Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naik Gunung Prau Bisa Lihat Gunung Sindoro dan Sumbing, Coba Lewat Igirmranak

Bagi kamu yang masih bingung memilih jalur pendakian yang pas untuk mencapai puncak gunung berketinggian 2.565 mdpl ini, salah satu jalur yaitu via Igirmranak bisa menjadi rekomendasi alternatif.

Alasannya, jalur ini masih sepi pendaki dan memiliki pemandangan Gunung Sindoro sepanjang pendakian.

Hal tersebut diceritakan oleh seorang pendaki bernama Adi Permana. Ia sudah merasakan langsung pendakian Gunung Prau via Igirmranak bersama 20 orang lainnya.

"Semua pemandangan selama perjalanannya itu adalah view Gunung Sindoro. Jadi dari awal basecamp sampai ke Pos 2 menuju Pos 3 itu pemandangan Gunung Sindoro," ucap Adi ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Rasa kagumnya akan keindahan pemandangan selama mendaki Gunung Prau via Igirmranak itu pun dituangkan melalui blog adipermana.com.

Menurut dia, pemandangan seperti ini mungkin yang menjadi daya tarik Igirmranak dari basecamp lainnya.

Namun sayang, ia mengakui bahwa jalur pendakian ini masih sepi. Bahkan saat itu, ia hanya melihat baru rombongannya lah yang mendaki.

"Jalurnya itu masih sepi banget dari pendaki. Waktu itu saya ke sana, cuman rombongan kita doang, ada 20 orang kalau gak salah. Terus suguhan pemandangannya selama perjalanan itu view Gunung Sindoro. Ini mungkin yang tidak ditawarkan sama jalur lain. Ada mungkin via Wates cuma di sana hanya sesekali terlihat," terangnya.

Rupanya, hal tersebut memang menjadi salah satu keunggulan dari jalur Igirmranak. Hal ini pun dikonfirmasi langsung oleh Ketua basecamp, Irfan.

"Salah satu keunggulan yaitu sunrise sepanjang jalur, jarak tempuh terjangkau dan view Gunung Sindoro di sepanjang jalur," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Dirikan tenda dan lihat Gunung Sindoro di Pos 3

Meski sepanjang jalur pendakian, pendaki akan disuguhkan pemandangan Gunung Sindoro, akan lebih indah lagi ketika sudah mendirikan tenda dan beristirahat.

Untuk merasakan pengalaman mendirikan tenda dengan latar belakang Gunung Sindoro, bisa kamu rasakan saat sampai di Pos 3 Bukit Roto Dowo.

Menurut Adi, pos pendakian ini lah yang paling cocok untuk mendirikan tenda. Meski demikian, di sini tidak ada sumber air.

Oleh karena itu, saran dia, para pendaki sebaiknya sudah memastikan membawa perbekalan air yang cukup ketika sampai di Pos 3.

Angin yang kencang bisa saja menerpa tendamu. Saran dia, pilihlah lokasi yang sedikit tertutup agar terpaan angin tak terlalu besar.

Usai mendirikan tenda dengan aman dan nyaman, kini kamu tinggal menikmati suguhan pemandangan Gunung Sindoro di depan mata.

Adi mengatakan, tak hanya Gunung Sindoro yang akan terlihat jelas. Pada saat sunrise dan cuaca cerah, pendaki bisa lihat dengan jelas gunung di belakang Sindoro, yaitu Gunung Sumbing.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/27/074000127/naik-gunung-prau-bisa-lihat-gunung-sindoro-dan-sumbing-coba-lewat-igirmranak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke