Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas di Silancur Highland Magelang, Hunting Foto hingga Camping

Biasanya wisatawan akan mengabadikan nuansa keindahan alam pegunungan dalam foto atau pun video.

Nah, jika sedang di Magelang, kamu bisa mencoba melakukan aktivitas tersebut dengan mengunjungi salah satu tempat wisata yaitu Silancur Highland.

Lokasinya berada tepat di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Silancur Highland merupakan sebuah bukit berketinggian 1.300 mdpl.

Oleh karena letaknya berada di ketinggian bukit, maka bentang alam sekitarnya akan jelas terlihat.

Namun, masih banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan jika berkunjung ke Silancur Highland.

Ingin berkunjung ke tempat wisata berkonsep alam ini? Coba simak beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan berikut ini

1. Hunting foto di alam bebas

Menurut owner Silancur Highland, Jarwo, aktivitas menarik yang biasanya dilakukan para pengunjung adalah hunting foto.

Berburu foto di Silancur Highland menjadi pilihan tepat saat berkunjung. Terutama bagi kamu pencinta fotografi di alam bebas.

"Salah satu aktivitas menariknya di sini itu hunting foto di alam bebas, karena lokasinya ada di kaki Gunung Sumbing," kata Jarwo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/9/2020).

Bentang alam sekitar Silancur Highland berupa persawahan, pegunungan dan rumah-rumah penduduk menjadi perpaduan apik di fotomu.

Terlebih jika kamu datang pada pagi hari yang cerah. Momen matahari terbit akan menambah indah warna dalam fotomu.

Selain itu, awan berwarna biru akan terlihat jika cuaca cerah, dan pemandangan gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telomoyo.

Untuk obyek menariknya bukan hanya itu. Agar menambah kesan seperti piknik dan bersantai, pihak pengelola menyediakan beberapa spot foto menarik mulai dari ayunan, meja hingga kursi.

Pengunjung juga bisa berfoto di taman bunga warna-warni yang menjadi salah satu daya tarik Silancur Highland.

2. Berkemah

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan berikutnya adalah berkemah atau camping. Saat berkunjung ke Silancur Highland, biasanya wisatawan akan melihat banyak tenda-tenda berdiri di atas bukit.

Tenda-tenda tersebut digunakan para pengunjung untuk bermalam di Silancur. Mereka memilih untuk bermalam di sana dan menikmati suasana berkemah seperti di gunung.

Bagi kamu yang rindu mendaki gunung namun masih ragu, berkemah di Silancur Highland bisa menjadi alternatifnya.

Jika ingin berkemah atau bermalam di Silancur Highland, kamu cukup membayar biaya camping yaitu Rp 15.000 per orang.

Jangan khawatir, kamu tidak akan merasa sendirian karena banyak pengunjung lain melakukan aktivitas serupa.

Keunggulan menginap atau camping di Silancur yaitu pada pagi hari bisa melihat Golden Sunrise, andalan tempat wisata ini.

Untuk itu, bagi pencinta atau pemburu sunrise, berkemah bisa menjadi pilihan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Silancur Highland.

3. Melepas penat di sore hari

Jika kamu warga Magelang, Yogyakarta dan sekitarnya, Silancur Highland bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas penat di sore hari.

Lokasi yang tidak begitu jauh dari Magelang dan Yogyakarta juga menjadi alasan untuk bisa berkunjung ke tempat wisata ini.

Setelah seharian bekerja, menjelang sore hari, kamu bisa arahkan kendaraan ke lokasi Silancur Highland.

Suasana sore hari di sini begitu apik jika langit sedang cerah. Sore menjelang petang, kamu bahkan bisa menantikan momen sunset yang juga tidak kalah menarik dari golden sunrise Silancur Highland.

Bentang alam Kabupaten Magelang berupa persawahan dan pegunungan, dijamin akan menyegarkan matamu dan refreshing dari rasa lelah.

Cukup keluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang untuk dapat menikmati santai sore berbalut suasana alam Silancur Highland.

4. Piknik ceria

Bingung ingin berwisata di akhir pekan. Silancur Highland bisa menjadi alternatif pilihannya. Kamu bisa menghabiskan akhir pekan dengan piknik di sana.

Jika kamu tidak ada waktu untuk menginap semalam di Gardu Pandang Silancur, cara yang paling tepat adalah manfaatkan waktu beberapa jam liburan dengan piknik.

Kamu bisa mengajak serta orang-orang terkasih misalnya keluarga, teman, bahkan pasangan. Jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah untuk makan bersama di Silancur.

Tidak usah khawatir pula jika lupa membawa bekal dari rumah. Kamu bisa membeli makanan dan minuman di warung yang ada di area wisata.

5. Menikmati pemandangan

Hal yang paling sering dan mudah dilakukan adalah duduk-duduk santai melihat pemandangan Silancur Highland.

Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya ingin menikmati pemandangan memesona yang ditawarkan Silancur Highland.

Adapun pemandangan yang dapat dilihat di sini mulai dari pesona lima gunung, hamparan sawah dari atas ketinggian, dan rumah-rumah warga.

Bukan hanya pagi, siang atau sore hari. Malam harinya, pemandangan akan semakin menarik kala kamu melihat Silancur Highland seolah berhias bintang-bintang di langit.

Selain itu, gemerlapnya lampu kota Magelang semakin menambah indah malam harimu di Silancur.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/02/102000227/5-aktivitas-di-silancur-highland-magelang-hunting-foto-hingga-camping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke