata tersebut menawarkan spot foto menarik berupa susunan akar raksasa yang berasa ldari pohon tua. Akar-akar tersebut dikelilingi oleh lumut dan rerumputan hijau.

Susunan akar serta lingkungan tempat wisata tersebut mungkin akan mengingatkanmu akan keindahan Hutan Mirkwood di film The Hobbit: The Desolation of Smaug.

Selain susunan akar, ada juga spot foto lain seperti rumah-rumah berbentuk unik yang dibuat dari kayu.

  • Pura Goa Gajah, Kecamatan Blahbatuh

Pura Goa Gajah berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Tempat ibadah tersebut terbilang cukup berbeda dari pura-pura di Bali pada umumnya.

Pasalnya, tempat ibadah ini berbentuk goa dan bukan candi yang menjulang tinggi. Meski begitu, Pura Goa Gajah tidak kalah indahnya dengan pura lain.

Ukiran batu di pintu masuknya sangat detail dan terlihat menarik. Keindahannya tidak membuat goa terlihat menyeramkan.

Sementara fasilitas hotel yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah restoran, kolam renang dan area renang anak, pusat kebugaran, layanan laundry, serta layanan pijat dan spa.

Penginapan ini terletak di Jalan Sriwedari No. 99, Kecamatan Ubud. Harga menginap di kamar Deluxe adalah mulai dari Rp 1.279.860 per kamar per malam.

Fasilitas yang ditawarkan adalah sarapan, teh di siang hari, akses Wi-Fi, bathub, alat pembuat kopi atau teh, televisi, bathub dan shower dengan air panas, serta perlengkapan kamar mandi termasuk pengering rambut.

  • Main arung jeram di Sungai Ayung

Sungai Ayung merupakan sungai sepanjang sekitar 68 km yang mengalir melewati Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar.

Jika pernah menonton film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert, mungkin kamu tidak akan asing dengan nama tempat wisata ini. Namun sebelum berkunjung, jangan lupa untuk sarapan dulu di hotel.

Sungai Ayung merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan penggemar arung jeram atau rafting. Sejumlah penyedia jasa olahraga air pun tersedia di kawasan Sungai Ayung dengan harga yang beragam.

Setelah menemui penawaran yang cocok, kamu bisa mulai petualangan dengan menuruni anak tangga menuju tepi sungai. Jangan lupa pakai helm dan jaket pelampung.

Selanjutnya, kamu bisa mulai kegiatan arung jeram yang ditemani oleh seorang pemandu untuk mengarungi Sungai Ayung dengan panjang jalur dan waktu yang telah ditentukan.

Setelah bermain arung jeram dan berganti ke pakaian kering, kamu bisa melanjutkan

perjalanan ke Sacred Monkey Forest di Jalan Monkey Forest, Kecamatan Ubud.

Di sana terdapat tiga buah pura yang bisa dilihat bernama Pura Dalem Agung Padangtegal, Pura Beji, dan Pura Prajapati.

Sembari melihat keindahan pura, wisatawan juga bisa berjalan-jalan mengelilingi area hutan tempat wisata sambil menikmati pemandangan alam.

Jangan lupa untuk berfoto dengan para kera lincah dan jinak yang tidak takut untuk berinteraksi dengan manusia.

  • Makan siang di Timur Kitchen, Kecamatan Blahbatuh

Timur Kitchen at Komaneka at Keramas Beach terletak di Jalan Prof Ida Bagus Mantra, Kecamatan Blahbatuh.

Restoran tersebut menawarkan berbagai pilihan kuliner mulai dari makanan khas Bali, Nusantara, Asia, hingga internasional.

Beberapa menu yang bisa dipilih adalah Lawar Pusuh Biu, Gado-gado, Squid Pomello, Soto Betawi, Ayam Woku, Tongseng Kambing, dan Caesar Salad. Harga menu mulai dari Rp 50.000-an.

  • Main air di Pantai Keramas, Kecamatan Blahbatuh

Setelah perut kenyang menyantap hidangan nikmat, kamu bisa lanjutkan kegiatan wisata dengan berkunjung ke Pantai Keramas.

Tempat wisata tersebut berada tepat di depan restoran sehingga kamu hanya perlu berjalan kaki saja untuk sampai di sana.

Jika pantai pada umumnya memiliki pasir berwarna putih, Pantai Keramas memiliki pasir berwarna hitam yang membuatnya terlihat unik.

Gulungan ombak yang cukup tinggi membuat pantai ini menjadi tempat favorit para peselancar. Jika ingin berselancar namun tidak membawa papan, di area pantai terdapat jasa penyewaan papan.

Bagi wisatawan yang tidak bisa berselancar, berenang atau bermain air di tepi pantai dan sekadar jalan-jalan menikmati pemandangan juga merupakan kegiatan yang menarik.

  • Lihat kupu-kupu di Kemenuh Butterfly Park

Kemenuh Butterfly Park terletak di Jalan Raya Kemenuh, Kecamatan Sukawati. Di sana, wisatawan bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu cantik dengan warna-warninya yang mempesona.

Sembari melihat kupu-kupu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan wisata air terjun yang ditawarkan Kemenuh Butterfly Park.

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mempelajari seputar kupu-kupu, berkunjung ke ruang konservasi, serta beli oleh-oleh dengan desain kupu-kupu seperti gantungan kunci atau keramik.

  • Jalan-jalan sore di Kemenuh Orchid Garden

Tempat wisata ini terletak di Jalan Ir Sutami, Kecamatan Sukawati. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kemenuh Butterfly Park.

Di Kemenuh Orchid Garden, pengunjung bisa melihat berbagai jenis bunga anggrek dengan warna yang beragam. Selain itu, lingkungannya yang asri memberi suasana tenang yang nyaman untuk dinikmati di sore hari.

Selain melihat anggrek, tempat wisata tersebut juga memiliki aneka koleksi bonsai yang menarik. Ada juga sebuah kolam dengan air mancur yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Kemenuh Orchid Garden memiliki sebuah jalur yang dikelilingi oleh pepohonan dan tumbuh-tumbuhan besar. Kamu bisa jadikan jalur tersebut sebagai spot foto.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/21/123000927/itinerary-2-hari-1-malam-di-gianyar-bali-bisa-ke-mana-saja

Terkini Lainnya

Ada Rencana Kenaikan Biaya Visa Schengen 12 Persen per 11 Juni

Ada Rencana Kenaikan Biaya Visa Schengen 12 Persen per 11 Juni

Travel Update
Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Tidak ada Larangan Wisata ke Indonesia

Kasus Covid-19 di Singapura Naik, Tidak ada Larangan Wisata ke Indonesia

Travel Update
Museum Kebangkitan Nasional, Saksi Bisu Semangat Pelajar STOVIA

Museum Kebangkitan Nasional, Saksi Bisu Semangat Pelajar STOVIA

Travel Update
World Water Forum 2024 Diharapkan Dorong Percepatan Target Wisatawan 2024

World Water Forum 2024 Diharapkan Dorong Percepatan Target Wisatawan 2024

Travel Update
Tebing di Bali Dikeruk untuk Bangun Hotel, Sandiaga: Dihentikan Sementara

Tebing di Bali Dikeruk untuk Bangun Hotel, Sandiaga: Dihentikan Sementara

Travel Update
Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Kerja Sama untuk Program Frequent Flyer

Garuda Indonesia dan Singapore Airlines Kerja Sama untuk Program Frequent Flyer

Travel Update
5 Alasan Pantai Sanglen di Gunungkidul Wajib Dikunjungi

5 Alasan Pantai Sanglen di Gunungkidul Wajib Dikunjungi

Jalan Jalan
Pantai Lakey, Surga Wisata Terbengkalai di Kabupaten Dompu

Pantai Lakey, Surga Wisata Terbengkalai di Kabupaten Dompu

Travel Update
Bali yang Pas untuk Pencinta Liburan Slow Travel

Bali yang Pas untuk Pencinta Liburan Slow Travel

Travel Tips
Turis Asing Beri Ulasan Negatif Palsu ke Restoran di Thailand, Berakhir Ditangkap

Turis Asing Beri Ulasan Negatif Palsu ke Restoran di Thailand, Berakhir Ditangkap

Travel Update
19 Larangan dalam Pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Patuhi demi Keselamatan

19 Larangan dalam Pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang, Patuhi demi Keselamatan

Travel Update
Harga Tiket Camping di Silancur Highland, Alternatif Penginapan Murah

Harga Tiket Camping di Silancur Highland, Alternatif Penginapan Murah

Travel Update
Harga Tiket dan Jam Buka Terkini Silancur Highland di Magelang

Harga Tiket dan Jam Buka Terkini Silancur Highland di Magelang

Travel Update
Awas Celaka! Ini Larangan di Waterpark...

Awas Celaka! Ini Larangan di Waterpark...

Travel Tips
BOB Downhill 2024, Perpaduan Adrenalin dan Pesona Borobudur Highland

BOB Downhill 2024, Perpaduan Adrenalin dan Pesona Borobudur Highland

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke