Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Air Terjun Sunsa Kompol di Manggarai Barat, Kesegaran di Lereng Gunung Poso Kuwuh

KOLANG, KOMPAS.com - Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah ditetapkan menjadi destinasi wisata super premium oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sejalan dengan penetapan itu, seluruh warga Manggarai Barat makin giat mempromosikan obyek wisata yang unik dan eksotis.

Salah satu tempat wisata yang sangat unik dan eksotis untuk dikunjungi adalah Air Terjun Sunsa Kompol yang berada di lereng bukit Gunung Poso Kuwuh atau Poco Kuwus.

"Air terjun Sunsa Kompol adalah harta karun tersembunyi Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur," kata salah satu warga Lasang, Desa Benteng Suru bernama Lian Rahmat saat dihubungi Kompas.com , Rabu, (21/10/2020).

Itu karena selama ini tidak banyak orang yang tahu keberadaan Air Terjun Sunsa Kompol, sehingga pas disebut harta karun bagi pariwisata Manggarai Barat.

Saat ini, air terjun itu menjadi spot foto favorit yang paling sering dikunjungi kaum milenial, baik dari Kampung Lasang maupun desa tetangga. Bahkan, ada pengunjung yang rela datang dari jauh, seperti Ruteng untuk bisa menikmati panorama alam ini.

Air terjun Kompol terletak di Lasang, Desa Benteng Suru, Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat. Untuk sampai di desa ini, butuh sekitar dua jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Kota Labuan Bajo .

Desa Benteng Suru secara geografis berada di Lembah Poso Kuwus. Selain bisa mengunjungi Air Terjun Sunsa Kompol, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lainya, seperti Gunung Poso Kuwuh dan Sunsa Sureng.

Perjalanan menuju Air Terjun Sunsa Kompol

Perjalanan menuju Air Terjun Sunsa Kompol membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Pengunjung akan melewati persawahan dan kebun cengkih.

Ada pula "sari" atau tempat proses pembuatan gula merah dan minuman tradisional sopi milik salah satu warga Desa Benteng Suru bernama Enda.

Setelah itu, trek mulai menurun. Pengunjung harus berhati-hati saat turun karena licin dan berjalan sambil berpegangan pada batang pohon.

Selanjutnya, pengunjung akan menyusuri Sungai Wae Rasang selama 10 menit untuk sampai Air Terjun Sunsa Kompol.

Dengan ketinggian kurang lebih 10 Meter, air yang terjun bebas dengan riak putih karena menghantam dinding tebing batu akan menyambut pengunjung.

Adapun, masyarakat setempat berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat untuk bisa mengembangkan Air Terjun Sunsa Kompol menjadi salah satu tempat wisata unggulan.

Mata air dari Hutan Poso Kuwuh

Sejumlah air yang terjun di lereng bukit Gunung Poso Kuwuh atau Poco Kuwus memang bersumber dari hutan. Untuk itu warga di Kecamatan Kuwus diharapkan menjaga kelestarian hutan.

Mata air itu merupakan sumber air utama untuk kehidupan masyarakat di Lembah Ranggu, Kolang, mulai dari pengairan, hingga sumber air Daerah Aliran Sungai Wae Impor.

Di lereng bukit kawasan Hutan Poso Kuwuh dari arah Timur ke Barat, berjejeran air terjun yang elok dipandang. Semuanya dapat disaksikan dari pintu mobil atau sepeda motor.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/22/165347927/air-terjun-sunsa-kompol-di-manggarai-barat-kesegaran-di-lereng-gunung-poso

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke