Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PO Putera Mulya Luncurkan Bus Social Distancing Rute Malang-Jakarta

KOMPAS.com - Selain dengan pesawat dan kereta api, wisatawan juga bisa melakukan perjalanan ke destinasi wisata naik bus. Namun, orang masih khawatir bepergian naik transportasi umum karena takut jaga jarak terlupakan.

Untuk mendukung era adaptasi kebiasaan baru (AKB), salah satu perusahaan otobus (PO) Putera Mulya meluncurkan bus dengan konsep social distancing.

Konsepnya, susunan kursi yang menjadi 1 di sebelah kanan, 1 di tengah dan satu lagi di kiri (1-1-1).

PO Putera Mulya memberi nama kelas social distancing ini dengan sebutan Individual Executive Class.

"Saya punya impian sejak lama. Kursi bus bisa dibuat lapang. Penumpang duduk sendiri-sendiri. Dengan posisi seperti ini tidurnya lebih nyaman," kata Direktur PT Putera Mulya Sejahtera Glenn A Widodo dalam keterangan rilisnya di Malang, Kamis (15/10/2020).

Ia melanjutkan, pandemi Covid-19 pun menjadi suatu kebetulan karena kosep itu bisa segera diwujudkan untuk mendukung social distancing.

Bangkitnya rute legendaris Malang-Jakarta

Selain memperkenalkan bus social distancing tersebut, PO Putera Mulya juga mengembangkan sayap ke Jawa Timur, tepatnya Malang.

Pada saat bersamaan, Glenn mengatakan bahwa salah satu rute tradisional transportasi bus yaitu Malang-Surabaya-Jakarta berhasil menjadi rute yang terpilih untuk bus social distancing ini.

Adapun rute Malang-Surabaya-Jakarta memang pernah menjadi rute favorit pada era 1990-an.

Sebelumnya, PO Putera Mulya Sejahtera juga mempelopori Bus Trans Jawa, dua bulan setelah Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Malang dan Probolinggo.

Perusahaan ini juga membuka rute dengan jadwal perjalanan pagi dari Solo dan Semarang menuju Jakarta.

Jadwal PO Putera Mulya dari Malang ke Jakarta

Glenn menyebutkan, keberangkatan bus dari Terminal Arjosari Malang adalah pukul 17.30-18.00 WIB. Bus akan mampir sejenak di Surabaya untuk menaikkan penumpang lalu lanjut ke Jakarta.

"Perkiraan waktu tempuh 10-12 jam perjalanan," kata dia.

Fasilitas bus PO Putera Mulya

Penumpang Bus Trans Jawa Individual Executive Class rute Malang-Jakarta ini bisa menikmati beragam fasilitas tambahan yang tersedia.

Pihak PO Putera Mulya telah menambahkan beberapa fasilitas yang dapat memanjakan penumpang, misalnya dispenser untuk air mineral, pilihan minuman panas yang bisa dibuat sendiri oleh penumpang, dan makanan ringan di setiap kursi.

Selain itu, di setiap kursi juga tersedia USB charger. Penumpang juga bisa merasakan kehangatan dari selimut yang tersedia di kursi.

Kursi itu, kata Glenn, sudah dikemas dalam plastik dan diberi segel PT Putera Mulya Sejahtera untuk menjamin keamanan dan kebersihan.

Protokol naik bus PO Putera Mulya

Armada bus juga menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan, mulai dari awak kabin hingga penumpang.

Setiap penumpang dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun sebelum masuk ke dalam bus. Selain itu, penumpang juga wajib memakai masker selama perjalanan.

Ada pula sekat antara pengemudi dan penumpang dan armada selalu disemprot disinfektan.

"Kami menarik semua bantal dan selimut untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Sekarang kami beradaptasi. Selain kami memberikan selimut yang sudah disterilisasi, kami juga melakukan disinfektan agar sirkulasi udaralebih bersih. Satu kali setiap perjalanan di rumah makan,” ujar Glenn.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/17/080800227/po-putera-mulya-luncurkan-bus-social-distancing-rute-malang-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke