Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nepal van Java Tutup Mulai 19 Oktober 2020, Ada Apa?

KOMPAS.com - Wisata Nepal Van Java dikabarkan tutup sementara mulai Senin (19/10/2020). Tempat wisata yang berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu sebelumnya viral karena memiliki suasana pedesaan bak negara Nepal.

Pengumuman penutupan itu dikeluarkan melalui Surat Edaran (SE) Pengelola Wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java" pada Kamis (15/10/2020).

Dalam SE Nomor 02/NVJ_Bth/X/2020 tertulis bahwa pengelola menyampaikan kegiatan Wisata Dusun Butuh "Nepal Van Java" Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang akan dilakukan penutupan sementara.

"Terhitung mulai Senin, 19 Oktober 2020 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," tulis SE yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Kepala Dusun Butuh Lilik Setiyawan juga membenarkan informasi tersebut kepada Kompas.com.

Menurut dia, penutupan sementara ini dikarenakan Dusun Butuh, mulai dari pengelola hingga masyarakat, akan melaksanakan kerja bakti, penertiban, penataan, serta penyesuaian retribusi tiket masuk.

"Iya benar, itu dalam keterangannya sudah ada. Intinya untuk penataan dan penertiban. Jadi harus jeda dulu," ujar Lilik melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu (17/10/2020).

Masih bisa berkunjung ke sekitar Nepal van Java

Namun, ia mengatakan bahwa wisatawan tetap bisa berkunjung ke tempat wisata sekitar Nepal Van Java.

Saran dia, wisatawan bisa berkunjung ke Watu Susu yang berada di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Magelang.

"Jadi ini ditutup sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Wisatawan bisa ke Landscape Watu Susu, Dusun Nampan, Desa Sukomakmur. Adanya di sebelah barat Dusun Butuh," jelasnya.

Tempat itu menawarkan keindahan berupa cerita legenda dua buah batu yang dinilai warga memiliki keajaiban.

Wisatawan bisa menuju ke sana dengan naik kendaraan roda dua trail atau kendaraan lain yang dikelola pemuda setempat.

Jalan menuju ke sana cukup ekstrem dengan trek berkelok tajam naik dan turun. Hampir 500 meter mencapai lokasi, wisatawan akan menemukan jalur yang masih berupa tanah.

Namun, bagi pencinta olahraga ekstrem seperti motor trail, perjalanan seperti itu akan menjadi pengalaman luar biasa.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/17/171500627/nepal-van-java-tutup-mulai-19-oktober-2020-ada-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke