Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Isi Formulir Online jika Ingin ke Inggris Saat Pandemi, Apa Itu?

Ada beberapa hal yang perlu diketahui, salah satunya, WNI tidak perlu menunjukkan surat bebas Covid-19 pada saat tiba di Inggris.

Namun, hal lain yang tetap berlaku adalah karantina mandiri selama 14 hari, bagi siapa saja yang tiba di Inggris.

Oleh karena itu, sebelum tiba di Inggris, WNI wajib mengisi formulir online dan memberitahukan lokasi melakukan karantina mandiri.

Informasi tersebut dapat dilihat dengan mengunjungi situs resmi Pemerintah Inggris. Dalam situs tersebut dituliskan, wisatawan wajib menunjukkan detail perjalanan dan kontak sebelum traveling ke Inggris.

Kamu harus mengisi formulir sebelum tiba di Inggris. Hal ini berlaku bagi wisatawan atau orang dari negara mana pun yang masuk Inggris.

Jika tidak melengkapi formulir tersebut, kemungkinan wisatawan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk masuk ke Inggris.

Kamu tidak bisa mengirimkan formulir hingga 48 jam sebelum tiba di Inggris. Formulir ini pun juga harus diisi secara online dan tidak dicetak atau pun mengisinya dengan tangan.

Pemerintah akan menggunakan informasi yang kamu berikan. Jika sewaktu-waktu kamu atau orang terdekatmu mengalami gejala Covid-19, maka pemerintah akan menghubungi nomor kontak dari formulir yang diberikan.

Menolak mengisi formulir akan kena denda

Pemerintah Inggris tak segan-segan mengenakan denda bagi kamu yang menolak mengisi formulir online tersebut.

Tak tanggung-tanggung, dendanya hingga 100 poundsterling jika kamu menolak memberikan rincian kontak.

Jika kamu telah melanggar lebih dari sekali, maka denda juga akan dilebihkan. Bisa saja, kamu tidak akan diizinkan kembali memasuki Inggris, kecuali kamu adalah penduduk Inggris atau Inggris Raya.

Setelah melengkapi formulir

Usai melengkapi formulir, kamu akan menerima email konfirmasi dengan dokumen terlampir. Sebelum tiba di perbatasan, ada hal-hal yang harus kamu lakukan di antaranya:

  1. Mencetak salinan dokumen
  2. Mengunduh dokumen di ponsel
  3. Menunjukkan dokumen tersebut saat tiba di Inggris Raya.
  4. Petugas Border Force akan memindai QR Code di bagian atas dokumen tersebut untuk memastikan bahwa kamu telah melengkapi formulir

 

Siapa yang tidak perlu melengkapi formulir

Jika kamu berasal dari negara-negara berikut ini atau bepergian dari salah satu tempat, dan berada di sana selama 14 hari atau lebih, maka tidak perlu melengkapi formulir:

  1. Irlandia
  2. Kepulauan Channel
  3. the Isle of Man atau Pulau Man

https://travel.kompas.com/read/2020/10/09/220000427/wajib-isi-formulir-online-jika-ingin-ke-inggris-saat-pandemi-apa-itu-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke