Salin Artikel

Belanja Baju di Korea Selatan, Ini Daftar Tempatnya

KOMPAS.com – Korea Selatan terkenal akan sejumlah area yang menawarkan berbagai tempat belanja menarik, baik itu belanja pakaian maupun kosmetik.

Jika tertarik untuk belanja pakaian, influencer Patricia Gouw memiliki sejumlah rekomendasi toko yang dapat dikunjungi.

“Myeong-dong dan Gangnam buat beli baju lumayan. Kalau ke Seoul, ke Dongdaemun (bisa) ke Migliore atau Hello APM. Harganya masih oke,” kata Patricia.

Hal ini diungkapkan olehnya dalam festival daring Muslim Friendly Korea Festival oleh Korea Tourism Organization (KTO) bertajuk Explore With Love, Jumat (16/10/2020).

Dongdaemun

Dia melanjutkan, area Dongdaemun memiliki sejumlah gedung yang khusus menjual satu barang seperti sepatu atau tas dengan penawaran harga yang menarik.

“Dongdaemun buka 24 jam. Kanan dan kiri banyak tempat belanja. Ada beberapa toko yang jam operasionalnya beda,” tutur Patricia.

Adapun, sejumlah toko di Dongdaemun memiliki jam operasional pukul 10:00–22:00 waktu setempat. Namun, Patricia mengungkapkan terdapat toko-toko yang buka pukul 12:00 – 06:00 waktu setempat.

Mengutip Myguideseoul.com, Migliore buka setiap pukul 10:30-05:00 waktu setempat. Beberapa pakaian yang dijual tidak memiliki keterangan harga.

Saat berkunjung ke sana, wisatawan bisa bertanya "olmayeyo?" atau berapa harganya kepada karyawan toko.

Toko tersebut menawarkan dua pilihan sistem pembayaran yakni tunai dan non-tunai. Pembayaran tunai akan mendapatkan diskon 10 persen untuk barang seharga lebih dari 15.000 won.

Sementara Migliore lebih mengarah pada pasar anak muda, mengutip Visit Korea, Hello APM menjual berbagai pakaian untuk anak-anak berusia belasan hingga 20 tahunan.

Bagi pecinta hip hop Korea, mereka bisa berkunjung ke Hello APM untuk membeli pakaian khas pegiat hip hop Negeri Ginseng.

Berkunjung ke underground shopping mall

Mengutip Kompas.com, Kamis (28/4/2020), Korea Selatan juga memiliki underground shopping mall yang menjual baju murah dengan model kekinian.

“Korea itu punya shopping mall yang ada di bawah tanah. Underground shopping mall itu di Korea lumayan banyak,” kata Media dan PR KTO Indonesia Irma Maulida dalam Live Instagram Kompas.com Travel bersama KTO dalam sesi di @kompas.travel, Senin (27/4/2020).

Irma menjelaskan, sejumlah pakaian di sana memiliki harga mulai dari 5.000 won. Barang yang dijual pun berasal dari beberapa merk lokal asli Korea.

Jangan lupa belajar bahasa Korea

Patricia menuturkan, sejumlah toko pakaian di perkotaan yang kerap dikunjungi oleh wisatawan memiliki staf yang cukup fasih berbahasa Inggris.

Kendati demikian, sejumlah toko pakaian di Dongdaemun masih memiliki staf yang tidak fasih berbahasa Inggris lantaran pasarnya bukanlah wisatawan asing.

“Beberapa toko yang jam operasionalnya beda, bukan buat wisatawan. Mereka jarang bahasa Inggris. Coba dari sekarang belajar bahasa Korea,” ujar Patricia.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/19/203000627/belanja-baju-di-korea-selatan-ini-daftar-tempatnya

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.