Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Berkunjung ke Silancur Highland, Wisata Hits di Magelang

Lokasi tempat wisata berkonsep alam ini tepatnya berada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Keindahan bentang alam di kaki Gunung Sumbing menjadi daya tarik utama Silancur Highland. Selain itu, bukit berketinggian 1.300 mdpl ini juga menawarkan keunggulan yaitu Golden Sunrise yang bisa langsung dinikmati pengunjung.

Siapa saja yang berkunjung akan menikmati panorama indah, berbalut hawa dingin khas Kabupaten Magelang.

Silancur Highland juga terkenal sebagai salah satu spot wisata selfie di Magelang. Oleh karena itu, sebelum berkunjung, jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi yaitu kamera atau gadget.

Jika berencana mengunjung Silancur Highland, simak dulu tipsnya berikut ini

Pastikan kendaraan kuat menanjak

Lokasi Silancur Highland berada di dataran tinggi tepatnya ketinggian 1.300 mdpl, di kaki Gunung Sumbing. Oleh karena itu, tips pertama untuk berkunjung ke tempat ini adalah kesiapan kendaraan.

Akan ada banyak tanjakan yang akan kamu lalui selama perjalanan menuju SIlancur Highland. Kondisi jalan seperti ini membutuhkan kendaraan yang kuat menanjak, baik motor atau pun mobil.

Sebelum berangkat, kamu bisa memastikan terlebih dahulu kendaraanmu untuk bisa melalui trek menanjak. Jika kendaraan belum siap, kamu bisa lakukan servis terlebih dahulu.

Waspada rem blong bagi kendaraan matic

Kondisi jalan yang menanjak pada saat berangkat, tentu akan berbeda pada saat pulang. Kamu akan melalui jalanan yang menurun ketika pulang dari Silancur Highland.

Bagi kamu pengguna kendaraan matic, turunan seperti ini harus menjadi perhatian khusus. Oleh karena itu, akan lebih baik jika behenti sejenak setelah beberapa jauh melewati jalan menurun.

Hal tersebut untuk mendinginkan rem kendaraan. Di sisi lain, kamu juga bisa memanfaatkan waktu berhenti untuk menikmati pemandangan.

Membawa kamera

Oleh karena terkenal sebagai wisata alam sekaligus wisata selfie di Kabupaten Magelang, maka kamu wajib membawa kamera atau gadget untuk mengabadikan momen wisata di Silancur.

Bagi kamu yang memiliki kamera drone, juga disarankan untuk membawanya. Hal ini agar bentang alam sekitar Silancur Highland dapat terabadikan dengan jelas secara keseluruhan.

Kamera drone dapat terbang di udara, sehingga bentang alam seperti persawahan, rumah penduduk, hingga panorama Gunung Sumbing dapat terlihat.

Namun, membawa kamera biasa atau gadget pun juga sudah cukup untuk menikmati foto ala-ala Instagramable di Silancur. Cukup atur angle yang tepat untuk dapat menghasilkan foto terbaik.

Tidak membawa kamera, bawa flash disk

Bagi kamu yang tidak memiliki kamera, atau handphone yang tidak memadahi untuk fotografi apik, tidak perlu khawatir.

Kamu cukup membawa flash disk saat berkunjung ke Silancur Highland. Flash disk tersebut dapat kamu gunakan untuk menyimpan hasil foto dari jasa fotografer di Silancur.

Perlu diketahui, ada beberapa jasa foto yang telah disiapkan pengelola untuk melayani pengunjung.

Mau dapat sunrise, cobalah menginap atau camping

Salah satu daya tarik Silancur Highland adalah Golden Sunrise-nya. Hal tersebut diutarakan owner Silancur Highland, Jarwo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Oleh karena itu, untuk dapat menikmati sunrise, pengunjung disarankan mendirikan tenda sehari sebelumnya atau malam sebelumnya.

Pengunjung dapat berkemah atau camping di bukit ini. Hal ini juga sudah biasa dilakukan para pengunjung yang memang mengincar Golden Sunrise.

Adapun biaya menginap atau camping di Silancur Highland adalah Rp 15.000 per orang. Jangan lupa siapkan kopi pagimu untuk menemani momen Golden Sunrise di tenda.

Datang saat cuaca cerah

Terletak di atas bukit berketinggian 1.300 mdpl, Silancur Highland merupakan tempat yang tepat untuk melihat panorama Gunung Sumbing dan gunung lain di sekelilingnya.

Namun, pemandangan seperti ini hanya bisa dilihat ketika cuaca sedang cerah-cerahnya. Saat cerah, pemandangan akan lebih indah.

"Saat pemandangan terlihat cerah, ada awan biru, dan nampak gunung-gunung," kata Jarwo.

Untuk itu, kamu bisa datang pada saat cuaca cerah yang biasa terjadi di musim kemarau. Antara Mei hingga September merupakan musim kemarau.

Namun, pemandangan kabut atau mendung bisa saja kamu dapatkan jika berkunjung pada musim hujan yaitu antara November hingga April.

Datang pagi hari dan sore hari

Ada waktu terbaik untuk berkunjung ke Silancur Highland, salah satunya adalah waktu pagi dan sore hari.

"Waktu yang tepat untuk berkunjung yakni pagi hari saat matahari mulai terbit, dan sore hari juga saat menjelang petang," ujarnya.

Pemandangan di waktu-waktu tersebut biasanya terlihat cerah, terutama pada pagi hari. Kamu bisa menikmati pemandangan keseluruhan dengan jelas jika datang pada pagi.

Namun, pemandangan sunset yang tidak kalah menarik juga bisa kamu dapatkan saat berkunjung menjelang petang.

Patuhi protokol kesehatan

Terakhir, karena masih masa pandemi, tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung Silancur Highland wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

Pengunjung wajib mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer, dan selalu menjaga jarak.

Hal ini untuk kesehatan, kebersihan, dan keselamatan dirimu dan orang lain dari wabah Covid-19 yang masih menyebar.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/01/161900027/8-tips-berkunjung-ke-silancur-highland-wisata-hits-di-magelang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke