Salin Artikel

6 Tempat Wisata di Kediri yang Unik dan Instagramable

KOMPAS.com - Setelah Surabaya dan Malang, ada kota besar lain di Jawa Timur, salah satunya Kediri. Kota ini menyimpan banyak tempat wisata yang menarik.

Untuk sampai ke Kediri dari Jakarta, wisatawan bisa naik kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar delapan jam atau naik kereta api dari Stasiun Senen ke Stasiun Kediri dengan waktu tempuh sekitar 13,5 jam.

Ke depannya, wisatawan bisa mengunjungi Kediri melalui udara dengan pesawat. Pemerintah sedang membangun bandara internasional Kediri bekerja sama dengan PT Gudang Garam.

Bagi wisatawan, banyak tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Kediri. Ada juga tempat wisata alam yang tidak kalah menarik.

Kompas.com telah merangkum enam tempat wisata yang Instagramable di Kediri dan cocok dijadikan tujuan liburan:

1. Hutan Joyoboyo

Terletak di tengah kota, hutan yang berada di jalan Banjaran, Kota Kediri ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati rindangnya pepohonan besar sambil duduk santai di bangku taman yang tersedia.

Tempat parkir yang luas, dan sejuk membuat wisatawan nyaman dalam memarkirkan kendaraannya. Tak perlu khawatir, di sini juga ada pengawas keamanan bagi kendaraan.

Tersedia pula fasilitas umum, seperti toilet dan mushala. Pengunjung juga bisa berfoto di logo utama atau di lorong yang di sisi pinggirnya terdapat hiasan bercorak batik.

Selain itu, terdapat sky bridge yang mengitari hutan agar pengunjung bisa menikmati hutan dari atas.

Apabila pengunjung membawa anak-anak, Hutan Joyoboyo memiliki area bermain anak yang luas.

2. Desa Wisata Jajan Pasar Sor Pring

Tempat wisata unik ini juga biasa disebut Wisata Jajan Pasar Ndeso Sor Pring. Lokasinya ada di desa Ngadi, Mojo, Kabupaten Kediri.

Saat masuk, pengunjung akan langsung merasakan suasana pasar tradisional di tengah hutan yang ramai, beralas langsung dengan tanah, serta dikelilingi pepohonan tinggi dan rindang.

Setiap penjual mendapatkan tenda dari bambu. Mereka mengenakan busana tradisional khas adat Jawa. Hal ini membuat nuansa desa sangat kental.

Pengunjung bisa menikmati jajanan pasar tradisional, mulai dari dawet, jamu, papeda, jajan kerupuk, sego pecel, es jeruk, hingga kopi. Semuanya bisa dinikmati sambil duduk di bangku bambu atau pondok gazebo bersama keluarga atau kerabat.

Buka pukul 08.00-14.00 setiap Hari Minggu, pengunjung bisa jajan sambil diiringi lagu-lagu daerah. Untuk bernostalgia, pengunjung juga bisa bermain enggrang sambil mengenalkan permainan tradisional kepada anak-anak.


3. Kediri Memorial Park

Berada di depan taman makam pahlawan, jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No 93, Banjaran, Kota Kediri, taman ini bernuansa modern minimalis. Pada bagian depan taman, terdapat air mancur bertuliskan Kediri Memorial Park.

Pengunjung bisa bersantai di bangku taman yang dikelilingi pepohonan. Mereka juga bisa berfoto di taman instagramable ini. Bagi pengunjung yang menyukai konsep minimalis dan sederhana, disarankan siapkan memori untuk berfoto di segala sudut taman.

Taman ini juga menyediakan sejumlah sumber listrik untuk pengunjung yang ingin mengisi daya baterai smartphone-nya.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan taman ini, agar selalu menjadi taman yang nyaman!

4. Kampung Indian

Bagi yang mencari spot foto unik, pengunjung Kota Kediri bisa memilih Kampung Indian yang terletak di Sempu, Ngancar, Kediri.

Saat sampai di sana, pengunjung akan langsung disambut petugas dan diarahkan ke area parkir. Setiap mobil diberi pembatas berupa tiang bambu dan atap agar mobil tidak terjemur panas matahari.

Pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor juga akan diarahkan oleh petugas ke area parkir motor. Lahan parkir cukup luas, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan tempat.

Ada banyak properti agar foto menjadi lebih menarik. Ada topi prajurit, topi kepala suku, topi panglima, baju indian, senjata khas indian, hingga tata rias seperti orang indian.

Harga berkisar dari Rp 5.000-Rp 15.000 yang bisa disewa selama di area dengan waktu sepuasnya.

Setelah berdandan ala orang Indian, pengunjung bisa lanjut berfoto di spot-spot instagramable.

Pengunjung bisa berfoto di rumah tenda orang Indian, berfoto di samping patung orang Indian, atau sekadar cuci mata di taman yang dihiasi pernak-pernik aksesori Indian.

Uniknya, di Kampung Indian ini, rutin diadakan tarian Indian yang bisa diikuti bersama pengunjung.

Ada pula beragam fasilitas bermain untuk anak-anak, seperti jaring laba-laba, ayunan, dan jungkat-jungkit. Pengunjung juga bisa berbelanja oleh-oleh di Indian Gallery Shop.


5. Air Terjun Dolo

Kediri juga memiliki wisata alam yang menarik, yakni Air Terjun Dolo. Dengan biaya tiket masuk hanya Rp 7.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati segarnya air terjun.

Berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, akses ke air terjun sudah di diberi tangga, sehingga pengunjung tidak perlu melewati jalanan berlumpur yang licin.

Untuk sampai ke titik air terjun, pengunjung perlu menyiapkan energi cukup, karena perjalanan dari area parkir sampai ke air terjun cukup jauh.

Meski begitu, air yang jernih dan dingin akan membayar capek perjalanan pengunjung begitu sampai.

Pengunjung bisa bebas bermain air, berfoto, dan berenang di air terjun. Namun, jangan lupa tetap jaga kebersihan, sehingga air tetap bebas dari sampah.

Setelah bermain air, sebelum pulang pengunjung bisa makan terlebih dahulu di warung-warung yang ada di area parkir.

6. Tempat Wisata Sumber Ubalan

Desa Kalasan, Kecamatan Ploso, menyimpan tempat wisata yang tidak kalah menarik. Dengan tarif masuk Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 4.000 untuk anak-anak, pengunjung bisa menikmati banyak permainan di tempat wisata Sumber Ubalan ini.

Pengunjung juga bisa bersantai di pondok-pondok bersama keluarga. Bagi yang ingin mengadakan pertemuan, di sini juga ada aula yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/26/111200227/6-tempat-wisata-di-kediri-yang-unik-dan-instagramable

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.