Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kegiatan Wisata Menarik di Omah Cantrik Kulon Progo, Apa Saja?

KOMPAS.com – Kulon Progo, Yogyakarta memiliki tempat wisata baru yakni Omah Cantrik. Di sana, pengunjung bisa melakukan sejumlah kegiatan menarik.

“Omah Cantrik itu wisata kuliner. Pengunjung tidak hanya kuliner, tapi juga wisata alam. Di sini banyak spot Instagramable,” kata Pengelola Omah Cantrik, Sukma Swarga Tiba, kepada Kompas.com, Kamis (15/10/2020).

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar lima aktivitas asyik yang bisa dilakukan selama berkunjung ke Omah Cantrik yang telah Kompas.com rangkum:

1. Susur desa pakai VW Safari

Jika ingin menyusuri desa dan menikmati pemandangan sawah dan perkebunan warga Nanggulan, kamu bisa mengikuti Fun Trip VW Safari.

Melalui kegiatan tersebut, kamu bisa menikmati udara segar dan berhenti di sejumlah spot foto alam untuk berswafoto ria menggunakan properti yang telah disediakan Omah Cantrik.

“Kami juga saran ke pengunjung, supaya lebih berkesan dan lebih bagus foto-fotonya, bisa pakai dress code andalan,” tutur Sukma.

2. Kulineran

Restoran Omah Cantrik menawarkan konsep prasmanan dan menghidangkan beragam pilihan menu. Beberapa di antaranya adalah nasi sayur, sayur lodeh, sayur kates atau pepaya oseng, ikan nila, dan ikan lele.

Pengunjung juga bisa memesan hidangan untuk disantap, salah satunya adalah mie Jawa. Selain makanan berat, makanan ringan khas Kulon Progo juga tersedia di sana. Harga mulai dari Rp 6.000-an.

3. Beli oleh-oleh kerajinan tangan

Sembari menyusuri desa menggunakan VW Safari, kamu akan dibawa mengunjungi pengrajin bambu dan pandan.

Di sana, wisatawan bisa membeli oleh-oleh seperti peralatan rumah tanggan dari kerajinan bambu dan karpet atau vas yang terbuat dari pandan.

4. Lihat seni siluet kertas

Omah Cantrik memiliki seniman yang menawarkan jasa siluet kertas. Dengan harga Rp 30.000 per orang, pengunjung bisa membawa pulang secarik kertas yang unik.

Pasalnya, seniman tersebut akan menggunting kertas tersebut sehingga membentuk sebuah siluet dari wisatawan tersebut.

“Sejauh ini wisatawan banyak yang mencari siluet kertas saat di Omah Cantrik, buat oleh-oleh sih karena unik. Pembuatan siluet kertas cepat, sekitar 5 – 7 menit,” ucap Sukma.

5. Foto-foto di Omah Cantrik

Selain menawarkan kuliner yang lezat dan kegiatan wisata yang menarik, Omah Cantrik juga menawarkan beberapa spot Instagramable di restorannya.

“Kami untuk interior berkonsep tradisional dan modern, jadi tidak terlalu lawas. Di sini banyak spot foto,” ujar Sukma.

Adapun, salah satu spot foto yang dapat dimanfaatkan adalah sebuah area duduk menyerupai taman yang dipenuhi oleh bebatuan dan tumbuhan.

Area makan Omah Cantrik pun tidak kalah menarik. Pengunjung bisa memanfaatkan sejumlah gazebo yang terletak di antara pepohonan untuk berfoto-foto.

Jika ingin berkunjung, Omah Cantrik berlokasi di Tanjung Gunung, RT.13/RW.05, Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Restoran buka setiap hari biasa mulai pukul 10:00 – 23:00 WIB, sementara pada akhir pekan mulai pukul 08:00 – 23:00 WIB untuk mengakomodir para pesepeda.

Untuk mengikuti Fun Trip VW Safari, pengunjung cukup membayar Rp 300.000 per mobil. Namun hingga akhir Oktober 2020, harganya sedang diskon menjadi Rp 250.000.

“Maksimal satu mobil untuk empat orang. Kalau kurang dari empat tetap bisa Fun Trip VW Safari karena dihitungnya per mobil,” ungkap Sukma.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/16/091700927/5-kegiatan-wisata-menarik-di-omah-cantrik-kulon-progo-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke