Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Negara Ini Punya Paspor Terlemah Tahun 2020, Mana Saja?

KOMPAS.com – Afghanistan dan Irak sama-sama menduduki peringkat paling rendah dan menjadi paspor terlemah dalam Global Passport Power Rank 2020 milik Passport Index.

Passport Index adalah salah satu dari beberapa indeks yang mengukur jumlah perjalanan dunia bebas visa.

Pengukuran tersebut berdasarkan paspor 193 negara anggota PBB dan enam wilayah yakni Taiwan, Makau, Hong Kong, Kosovo, Palestina, dan Vatikan. Total negara yang terdaftar dalam Passport Index adalah 199.

Berdasarkan informasi dari situs Passport Index, Sabtu (10/10/2020), Afghanistan memiliki Mobility Score (MS) sebanyak 31 poin.

Adapun, MS merupakan salah satu metode yang digunakan Passport Index untuk menilai kekuatan paspor berdasarkan bebas visa, visa on arrival (VOA), Electronic Travel Authorization (eTA), dan visa elektronik.

Sebagai catatan, akses bebas visa dan VOA memiliki perbedaan. Untuk bebas visa, pemegang paspor diberi akses masuk tanpa visa. Sementara VOA, pemilik paspor bisa mengurus visa di tempat yang dituju.

Afghanistan

Afghanistan menduduki peringkat ke-198 dengan 31 poin MS lantaran pemilik paspor negara tersebut hanya mendapat akses bebas visa ke lima negara dan VOA ke 26 negara.

Salah satu negara yang membebaskan pemegang paspor Afghanistan untuk berkunjung tanpa menggunakan visa adalah Haiti.

Sementara beberapa negara yang mewajibkan pemegang paspor Afghanistan mengurus VOA adalah Bolivia, Gabon, Maladewa, Madagaskar, Nigeria, dan Uganda.

Pada Global Passport Power Rank 2019, negara tersebut memiliki peringkat yang tidak jauh berbeda yakni peringkat ke-199, 35 poin MS, akses bebas visa ke lima negara, dan VOA ke 30 negara.

Irak

Saat ini, Irak menduduki peringkat ke-199 dengan 31 poin MS lantaran pemilik paspor negara tersebut hanya mendapat akses bebas visa ke empat negara dan VOA ke 27 negara.

Sama seperti Afghanistan, Haiti merupakan salah satu negara yang membebaskan pemegang paspor Irak untuk berkunjung tanpa menggunakan visa.

Sementara itu, Djibouti, Israel, dan Suriname merupakan salah satu negara yang mewajibkan pemegang paspor Irak untuk mengurus VOA.

Pada Global Passport Power Rank 2019, negara tersebut memiliki peringkat yang tidak jauh berbeda yakni peringkat ke-198, 37 poin MS, akses bebas visa ke enam negara, dan VOA ke 31 negara.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/10/203100027/dua-negara-ini-punya-paspor-terlemah-tahun-2020-mana-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke