Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tur Virtual ke 5 Tempat Wisata di Jeonju saat Hari Kebangsaan Korea Selatan

KOMPAS.com - Korea Selatan merayakan Hari Kebangsaan Nasional 2020 dengan cara virtual karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Untuk merayakannya, Kedutaan Besar Republik Korea menggelar rangkaian acara sejak Jumat-Minggu (2-4 Oktober 2020).

Rangkaian acara virtual ini bisa disaksikan langsung melalui akun Instagram Kedutaan Besar Republik Korea @koremb.idn. Adapun tema besar yang diangkat tahun ini yaitu Berjuang Bersama.

Pada hari terakhir pergelaran yaitu Minggu (4/10/2020), rangkaian acara dimulai dengan Virtual Tour Anti-Depresi Covid-19 ke Jeonju atau Beat the Covid-19 Blues: #3 Virtual Tour to Jeonju.

Sekitar pukul 10.00 WIB, akun Instagram Kedutaan Besar Republik Korea membagikan video berdurasi 1 menit 38 detik yang mengajak para pengguna Instagram berwisata ke lima tempat populer di Jeonju secara virtual.

Para penonton video tersebut akan melihat sekelompok penari melenggak-lenggok dengan nuansa ceria yang mengenakan pakaian unik.

Para penari tersebut terlihat menari di lima tempat populer di Jeonju. Para penari ini juga secara tidak langsung berperan sebagai pemandu virtual tour.

Penasaran lima tempat mana saja yang populer di Jeonju yang dijadikan latar tempat para penari tersebut? Berikut ulasannya:

Jeonju Hanok Village

Awal video, terlihat seorang wanita berpakaian adat Korea Selatan tengah memegang tongkat selfie di depan Jeonju Hanok Village. Tak berselang lama, ada seorang pria berpakaian adat sama, menghampirinya dan ikut ber-selfie.

Kemudian, dari dalam Jeonju Hanok Village, salah seorang penari berpakaian unik muncul diiringi empat penari lainnya.

Selain memerhatikan lima penari tersebut, pandangan mata penonton juga akan tertuju pada bangunan tradisional Jeonju Hanok Village.

Latar tempat para penari ini, yaitu Jeonju Hanok Village, adalah salah satu tempat populer di Kota Jeonju, Korea Selatan.

Tempat itu merupakan kompleks perkampungan Jeonju Hanok. Bagi kamu yang ingin merasakan hidup sebagai masyarakat Korea Selatan pada zaman dahulu, Jeonju Hanok Village adalah tempatnya.

Tempat itu menawarkan desa wisata dengan sekitar 735 bangunan tradisional Hanok yang unik dan masih bertahan hingga kini. Hanok merupakan sebutan rumah tradisional masyarakat Korea Selatan.

Hampir semua bangunan di kampung Jeonju masih menggunakan bentuk Hanok. Mulai dari tourism information center, restoran, cafe hingga penginapan.

Jeonju Sori Cultural Center

Tempat kedua yang populer di Jeonju adalah Jeonju Sori Cultural Center. Tampak dalam video tersebut, seorang wanita terlihat berbaju adat Korea Selatan dan memegang kipas.

Kemudian, terlihat beberapa penari yang masih berpakaian unik dengan tarian kocaknya membuat suasana virtual tour semakin ceria.

Secara tidak langsung mereka mengenalkan Jeonju Sori Cultural Center kepada para warganet. Tempat ini merupakan pusat kebudayaan Jeonju Sori.

Jeonju Sori Cultural Center berdiri untuk melestarikan dan mempromosikan budaya lokal Pansori.

Sori, secara harafiah berarti suara dalam bahasa Korea. Namun juga dapat mengartikan sebagai Pansori, atau genre musik tradisional Korea yang terdiri dari penyanyi solo bersuara panjang.

Wisatawan yang berkunjung ke sini bisa melihat beragam koleksi menarik seputar Pansori. Kamu bisa belajar bagaimana Pansori berkembang di Jeonju hingga para pemenang kontes Jeonju Daesaseup Nori.

Kontes itu telah berlangsung selama ratusan tahun lalu, sejak Dinasti Joseon. Kamu juga bisa berfoto di bangunan utamanya yaitu Daechungmaru. Biasanya, di tempat itu ada konser kecil dan acara menarik lainnya untuk pengunjung.

Jeonju Hanok Railbike

Tempat ketiga yaitu Jeonju Hanok Railbike. Tempat ini merupakan sebuah stasiun kereta api yang ditinggalkan bernama Ajung.

Lokasinya dekat dengan tempat wsiata Jeonju yang paling terkenal, yaitu Jeonju Hanok Village. Tidak ada yang lebih menarik yang bisa kamu lakukan selain mengayuh sepeda di atas bekas rel kereta api Stasiun Ajung.

Kamu bisa mengayuh sepeda di atas jalur sepanjang 3,4 kilometer dari Silli ke Waemangsil dengan kecepatan sekitar 15-20 kilometer per jam.

Sepeda rel Hanok Jeonju ini juga menjadi rel pertama yang melintasi kota tersebut. Paket wisata yang menyenangkan ini tersedia untuk wisatawan per orang, keluarga, maupun perusahaan.

Ada fasilitas tambahan, yaitu spot foto dan kafe Ajung Dabang yang memiliki menu utama, yakni Ajung latte.

Awon Museum & Hotel

Keempat, ada Awon Museum & Hotel yang juga menjadi latar tempat para penari kocak membawa virtual tour ke Jeonju.

Tempat ini terletak di barat daya Korea, Wanju, wilayah Jeolla. Tempat ini merupakan sebuah museum sekaligus hotel dengan nuansa Hanok (rumah tradisional Korea) berusia 250 tahun.

Lantai pertama, terdapat museum Gallery Cafe, pusat seni media yang menampilkan seni media dan karya seni tanpa batas.

Lantai keduanya, wisatawan bisa lihat ada rumah tradisional yang juga menyediakan layanan akomodasi.

Fasilitas yang ada, kamu bisa mengambil foto di ruang tamu besar selama jam kunjungan yang dijadwalkan.

Tak lupa, kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar jalur hutan bambu yang mengelilingi fasilitas akomodasi tersebut.

Korea Expressway Corporation Arboretum

Tempat kelima adalah Korea Expressway Corporation Arboretum. Jika kamu ingin menikmati bunga bermekaran pada musim semi di Korea, tempat ini adalah rekomendasinya.

Lokasinya berada di Distrik Deokjingu di Jeonju. Wisatawan bisa melihat beragam bunga yang mekar mulai dari dandelion, tulip, hingga mawar.

Selain itu, ada juga spot foto menarik berupa patung unik mulai dari binatang jerapah, kuda dan lainnya.

Tak hanya itu, ada bangku serta paviliun di sepanjang jalan setapak arboretum yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

Wisatawan juga bisa belajar tentang tanaman dengan menggunakan QR Code. Tanaman di sana sudah memiliki fasilitas agar bisa discan dengan QR Code. Kamu bisa melihat nama dan cerita tentang tanaman itu.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/04/160400627/tur-virtual-ke-5-tempat-wisata-di-jeonju-saat-hari-kebangsaan-korea-selatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke