Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Glamping di Bogor, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

KOMPAS.com – Ada beberapa tempat glamping di Bogor yang dapat dikunjungi jika ingin merasakan pengalaman bermalam yang unik dan berbeda.

Adapun glamping atau glamorous camping bisa menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin ingin menjajal rasanya berkemah, tetapi tak ingin ribet.

Bogor tak hanya memiliki sejumlah tempat glamping menarik dan dekat dari ibu kota, tetapi juga menghadirkan panorama alam yang mengagumkan dan masih asri.

Udaranya yang sejuk dan segar membuat beraktivitas di kawasan ini sempurna untuk mengisi akhir pekan atau staycation di hari lainnya.

Tempat glamping di Bogor

Berikut 10 tempat glamping di Bogor yang dapat menjadi pilihan untuk berlibur, seperti dirangkum oleh Kompas.com:

The Highland Park berada di kaki Halimun Gunung Salak, tepatnya di Jalan Ciapus Curug Nangka, Kp Sinarwangi, Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Jika menjajal glamping di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah, udara sejuk, dan hamparan bintang di langit saat malam hari.

Selain menghilangkan penat dari hiruk pikuk kota,The Highland Park juga cocok untuk family gathering, corporate outing, meeting, dan training..

Tempat ini menghadirkan glamping dengan konsep bernuansa gabungan kultur barat dan timur, seperti Apache camps, Mongolia Camps, Standar Camp, Superior Camp, Tree House, Barrack Standard, Barrack Superior, dan Barrack Apache.

Tersedia pula fasilitas, seperti meeting room, ballroom, outbound, equestarian club, edu-camp, golf, mini-zoo, dan waterboom.

Tarifnya beragam, sesuai tipe kamar yang dipilih. Apache Camp seharga Rp 1,8 juta per malam untuk maksimal empat orang, Standard Camp Rp 2 juta per malam untuk maksimal enam orang, serta Superior Camp Rp 2,25 juta per malam untuk maksimal enam orang.

Selanjutnya, Deluxe Camp seharga Rp 2,5 juta per malam untuk maksimal empat orang dan Tree House seharga Rp 3 juta per malam untuk maksimal enam orang.

Harga tersebut sudah termasuk pajak, layanan, dan sarapan untuk dua orang.

Ada pula kamar dengan kapasitas besar, seperti Barrack Standard seharga Rp 3,5 juta per malam untuk maksimal 10-20 orang, Barrack Superior Rp 4,5 juta per malam maksimal 10-25 orang, dan Barrack Apache Rp 5,5 juta per malam maksimal 10-35 orang.

Harga sudah termasuk pajak, layanan, dan sarapan untuk 10 orang. Harga-harga tersebut juga sudah lengkap dengan fasilitas TV, AC, WiFi, parkir gratis, dan berenang.

Forrester Glamping Co berada di kawasan Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Daya tarik utama dari Forrester Glamping Co adalah fasilitas antar jemput dari titik jemput dengan mobil off-road, api unggun, dan barbeku.

Berada di bawah kaki gunung, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Salak sekaligus menghirup udara segar dan sejuk. Wisatawan juga bisa bermain ke air terjun yang berada tak jauh dari lokasi kemah.

Menginap di Forrester Glamping Co, harganya berkisar Rp 450.000 per orang dan Rp 350.000 untuk anak-anak usia dua hingga 12 tahun.

Harga tersebut sudah termasuk fasilitas antar jemput, tenda lengkap dengan tempat tidur, sarapan dan makan malam, serta api unggun dan barbekyu.

Glamping di Forrester Glamping Co tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Leuweung Geledegan Ecolodge berada di bawah kaki Gunung Salak pada ketinggian 740 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ini bisa menjadi pilihan tempat glamping di Bogor yang cocok untuk menghabiskan waktu luang di akhir pekan. 

Beberapa fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, restoran, ruang pertemuan, outbound, dan halaman luas plus permainan anak.

Selama masa PSBB, kolam renang dibuka pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-18.00 WIB. Namun, jam bukanya dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga kamar jenis Executive Lodge adalah Rp 1,2 juta per malam untuk dua orang, kamar Lodge B seharga Rp 1,65 juta per malam untuk maksimal lima orang, dan kamar Lodge C seharga Rp 1,85 juta per malam untuk maksimal enam orang. Tersedia sarapan buffet di restoran pada pukul 06.00-10.00 WIB.

4. Puncak Langit Glamping

Puncak Langit Glamping berada di kawasan Puncak Megamendung Cisarua, tepatnya di Jalan Cipendawa, Bojong Koneng, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Selain menjadi pilihan tempat glamping di Bogor, tempat ini menawarkan panorama alam yang indah dari ketinggian, lengkap dengan spot foto Instagramable, panahan, organ tunggal, dan kambing guling.

Pengunjung juga dapat bermain ke Curug Pengantelan tak jauh dari lokasi kemah.

Di Puncak Langit Glamping Ground, tersedia camping dengan tenda dan dalam kamar. Untuk camping dengan tenda, ada fasilitas lengkap, seperti toilet, tempat salat, akses listrik, dan dapur umum.

Harga paket camping dengan konsumsi dibanderol Rp 330.000 per orang, sudah termasuk tiket masuk, tenda glamping, tiga kali makan, satu kali camilan, serta parkir. Tarif ini bisa didapatkan dengan memesan minimal untuk 10 orang.

Ada pula paket glamping dengan harga Rp 250.000 per dua orang, sudah termasuk tiket masuk tenda, tiga kali makan plus camilan, dan parkir. Sedangkan glamping untuk kapasitas empat orang dikenakan biaya Rp 600.000.

Ada pula jenis kamar Pinus dengan kamar mandi luar seharga Rp 300.000 dan kamar mandi dalam seharga Rp 400.000. Harga sudah termasuk tiket masuk untuk dua orang, kasur, televisi, dan minuman.

Sementara tiket wisata dibanderol Rp 15.000 dan tiket camping Rp 60.000, sudah termasuk asuransi.

Pengunjung juga dapat menginap dengan tenda yang dibawa sendiri dan dikenai biaya sebesar Rp 60.000 per orang.

Fasilitas lain dikenakan biaya terpisah, seperti aula Rp 150.000 per hari, api unggun lengkap dengan alat barbeku Rp150.000 per malam, serta parkir motor dan mobil Rp 5.000.

Untuk tarif harga terbaru, dianjurkan untuk menghubungi pihak pengelola dan menanyakan tarif kamar sesuai kebutuhan rombonganmu.

Wonderful Citamiang terletak di Jalan Ciliwung, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Daya tarik utama dari Wonderful Citamiang adalah lokasinya di titik kilometer nol Sungai Ciliwung. Selain menjadi pilihan tempat glamping di Bogor, pengunjung juga dapat menelusuri pinggiran sungai dan trekking ke kebun teh.

Tersedia fasilitas, seperti parkiran, restoran, WiFi, taman, dan kolam renang. Tempat ini masih tergolong baru, pihak pengelola sedang dalam proses pembangunan ruangan baru.

Tersedia pilihan glamping dengan tenda maupun kamar, yaitu Wonderful Camp, Pinus Room, Cendana Room, Damar Room, dan Wonderful Room.

Damar Room dibanderol Rp 438.000 per dua orang untuk hari biasa dan Rp 638.000 untuk akhir pekan. Sementara Wonderful Pinus dibanderol Rp 1,43 juta per enam hingga delapan orang untuk hari biasa dan Rp 2,03 juta untuk akhir pekan.

Adapun tarif Camp dibanderol Rp 588.000 per empat hingga enam orang untuk hari biasa dan Rp 888.000 untuk akhir pekan, sedangkan Pinus Room dibanderol Rp 788.000 per empat hingga enam orang untuk hari biasa dan Rp 1,8 juta untuk akhir pekan.

Gunung Geulis Camp juga bisa menjadi pilihan tempat glamping di Bogor, tersedia berbagai pilihan antara lain tenda halimun, tenda dome, pondok dempo, dan pondok kerinci.

Stralight package (full board) dibanderol Rp 325.000 per hari, sudah termasuk tiga kali makan, dua kali camilan dan teh atau kopi, air mineral sepuasnya, serta fasilitas Gunung Geulis Nature Park.

Sementara Sunshine Package (kamar dan sarapan) dibanderol Rp 550.000 per hari untuk Halimun dan Rp 450.000 per haro untuk Dempo.

Tarif sudah termasuk sarapan dua orang, air mineral sepuasnya, kasur ekstra, serta fasilitas Gunung Geulis Nature Park.

Sedangkan Moonlight Package dibanderol Rp 600.000 per hari untuk dua orang, dengan fasilitas lengkap yang sama.

Herman Lantang Camping Ground berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, tepatnya di Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat.

Pilihan tempat glamping di Bogor ini adalah milik Herman Onesimus Lantang, seorang legendaris dalam dunia pencinta alam.

Berada di kawasan taman nasional dan dekat dengan Curug Nangka, Curug Daun, dan Curug Kawung, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dan udara segar nan menyejukkan.

Pada pagi hari, pengunjung bisa bermain ke curug. Sementara pada malam harinya, pengunjung dapat menikmati api unggun dan barbeku.

Untuk menginap di sini pada masa pandemi, sedang ada promo sebesar Rp 550.000 per malam, sudah termasuk tiket masuk dan sarapan maksimal empat orang. Bila bukan dalam satu keluarga, maksimal dua orang.

Fasilitas yang tersedia di sana, antara lain area parkir, toilet, kamar mandi, listrik, serta teh dan kopi.

Pondok Rasamala berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, tepatnya di Jalan Raya Gunung Bunder, Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Desa Pamijahan, Kabupaten Bogor Barat.

Pilihan tempat glamping di Bogor ini terletak pada ketinggian 1000-1200 mdpl, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan gunung yang hijau dan menghirup udara sejuk nan menenangkan.

Selain pemandangan indah, pengunjung juga dapat melakukan team building, paint ball, the jungle war and survival, war bow archery, fun games, barbeku, family gathering, organ tunggal, outbound, hingga karaoke.

Penginapan di Pondok Rasamala terbagi menjadi dua, yakni tipe vlla dan tipe Glamping. 

Glamping untuk empat orang dibanderol seharga Rp 2,05 juta sudah termasuk sarapan dan dua tempat tidur.

Sedangkan glamping untuk enam orang dibanderol Rp 2,6 juta, glamping untuk delapan orang dibanderol Rp 3,1 juta, sementara glamping untuk 10 orang dibanderol seharga Rp 3,5 juta. Jumlah tempat tidur disesuaikan dengan jumlah tamu.

Jika kamu membawa tempat sendiri, tarif campsite Rp 1,5 juta, sudah termasuk fasilitas kamar mandi.

Sementara menginap di campsite dengan jumlah empat orang, tarifnya Rp 2,05 juta sudah termasuk tenda, kamar mandi, dan sarapan.

Dalam masa pandemi, Pondok Rasamala tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan bagi setiap tamu maupun petugas pihak pengelola.

The Carpenter Outdoor terletak di Gunung Pancar, tepatnya di Jalan Tegaluhur, KarangTengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Beragam aktivitas dapat dilakukan di The Carpenter Outdoor, mulai dari outbound, api unggun, barbekyu, trekking, main di air terjun, hingga paintball.

Glamping di The Carpenter Outdoor dibanderol mulai dari Rp 450.000 per malam per orang dengan kapasitas enam orang. lalu, family glamping seharga Rp 1,5 juta per tenda.

Harga tersebut sudah termasuk kasur dan bantal, listrik, lampu dalam dan luar, meja dan kursi makan, api unggun, alat panggang, serta trekking hutan pinus untuk family glamping.

Pengunjung juga sudah mendapat fasilitas hand sanitizer, tiket masuk, sewa lokasi, dan pemandu.

Sementara camping with style dibanderol Rp 200.000 per malam untuk kapasitas tiga orang.

The Forest Cisarua terletak di Desa Cikodom RT/RW 02/08 No. 65, Lembah Nyiur, Jalur Alternatif Cisarua–Gadog, Kopo, Cisarua, Puncak, Jawa Barat.

Sebagai pilihan tempat glamping di Bogor, pengunjung The Forest Cisarua dapat menikmati aktivitas seperti barbeku, piknik, berjemur, berenang, playground, tennis meja, outbound, team building, hingga rafting.

Jenis ruangan glamping di The Forest Cisarua, yaitu Glamping Nature, Glamping Suite, Family Glamping, dan Indian Glamping Suite. Ada pula jenis kamar Cabin VIP, Cabin Superior, Cabin Deluxe, Cottage, Family Room Villa, Room Villa, dan Bamboo Suite.

Glamping Nature untuk 4 orang harganya Rp500.000 pada weekdays dan Rp 600.000 saat weekend. Glamping Suite dan Room Villa untuk 4 orang, serta Bamboo Suite untuk 2 orang harganya Rp 600.000 saat weekdays dan Rp 700.000 pada weekend.

Lalu, Family Glamping Suite, Indian Glamping Suite, dan Family Room Villa untuk 6 orang seharga Rp 700.000 pada weekdays dan Rp 800.000 saat weekend.

Kemudian jenis ruangan Cottage dan Cabin Superior untuk 4 orang, Cabin Deluxe untuk 2 orang harganya Rp 800.000 saat weekdays dan Rp 900.000 pada weekend. Cabin VIP untuk 4 orang harganya Rp 900.000 pada weekdays dan Rp 1 juta saat weekend.

Harga sudah termasuk sarapan, berenang tidak berlaku karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan gratis parkir.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/03/182627627/10-tempat-glamping-di-bogor-cocok-untuk-liburan-akhir-pekan

Terkini Lainnya

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Panduan Lengkap ke Desa Wisata Koto Kaciak, Simak Sebelum Datang

Travel Tips
Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Traveloka Resmikan Wahana Baru di Kidzania Jakarta, Ada Diskon 25 Persen

Travel Update
Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Barcelona Hapus Rute Bus dari Google Maps, Ini Alasannya

Travel Update
4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

Travel Tips
Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Jalan Jalan
4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

Travel Tips
Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Travel Update
Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Jalan Jalan
Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Jalan Jalan
 7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

Jalan Jalan
5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Travel Tips
Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Travel Update
Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke