Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Paket Wisata di Desa Wisata Pentingsari, Mulai dari Rp 280.000

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki salah satu desa wisata yang telah dikenal luas baik nusantara maupun mancanegara. Nama desa wisata ini adalah Desa Wisata Pentingsari.

Lokasinya ada di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY. Desa ini menawarkan keindahan alam yang dibalut dengan keramah-tamahan warganya.

Menurut Marketing dan PIC Kegiatan Desa Wisata Pentingsari, Bayu Hindra Wijaya, desa ini memiliki daya tarik wisata karena letaknya berada di lereng Gunung Merapi.

"Desa kami berada di 11 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Suasana alamnya yang masih asri serta terdapat berbagai macam tumbuhan dan ramah-tamah penduduk ini lah yang paling utama menjadi daya tarik," kata Bayu ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Untuk aktivitas wisata, ia menerangkan bahwa wisatawan bisa melakukan beragam kegiatan menarik mulai dari wisata alam hingga budaya.

Rangkaian kegiatan tersebut pun dibagi menjadi beberapa paket wisata yang ditawarkan desa yang meraih penghargaan 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Berikut daftar paket wisata yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari beserta harganya.

Paket Live In

Paket kegiatan 2 hari 1 malam

Wisatawan yang mengambil paket Live In 2 hari 1 malam sudah bisa mendapatkan pengalaman berkesan berada di Pentingsari.

Pada saat datang, wisatawan akan disambut oleh tarian tradisional Jawa atau Punokawan. Setelah itu, akan dilakukan pembagian kamar homestay.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan dengan mengambil paket ini di antaranya eksplorasi alam desa mulai dari jelajah desa, workshop pertanian dan perkebunan, susur sungai, bajak sawah, tanam padi, tangkap ikan, dan bola lumpur.

Tak sampai di situ, wisatawan juga bisa mendapatkan aktivitas menarik eksplorasi seni budaya seperti belajar gamelan, kreasi janur, dan membuat wayang suket atau wayang rumput.

Harga paket Live In 2 hari 1 malam adalah Rp 280.000 per orang.

Paket kegiatan 3 hari 2 malam

Paket berikutnya yang ditawarkan adalah paket kegiatan 3 hari 2 malam. Hampir sama seperti paket sebelumnya, wisatawan juga akan disambut oleh tarian tradisional Jawa atau Punokawan pada saat kedatangan.

Kemudian, akan dilakukan pembagian homestay. Bedanya, terletak pada eksplorasi alam desa, wisatawan akan melakukan kegiatan jelajah desa, workshop pertanian dan perkebunan, perikanan, peternakan, susur sungai, bajak sawah, tanam padi, tangkap ikan dan bola lumpur.

Untuk eksplorasi seni budaya, kamu akan mendapatkan pengalaman membatik, belajar gamelan, tari tradisional, kenduri, kreasi janur, dan membuat wayang suket.

Tambahan eksplorasi dalam paket ini adalah eksplorasi ekonomi desa. Kamu akan diajak membuat tempe, kopi, jamur atau ubi, tanaman herbal hingga bakti sosial atau fun game.

Harga paket ini adalah Rp 425.000 per orang.

Paket kegiatan 4 hari 3 malam

Paket berikutnya, kamu bisa memilih paket kegiatan 4 hari 3 malam. Kamu akan disambut pada saat kedatangan ke Desa Wisata Pentingsari dengan tarian tradisional Jawa atau Punokawan.

Kemudian sama, akan dilanjutkan dengan pembagian homestay. Untuk eksplorasi alam desa, kamu akan diajak menjelajahi desa, workshop pertanian dan perkebunan, perikanan, peternakan, susur sungai, bajak sawah, tanam padi, tangkap ikan, dan bermain bola lumpur.

Sementara untuk eksplorasi seni budaya, kamu akan diajak belajar gamelan, tari, kenduri, membatik, kreasi janur, dan membuat wayang suket.

Kamu juga bisa menikmati eksplorasi ekonomi desa seperti membuat tempe, kopi, jamur atau ubi dan tanaman herbal.

Selain itu, akan ada kegiatan bakti sosial seperti penataan fasilitas umum atau bedah rumah atau penghijauan atau taman bacaan.

Ada pula kegiatan fun games yang bisa diikuti dalam paket ini mulai dari permainan outbound dan malam api unggun.

Berbeda dengan paket-paket sebelumnya, kamu bisa merasakan tambahan sensasi menjajal Lava tour Merapi. Kegiatan ini, kamu bisa menjelajah lereng Gunung Merapi dengan jeep off road.

Harga paket Live In 4 hari 3 malam yaitu Rp 700.000 per orang.

"Ketiga paket ini termasuk menginap di homestay, makan tiga kali sehari, fasilitator lokal, penggunaan aula dan sound system. Biaya berlaku untuk rombongan minimal 30 orang, dan sewaktu-waktu harga dapat berubah," jelas Bayu.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/25/172000527/daftar-paket-wisata-di-desa-wisata-pentingsari-mulai-dari-rp-280000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke