Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Festival Cahaya Makau Digelar Saat Pandemi, Ada Tempat Baru untuk Pertunjukan

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, penduduk dan pengunjung dapat menikmati kemegahan kota yang diterangi oleh instalasi cahaya, pertunjukan pemetaan proyeksi cahaya.

Kemudian, permainan interaktif di sepanjang empat rute yang ditentukan di berbagai titik di Semenanjung Macao dan Taipa.

Macao Light Festival juga menggelar pertunjukan megamapping di Tap Seac Square untuk pertama kalinya dengan latar belakang empat arsitektur bersejarah, rangkaian proyeksi pemetaan dan musik akan menjadi pengalaman unik memesona bagi semua orang.

Direktur Macao Government Tourism Office (MGTO) Maria Helena de Senna Fernandes mengungkapkan, MGTO berupaya keras untuk terus mengoptimalkan program acara sejak peluncuran Festival.

Dengan harapan, hal ini dapat memberi kejutan kepada warga serta pengunjung dengan ekstravaganza cahaya yang menakjubkan setiap tahunnya.

Senna mengungkapkan, karenakan pandemi, beberapa rangkaian acara besar dibatalkan atau ditunda pada tahun ini. Namun, ketika situasi berangsur-angsur stabil, MGTO bersiap untuk pengaturan ulang acara.

"Macao Light Festival, yang semula diadakan setiap Desember, sekarang dijadwalkan lebih awal dan diresmikan pada akhir September sebagai acara pemanasan untuk sekali lagi menyambut pengunjung," kata Senna Fernandes.

Festival ini akan menampilkan Tap Seac Square sebagai tempat utama baru pertunjukan, dengan menawarkan potensi kreatif yang lebih luas untuk dimanfaatkan oleh tim lokal.

Serangkaian program acara juga akan menjangkau komunitas, termasuk event cahaya yang diadakan oleh organisasi komunitas lokal yang memeriahkan festival dengan warna-warna cerah.

Komunitas bisnis yang terlibat digerakkan oleh organisasinya untuk dapat ikut berpartisipasi, yang pastinya akan memberikan dorongan baru untuk kebangkitan ekonomi komunitas.

Macao Light Festival mendatang akan menggelar pertunjukan pemetaan di lima atraksi ikonik, seperti pertunjukan pemetaan spektakuler yang mempesona di Tap Seac Square untuk pertama kalinya.

Dengan tema “Color is…”, pertunjukan ini diproyeksikan pada empat bangunan arsitektur bersejarah termasuk the buildings of Cultural Affairs Bureau, Tap Seac Health Centre, Macao Central Library dan Archives of Macao.

Melukis goresan cahaya di atas kanvas yang megah, pertunjukan tersebut akan menyampaikan berbagai ekspresi warna dalam berbagai gaya karya seni.

Pertunjukan pemetaan ini juga akan dipentaskan di Macao (Yat Yuen) Canidrome dan restoran Cozinha Pinocchio Taipa di Largo dos Bombeiros di Desa Taipa seperti di festival sebelumnya.

Dua tempat baru lainnya akan ditambahkan, termasuk China Products Company di Largo do Pagode do Bazar dan Perpustakaan Anak Wong Ieng Kuan di Areia Preta Urban Park.

Pertunjukan pemetaan di China Products Company akan mengingatkan pengunjung akan budaya Macao di masa lalu.

Macao Light Festival 2020 diresmikan dengan upacara pembukaan di Tap Seac Square pada malam 26 September 2020.

MGTO memperhatikan situasi terkini terkait pandemi COVID-19, serta membuat pengaturan waktu yang tepat untuk semua pertunjukan dan kegiatan sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh Biro Kesehatan.

Jika terjadi kondisi cuaca buruk, penyesuaian akan dilakukan pada program acara.

https://travel.kompas.com/read/2020/09/28/093900527/festival-cahaya-makau-digelar-saat-pandemi-ada-tempat-baru-untuk-pertunjukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke