Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Wisata Alam Purwakarta, Cocok untuk Liburan Akhir Pekan

KOMPAS.com – Purwakarta menawarkan keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lainnya di Jawa Barat.

Posisi Purwakarta yang berada di antara Jakarta dan Bandung menjadikannya sebagai salah satu pilihan wisata bagi wisatawan asal dua daerah tersebut.

Berikut rekomendasi 4 wisata alam di Purwakarta yang sudah Kompas.com rangkum.

1. Bukit Panenjoan

Panenjoan memiliki arti penglihatan. Makna tersebut sangat cocok bagi bukit ini karena merupakan tempat melihat pemandangan alam.

Bukit Panenjoan dulunya berupa lahan tandus. Warga setempat kemudian mengubahnya menjadi tempat wisata alam.

Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah, seperti kebun teh, persawahan, rumah warga, pegunungan, hingga Waduk Jatiluhur.

Selain itu, pengunjung juga dapat berziarah ke makam Syaikh Daka, berfoto di jembatan bambu panjang yang lengkap dengan spot foto, atau sekadar bersantai menikmati suasana sejuk.

Harga tiket masuk Bukit Panenjoan adalah Rp 5.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Waduk Jatiluhur

Tak hanya sekadar menjadi bendungan, Waduk Jatiluhur juga menjadi tujuan wisata Purwakarta yang eksotis dengan keindahan pemandangannya.

Waduk Jatiluhur dengan luas 8.300 hektar ini terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Pemandangan yang tersaji, antara lain berupa keindahan Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Aktivitas yang dapat dilakukan di waduk Jatiluhur meliputi keliling waduk dengan perahu, memancing, bermain di waterboom, bermain tenis, wisata kuliner di restoran apung, berfoto, bersantai, sampai berkemah.

Tarif masuk Waduk Jatiluhur adalah Rp 25.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tarif sewa perahu keliling waduk adalah Rp 350.000 per putaran.

3. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas terletak di Kampung Babakan, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Sungai Cidomas dikenal sebagai “blue river” karena memiliki air sungai yang sangat jernih berwarna biru.

Tempat ini menawarkan suasana yang begitu asri dan udara yang menyejukkan, sehingga sangat cocok untuk bersantai melepas penat.

Pengunjung dapat berenang di sungai sambil merasakan air yang begitu segar. Mereka juga bisa bersantai menikmati suasana, sampai berfoto-foto di sungai yang begitu biru dan asri ini.

Untuk dapat merasakan air sungai biru yang jernih, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

4. Gunung Lembu

Gunung Lembu sangat cocok untuk pendaki pemula dengan ketinggian 792 meter di atas permukaan laut (mdpl). Waktu tempuhnya sekitar 2-4 jam.

Meski tidak terlalu tinggi, Gunung Lembu menawarkan pemandangan alam yang begitu indah berupa Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, dan Gunung Bongkok.

Dengan pemandangan yang begitu indah dan cocok untuk pemula, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen melalui lensa kamera.

Pengunjung juga dapat bermalam dengan berkemah mendirikan tenda di sini. Bermalam sembari ditemani udara dingin tentu sangat menyenangkan.

Adapun, harga tiket masuk Gunung Lembu adalah Rp 10.000 per orang jika hanya untuk sekadar mendaki. Bila ingin menginap, maka biayanya adalah Rp 15.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/17/200800327/4-wisata-alam-purwakarta-cocok-untuk-liburan-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke