Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Ngurbloat di Kepulauan Kei, Tempat Wisata Tanpa Plastik

KOMPAS.com – Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara merupakan salah satu destinasi wisata yang mengurangi pemakaian plastik.

“Bupati Maluku Tenggara dalam pidatonya selalu jelaskan bagaimana kita harus lawan sampah plastik, terutama di Maluku Tenggara dan destinasi wisata,” kata Badan Promosi Pariwisata Maluku Tenggara Andi Abdul Rahman Aziz.

Hal tersebut diungkapkan olehnya dalam International Forum On Spice Route 2020 bertajuk “Celebrating Diversity and Intercultural Understanding Through Spice Route as One of the World’s Common Heritage”, Rabu (23/9/2020).

Andi melanjutkan, Pantai Ngurbloat sebagai salah satu tempat wisata unggulan di Maluku Tenggara telah mencanangkan agar seluruh kegiatan wisata di sana bebas plastik.

“Wisatawan tidak boleh bawa plastik. Sampah plastik ditiadakan, tidak ada yang bawa makanan dari luar. Kegiatan pariwisata di sana bebas plastik,” ungkap Andi.

Pada 2019, Andi menuturkan, Bupati Maluku Tenggara Thaher Hanubun beserta sejumlah pihak termasuk Dinas Lingkungan Hidup melakukan sebuah gerakan untuk mengurangi sampah plastik.

Adapun gerakan yang dimaksud adalah mereka memberikan 3.000 tumbler kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan siswa SD.

“Itu salah satu komitmen dari Maluku Tenggara untuk melawan sampah plastik,” ujar Andi.

Gerakan tersebut juga masuk dalam laporan Keterlibatan Publik sebagai Sumber Informasi dalam Menangani Isu Pembangunan dari Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dalam laporan yang Kompas.com dapat, dalam Penanganan Sampah Plastik di Pulau Kei Kecil Kabupaten Maluku Tenggara, gerakan bernama “Tumbler Masuk Sekolah” bertujuan untuk mengedukasi dan mensosialisasikan penanganan sampah plastik.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/24/121500527/pantai-ngurbloat-di-kepulauan-kei-tempat-wisata-tanpa-plastik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke