Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harapan Sejumlah Tokoh Indonesia di World Tourism Day, Bangkit Usai Covid-19

KOMPAS.com - Sejumlah tokoh pemerintah, baik pusat maupun daerah memberikan ucapan Selamat Hari Pariwisata Sedunia 2020 yang jatuh pada Minggu (27/9/2020).

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah menjadi pesan dan harapan dari sejumlah tokoh yang terdiri dari anggota DPR, gubernur, bupati setiap daerah, dan Duta Besar RI China.

Semua tokoh tersebut sepakat mengatakan pariwisata akan bangkit setelah pandemi Covid-19 selesai.

Pesan dan harapan pertama datang dari Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, yakni tema Hari Pariwisata Sedunia tahun ini yaitu Tourism and Rural Development diyakini mampu berkembang pesat dan menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia dan Indonesia kepada semua insan pariwisata. Pariwisata Indonesia akan segera bangkit dan pasti akan bangkit dengan cepat setelah pandemi berlalu," kata dia.

Pernyataan itu Djauhari sampaikan dalam webinar World Tourism Day 2020 bertema Tourism and Rural Development yang disiarkan di channel Youtube Yayasan World Tourism Day Indonesia, Minggu (27/9/2020).

Ia melanjutkan, wisatawan dari China sangat menantikan dapat berkunjung kembali ke Indonesia.

Untuk itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di China, Kedutaan Jenderal RI (KJRI) di Shanghai, dan KJRI Guangzhou selalu siap mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat China.

Tokoh berikutnya adalah Desy Ratnasari dari Komisi X DPR RI yang juga mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia 2020. Pesan khusus yang ia sampaikan adalah agar pariwisata dapat bergerak maju di era adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

"Semoga sektor pariwisata Indonesia cepat bangkit. Salam sehat, tetap semangat, memberi manfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Tokoh ketiga yaitu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Selain mengucapkan mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia 2020, ia berpesan agar pariwisata tidak boleh menyerah, meski dilanda pandemi Covid-19.

"Justru pandemi ini harus kita jadikan sebagai tantangan baru untuk ditaklukkan bersama. Tentunya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, terutama saat berwisata. Mari disiplin dan ayo bangkit, Insyaallah bisa," harap Gubernur Irwan.

Keempat, ada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Pesan terkait pandemi Covid-19 ia sampaikan bersama dengan ucapan selamat Hari Pariwisata Dunia 2020.

Menurut dia, saat ini pandemi Covid-19 menyerang sektor pariwisata, baik Indonesia maupun dunia. Namun, Bangka Belitung sangat berkeyakinan bahwa dengan berpikir positif dan bekerja keras, pandemi Covid-19 bisa dilewati.

"Dengan disiplin protokol pencegahan Covid-19, mari tetap sematkan semangat jangan menyerah dalam diri kita untuk pariwisata Indonesia yang lebih maju dan lebih baik, sukses selalu," ujar Erzaldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau biasa disapa Cok Ace juga turut mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia di tengah pandemi Covid-19.

Hari Pariwisata Dunia ini, kata dia, merupakan momentum yang sangat baik dan tepat bagi semua pihak untuk mengevaluasi kembali arah pembangunan pariwisata ke depan.

"Semoga pandemi Covid-19 ini segera bisa berakhir dan berlalu dan kita bisa kembali membangun pariwisata sebagaimana pernah mengalami masa-masa kejayaan sebelumnya," harap Cok Ace.

Selanjutnya ada Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa sektor pariwisata memiliki bukti dapat mengubah dunia dan memiliki peran atau kontribusi yang besar dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

"Saya sangat mengharapkan pariwisata tidak boleh hancur. Pariwisata harus tetap bangkit dengan segala kondisi, termasuk pariwisata tetap hadir dengan memenuhi standar protokol kesehatan," tuturnya.

Setelah itu ada Bupati Pacitan Indartato. Ia menyampaikan pesan khusus bahwa pandemi Covid-19 merupakan tantangan baru dunia pariwisata untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengelola pariwisata, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Semoga pariwisata mampu mendatangkan perubahan dan masa depan yang lebih baik," kata dia.

Terakhir, ada Bupati Morotai, Benny Laos yang menyampaikan ucapan Selamat Hari Pariwisata Dunia 2020.

Ia menuturkan, pandemi Covid-19 merupakan bencana non-alam yang menghantam pariwisata dunia, termasuk Indonesia.

"Pada momentum Hari Pariwisata Sedunia tanggal 27 September, mari semua bersatu melawan pandemi dan menuju pariwisata dengan era baru yang akan menjadikan masyarakat seluruh dunia, khususnya Indonesia menjadi lebih baik, bahagia, sejahtera, dan maju," ujar Benny.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/27/143100827/harapan-sejumlah-tokoh-indonesia-di-world-tourism-day-bangkit-usai-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke