Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Estimasi Biaya dari Jakarta ke Bromo Naik Transportasi Umum?

Wisatawan dari seluruh Indonesia bisa kembali menikmati keindahan alam pegunungan yang ada di sana tentunya dengan protokol kesehatan.

Berlibur ke Gunung Bromo, kamu bisa menikmati ragam aktivitas wisata di lima sitenya yaitu Site Pananjakan, Site Bukit Cinta, Site Bukit Kedalu, Site Savana Teletubbies, dan Site Mentigen.

Kegiatan yang biasa dilakukan di sana salah satunya melihat matahari terbit atau sunrise. Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, siap-siap untuk membeli tiket kereta, bus atau pesawat.

Namun, sebelum itu, kamu perlu mengetahui berapa estimasi biaya untuk sampai ke Bromo. Berikut Kompas.com rangkum estimasi biaya dari Jakarta ke Bromo:

Naik kereta api

Jika kamu memilih naik kereta, pilih KA tujuan Stasiun Malang. Terdapat banyak KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen menuju ke sana.

Kamu bisa memilih di antaranya KA Mutiara Selatan (Gambir), Bima (Gambir), Gajayana (Gambir), Matarmaja (Pasar Senen), Malabar (Pasar Senen), dan Jayabaya (Pasar Senen).

Harga tiket termurahnya yaitu KA Matarmaja dengan Rp 150.000 per orang.

Sampai di Stasiun Malang, kamu akan melanjutkan perjalanan ke Terminal Arjosari naik angkutan umum. Estimasi biayanya sekitar Rp 4.000.

Setelah itu, kamu bisa lanjut naik angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo, lalu pindah naik angkutan desa ke Cemoro Lawang, Ngadisari.

Biaya naik angkutan umum dari Terminal Arjosari ke Terminal Bus Bayu Angga sekitar Rp 4.000, sedangkan biaya naik angkutan desa atau biasa disebut Bison menuju Cemoro Lawang sekitar Rp 25.000 per orang.

Maka, jika ditotal estimasi biaya paling murah dari Jakarta ke Bromo sekitar Rp 183.000 per orang satu kali jalan.

Jika memilih berangkat naik bus, pilihannya bisa naik bus Gunung Harta dengan biaya Rp 300.000, Medali Emas Rp 300.000 dan Lorena Rp 320.000.

Kamu akan tiba di Terminal akhir Malang, lalu melanjutkan perjalanan dengan rute yang sama yaitu angkutan umum ke Terminal Bayu Angga dan angkutan Bison ke Cemoro Lawang.

Maka, jika ditotal estimasi biaya paling murah dari Jakarta ke Bromo naik bus sekitar Rp 329.000 per orang satu kali jalan.

Naik pesawat

Jika naik pesawat dari Jakarta ke Bromo, kamu bisa memilih tiket tujuan Bandara Juanda Sidoarjo. Kemudian melanjutkan perjalanan darat ke arah Terminal Bungurasih naik DAMRI.

Sampai di Terminal Bungurasih, kamu bisa lanjut ke Terminal Arjosari naik bus. Sampai di sana, kamu bisa mencari angkutan umum menuju Terminal Bus Bayu Angga dan berganti angkutan Bison ke Cemoro Lawang.

Estimasi biayanya jika menggunakan pesawat, paling murah dengan pesawat Citilink sekitar Rp 385.000 sekali jalan untuk perjalanan tanggal 29 Oktober 2020.

Kemudian, dari bandara Juanda ke Terminal Bungurasih naik DAMRI biayanya Rp 30.000. Lalu dari Bungurasih ke Terminal Arjosari biaya naik bus sekitar Rp 20.000 sampai Rp 25.000.

Dari Terminal Arjosari kamu bisa naik angkot ke Terminal Bus Bayu Angga dengan biaya sekitar Rp 4.000, dan berganti angkot Bison menuju Cemoro Lawang Rp 25.000.

Jika ditotal, estimasi biaya dari Jakarta ke Gunung Bromo jika mengawali dengan pesawat sekitar Rp 464.000 per orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/22/214000827/berapa-estimasi-biaya-dari-jakarta-ke-bromo-naik-transportasi-umum-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke