Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taiwan Jadi Destinasi Paling Dicari Tahun 2020, Bagaimana dengan Indonesia?

KOMPAS.com – Taiwan menjadi destinasi paling dicari berbagai kelompok wisatawan, mulai dari pasangan, solo traveller, keluarga, atau kelompok.

Negara itu mendominasi destinasi utama di semester dua 2020 dengan tujuh destinasi terpopuler, yakni Hualien (1), Yilan (2), Taipei (3), Kenting (4), Taitung (6), Nantou (8), dan Taichung (10).

Sebelumnya pada 2019, peringkat pertama ditempati Thailand. Tahun ini, Negeri Gajah Putih (julukan Thailand) ada di peringkat kedua disusul Jepang, Vietnam, dan Korea Selatan.

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat ke-10 dari daftar destinasi paling dicari tahun ini. Sebelumnya, ada Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, dan Malaysia.

Urutan tersebut didapat dari data Agoda.com yang Kompas.com terima melalui rilis resmi, Rabu (7/10/2020).

Menurut data itu, setiap kelompok wisatawan memiliki destinasi favorit yang berbeda. Bagi solo traveller, mereka cenderung mencari Jepang dan Thailand di urutan kedua dan ketiga.

Untuk wisatawan keluarga, mereka lebih banyak mencari penawaran ke Thailand kemudian Vietnam. Bagi wisatawan kelompok, mereka lebih banyak mencari Vietnam yang kemudian diikuti Thailand.

Menurut Vice President of Corporate Development Agoda Tim Hughes, data Agoda menunjukkan bahwa orang-orang masih berkeinginan besar untuk berwisata tahun ini.

“Orang suka menjelajah negara mereka sendiri, baik saat bepergian sendiri, bersama keluarga, atau teman. Namun yang paling penting adalah mereka berharap koridor perjalanan akan dibuka tahun ini,” kata dia.

Kota yang paling dicari

Menjelang akhir 2020, Hualien, Yilan, dan Taipei menjadi destinasi paling dicari untuk tujuan berlibur. Bahkan, Hualien dan Yilan merupakan pendatang baru dalam daftar 10 destinasi terpopuler tahun ini.

Tahun lalu, destinasi paling dicari ada di Bangkok dan Tokyo yang tahun ini melorot ke urutan tujuh dan sepuluh.

Adapun, Hualian merupakan kota pelabuhan dengan pantai dan jalan di pesisir pantai yang populer bagi hampir semua kategori wisatawan. Namun solo traveller lebih memilih Tokyo.

Selanjutnya, Yilan dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Di sana, ada Cold Spring dan wisata kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan kelompok dan keluarga.

Sementara itu, Taipei menjadi incaran wisatawan pasangan. Untuk solo traveller, mereka lebih memilih Tokyo dan Bangkok.

Meski begitu, Taipei masih menjadi destinasi yang diincar para solo traveller, meski bukan yang teratas. Destinasi ini masih menjadi incaran banyak solo traveller pada tahun 2019 dan 2020.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/11/151541027/taiwan-jadi-destinasi-paling-dicari-tahun-2020-bagaimana-dengan-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke