Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuota Pendakian Gunung Semeru Oktober 2020 Sisa 2 Slot, Antusiasme Tinggi

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat kepada Kompas.com, Selasa (13/10/2020).

Ia mengatakan, hingga Selasa (13/10/2020), masih tersisa dua slot pendakian Gunung Semeru untuk tanggal 20 dan 23 Oktober 2020.

"Sampai dengan 31 Oktober 2020, kuota pendakian Semeru sebagian besar full hanya di tanggal 20 dan 23 Oktober 2020 yang menyisakan satu kuota," kata pria yang kerap disapa Ayip melalui pesan singkat kepada Kompas.com.

Lanjutnya, para pendaki yang telah melakukan booking pendakian rata-rata berasal dari Jawa. Hal ini dilihat dari data para pendaki yang memiliki Kartu Tanda Penduduk di Pulau Jawa.

Namun, kata dia, ada juga calon pendaki yang berasal dari luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, hingga Papua.

Antusiasme yang tinggi dari pendaki tersebut juga datang pada akhir pekan. Ia mengungkapkan bahwa pendaki yang telah melakukan booking, mayoritas memiliki pendakian hari Sabtu dan Minggu.

"Mayoritas weekend, tapi ada juga di hari Selasa dan Kamis," ucapnya.

Ayip menerangkan, meski antusiasme masyarakat tinggi untuk kembali mendaki Semeru, pihaknya memastikan protokol kesehatan tetap terjaga.

Ia mengaku, pihaknya tidak mengalami kendala selama dibukanya pendakian Gunung Semeru sejak 1 Oktober 2020.

"Kendala teknis terkait penerapan protokol kesehatan pendaki di lapangan, tidak menemukan kendala. Masih kondusif," jelasnya.

Kuota November 30 persen full booking

Ayip juga mengatakan bahwa kuota pendakian untuk bulan November 2020 sudah terisi sekitar 30 persen.

"30 persen hari di bulan November sudah full booking. Iya, antusias pendaki ke Semeru memang tinggi," terangnya.

Sama seperti bulan Oktober, para pendaki juga memilih akhir pekan untuk pendakian ke Gunung Semeru, November mendatang.

Sebelumnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) telah membuka kembali jalur pendakian Gunung Semeru, mulai Kamis (1/10/2020) dengan protokol kesehatan.

Gunung yang memiliki puncak tertinggi di Jawa itu kini memiliki kuota pendaki 120 orang per harinya atau 20 persen dari total kapasitas Gunung Semeru.

Untuk catatan, pendaki hanya diperbolehkan melakukan pendakian selama dua hari satu malam. Selain itu, para pendaki tetap harus menggunakan masker, dan membawa masker cadangan.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/13/163000127/kuota-pendakian-gunung-semeru-oktober-2020-sisa-2-slot-antusiasme-tinggi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke