Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat di Kaltim yang Jadi Idaman Wisman Lihat Orangutan

KOMPAS.com - Hewan primata orangutan tersebar paling banyak di hutan Sumatera dan Kalimantan. Keunikan dan langkanya orangutan menjadi daya tarik wisatawan.

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) adalah salah satu daerah yang hingga kini masih memiliki habitat bagi orangutan.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, orangutan tak hanya menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan nusantara (wisnus), tetapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

Hasil pengamatannya sejauh ini, ada empat tempat, khususnya di Kaltim yang populer bagi wisman untuk melihat orangutan.

"Tidak akan pulang mereka sebelum bertemu orangutan. Kalau tidak ke Samboja, ke Berau, Prevab Mentoko, atau ke Wehea-Kelay," kata Sri dalam webinar Pengembangan Ekowisata Alam dan Primata di Bentang Alam Wehea-Kelay, Rabu (23/9/2020).

Tertarik denga tempat yang sering dikunjungi wisman untuk melihat Orangutan? Berikut Kompas.com rangkum empat tempatnya:

1. Samboja

Tempat ini didirikan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

BOSF Samboja memang dikenal sebagai rumah bagi satwa langka yang dilindungi negara karena kelangkaannya.

Wisatawan yang datang ke Samboja bisa melihat orangutan yang hidup bebas di hutan yang asli. Orangutan di sini tidak ditempatkan di jeruji besi atau ruang sempit.

Mereka dibiarkan bebas menikmati hutan, rindangan pohon, dan bergelantung di atas pohon. Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, tentunya berfoto dengan orangutan, meski dari jarak jauh.

Kamu bisa lihat tingkah laku orangutan yang lucu dan menggemaskan itu dan coba berinteraksi dengannya.

Lokasi BOSF Samboja berada tak jauh dari pusat kota Balikpapan, tepatnya di Jalan Balikpapan-Handil KM 44 RT 01, Kecamatan Margomulyo Samboja, Kaltim.

2. Kampung Merasa Berau

Masih di Kaltim tentunya, kamu bisa lihat Orangutan yang sering dikunjungi wisman, yaitu di Kampung Merasa Berau, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau.

Jarak tempuhn dari Tanjung Redeb sekitar satu setengah jam perjalanan darat. Untuk sampai ke lokasi konservasi orangutan yang berada di Pulau Bawan, kamu harus melanjutkan perjalanan laut dengan perahu dari Kampung Merasa.

Saat di perjalanan laut, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa gugusan tebing yang Instagramable.

Sampai di lokasi konservasi, kamu bisa lihat ada dua Orangutan. Namun, kamu tak bisa melihat dari jarak dekat, melainkan hanya jarak jauh.

3. Prevab Mentoko

Kawasan konservasi orangutan berikutnya adalah Taman Nasional Kutai (TNK) Prevab Mentoko di Kabupaten Kutai Timur.

Letaknya di Desa Swarga Bara Kabo Jaya Kecamatan Sangatta Utara. Wisatawan selalu datang ke sini setiap harinya baik wisnus maupun wisman.

Kamu bisa melihat aktivitas orangutan di tempat ini, mulai dari makan, tidur, dan bepergian berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya.

Hutan konservasi ini merupakan jenis hutan hujan atau hutan lindung. Tempat seperti ini amat digemari oleh Orangutan.

Tiket masuk ke Prevab Mentoko Rp 5.000 untuk hari biasa, dan Rp 7.500 untuk hari libur dan akhir pekan. Sementara itu, wisman dikenakan harga Rp 225.000 per orang pada hari libur dan Rp 150.000 per orang, hari biasa.

4. Wehea-Kelay

Tempat terakhir yang digemari wisman untuk melihat Orangutan adalah Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Wehea-Kelay di Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Berau, Kaltim.

Kawasan ini telah ditetapkan sebagai rumah untuk pelestarian satwa-satwa yang terancam punah, khususnya orangutan sejak 30 Juni 2015.

Ada sekitar 1.282 individu orangutan di Wehea-Kelay yang memiliki bentang luas mencapai 532.143 hektar.

Selain itu, tempat ini juga merupakan habitat bagi 713 jenis tumbuhan, 77 jenis mamalia, 270 jenis burung, 46 jenis reptil, 70 jenis amfibi, dan 44 jenis kupu-kupu.

Kamu bisa lihat tingkah laku orangutan yang menggemaskan. Sekaligus belajar budaya dari penduduk setempat yakni Dayak Wehea.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/25/150300227/4-tempat-di-kaltim-yang-jadi-idaman-wisman-lihat-orangutan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke