Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menuju Gunung Gede Pangrango dari Jakarta

Ada tiga jalur resmi yang bisa dilalui pendaki yaitu Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana. Ketiga jalur pendakian ini berada dalam wilayah administrasi yang berbeda.

Untuk itu, sebelum melakukan pendakian, kamu harus tahu dulu mana rute yang akan dilewati hingga sampai di lokasi pintu pendakian.

Jika kamu dari Jakarta, berikut Kompas.com rangkum cara menuju pintu masuk pendakian Gunung Gede Pangrango berdasarkan situs resmi TNGGP:

Menuju pintu masuk Cibodas

  • Naik kendaraan pribadi

Jalur pendakian Cibodas berjarak sekitar 100 kilometer dari Jakarta. Kamu bisa menempuh perjalanan darat menggunakan mobil atau pun kendaraan umum melalui tol Jagorawi dan keluar di tol Ciawi.

Sampai di pertigaan Ciawi, ambil jurusan Puncak - Bandung. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 7,6 kilometer dari Puncak Pass Hotel.

Melewati Outlet DSE, kamu belok ke kanan tepat pada pertigaan di Paragajen atau Papan Nama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang terletak di sebelah kiri jalan.

Ikuti saja jalan tersebut sepanjang 3 kilometer dan sampai pada portal pintu Gerbang Wisata Cibodas.

Tak jauh dari portal tersebut, kamu akan menemukan kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang berada di sebelah kanan.

  • Naik bus

Jika menggunakan kendaraan umum atau bus, kamu bisa naik jurusan Jakarta - Bandung, Bogor - Bandung yang melewati puncak.

Estimasi biaya naik bus sekitar Rp 30.000 sampai Rp 60.000 per orang.

Setelah itu, turun di pertigaan di Paragajen dekat outlet DSE, atau pertigaan Cibodas dengan papan nama TNGGP di sebelah kiri jalan.

Kemudian, kamu tinggal naik angkutan kota jurusan Cibodas Rarahan dengan biaya Rp 5.000 per orang. Angkot itu akan mengantarkanmu sampai pintu gerbang TNGGP.

Kamu juga bisa naik ojek motor dari sana sampai pintu gerbang kantor TNGGP.

Menuju Gunung Putri

Jika kamu memilih mendaki via Gunung Putri, jaraknya sedikit lebih jauh dari Cibodas. Kamu akan memakan perjalanan lebih panjang sekitar 15 kilometer dari Cibodas.

Namun, jika kamu dari Cipanas, jaraknya akan lebih pendek yaitu sekitar 7 kilometer.

Calon pendaki harus naik angkot dari terminal Cipanas ke Gunung Putri. Perjalanan akan memakan waktu lebih kurang 30 menit dengan biaya angkot mulai dari Rp 5.000 per orang.

Menuju Selabintana

Lokasi pintu pendakian Selabintana berada di Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya dari kota Sukabumi sekitar 10 kilometer atau memakan waktu tempuh 30 menit.

Sepanjang perjalanan menuju pintu pendakian, kamu akan melewati jalan perkebunan teh dan kebun sayur.

Pintu masuk pendakian Gunung Gede Pangrango via Selabintana yaitu di Pondok Halimun tepatnya Cipelang.

Jika naik kendaraan umum, kamu bisa naik bus jurusan Sukabumi. Turun di Alun-alun Sukabumi dan lanjut naik angkot ke Selabintana.

Jarak dari Alun-alun hingga sampai di pintu masuk Selabintana sekitar 6 kilometer.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/21/181000227/simak-cara-menuju-gunung-gede-pangrango-dari-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke