Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Wisata ke Abu Dhabi Saat Pandemi, Wajib Pakai Gelang Elektronik

Kendati demikian, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan para pelancong untuk berkunjung ke salah satu wilayah Uni Emirat Arab itu.

Melansir Lonely Planet, Senin (21/9/2020), para pelancong diwajibkan mengenakan gelang elektronik untuk mendukung aturan karantina selama 14 hari bagi wisatawan yang baru tiba.

Adapun aturan tersebut juga telah diumumkan oleh maskapai penerbangan Etihad Airways, bahwa penumpang yang tiba di Abu Dhabi harus memakai gelang elektronik.

Lalu, apa saja syarat untuk berwisata ke Abu Dhabi di masa pandemi Covid-19? Berikut Kompas.com telah merangkum syarat-syaratnya.

Tes Covid-19 PCR

Seluruh penumpang pesawat yang masuk ke UEA, harus sudah memiliki dokumen hasil tes PCR negatif.

Dokumen tersebut harus diperoleh sebelum terbang di negara asal. Para penumpang pesawat telah diwajibkan melakukan PCR, 96 jam sebelum waktu keberangkatan.

Hal ini diwajibkan bagi seluruh pelancong yang ingin masuk ke wilayah-wilayah UEA.

Turun di bandara melalui suhu tubuh dan kembali tes Covid-19

Pada saat tiba di bandara UEA, para pelancong akan melalui sensor suhu tubuh dan selanjutnya akan melakukan tes Covid-19 kembali.

Adapun tes ini statusnya wajib dan harus dijalankan seluruh wisatawan atau penumpang pesawat di bandara kedatangan.

Memakai gelang elektronik dan karantina 14 hari

Setelah selesai menjalankan tes Covid-19 di bandara, para penumpang pesawat atau wisatawan UEA harus melaksanakan karantina selama 14 hari di rumah masing-masing.

Selain itu, para penumpang juga wajib mengenakan gelang elektronik yang diberikan petugas bandara kedatangan.

Hal ini guna melacak keberadaan wisatawan selama karantina menunggu hasil tes Covid-19 keluar.

Uni Emirat Arab memang dikenal sudah menerapkan prosedur yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke wilayahnya.

Hal ini sudah dilakukan dari pintu masuk bandara internasionalnya. Mulai dari anjing penjaga yang khusus dilatih dan diturunkan untuk mendeteksi Covid-19 pada penumpang.

Tak hanya itu, maskapai penerbangan Etihad, juga menjamin akan menanggung biaya, jika ada penumpangnya yang didiagnosis Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/01/092000127/syarat-wisata-ke-abu-dhabi-saat-pandemi-wajib-pakai-gelang-elektronik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke