Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teluk Nanga Lok NTT, Serpihan Indahnya Pesona Alam Flores

Waktu menunjukkan pukul 16.45 WITA. Matahari merendah nyaris terhalang bukit di bagian barat Teluk Nanga Lok, tempat wisata di Manggarai Timur.

Lokasi persis Teluk Nanga Lok yakni di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siapa pun yang datang ke sini akan disajikan indahnya pemandangan alam, salah satunya laut yang jernih berwarna biru, serta barisan bukit di bagian timur. Ada pula bukit kecil bertengger di sisi barat teluk itu. 

Hamparan hijau pohon bakau yang berjejer sepanjang kurang lebih dua kilometer (km) di pinggir kiri dan kanan Teluk Nanga Lok melengkapi pemandangan indah di sana.

Riak ombak tidak terdengar di teluk indah tersebut. Air lautnya juga sangat tenang. Udara sejuk dan suasana hening begitu terasa di sana.

"Saya puas bisa berkunjung ke sini. Mata saya dimanjakan oleh pemandangan alam," kata Ruslly Jegaut, pengunjung asal Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur.

"Sedangkan mata hati saya bisa melihat ketenangan di tempat ini. Hati terasa tenang seperti lautan itu," lanjutnya.

Wisatawan juga dapat menemukan banyak spot foto yang menarik di Teluk Nanga Lok. Pastinya, latar foto di santa instagramable.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah sore hari. Sebab, jika datang pada siang hari, terik matahari akan terasa sangat menyengat di kepala dan kulit.

Akses dan harga tiket masuk Teluk Nanga Lok

Untuk menikmati keindahan alam di sekitar Teluk Nanga Lok, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis.

Sementara untuk akses, wisatawan dapat menempuh dua rute perjalanan menuju ke Teluk Nanga Lok, yaitu dari Borong dan Kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

Wisatawan yang berangkat dari Borong menuju Pertigaan Bealaing. Perjalanan dilanjutkan ke Watunggong. Kemudian menuju Lengko Ajang dan Pota.

Wisatawan menempuh jarak sekitar 130 km dengan waktu tempuh sekitar lima jam.

Sementara itu, wisatawan yang berangkat dari Kota Ruteng melewati Reo dan selanjutnya ke Pota, ibu kota Kecamatan Sambi Rampas.

Jarak yang ditempuh sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 4-4,5 jam.

Sesampainya di Pota, perjalanan dilanjutkan ke arah timur sejauh kurang lebih 10 km dengan waktu tempuh 30 menit.  Kondisi jalanan beraspal dan mulus.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau jasa travel. Kendaraan dapat diparkirkan di pinggir jalan di dekat Teluk Nanga Lok. Wisata Tanjung Nanga Lok dibuka setiap hari, dari pagi hingga sore.

Pengunjung harus tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/07/132000827/teluk-nanga-lok-ntt-serpihan-indahnya-pesona-alam-flores

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke