Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Libur Panjang Oktober 2020, Ada Paket Wisata Murah di Yogyakarta

Adapun paket ini dijual oleh sejumlah anggota Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita).

"Ini sifatnya masing-masing, mereka produk sendiri. Bukan dari Asita seara keseluruhan,” kata Ketua DPD Asita DIY Hery Setyawan kepada Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Harga paket yang ditawarkan dibanderol murah. Penasihat DPD Asita DIY Udhi Sudiyanto menuturkan, harga berada di kisaran Rp 200.000-Rp 250.000.

Namun, Sudiyanto mengatakan, harga paket untuk rombongan kecil tersebut berdasarkan pada apa yang ditawarkan.

“Kisaran harga masing-masing berbeda. Kalau ke tempat-tempat wisata atau paket yang khusus, akan lebih mahal. Dalam arti, tergantung dari paketnya itu sendiri,” ungkapnya kepada Kompas.com.

Paket yang ditawarkan mulai dari wisata sepeda, mengelilingi Yogyakarta, berkunjung ke bandara baru, hingga ke sejumlah tempat wisata yang sudah buka.

Sudiyanto mengungkapkan, paket ekonomis yang dijual oleh masing-masing biro perjalanan para anggota Asita tersebut mayoritas menawarkan paket wisata satu hari.

“Misal ada rombongan kecil yang ke Yogyakarta mau one day trip, kami ada paket-paket ekonomis itu," tutur Sudiyanto.

Hery mengatakan, penawaran paket wisata ekonomis untuk rombongan kecil tersebut merupakan upaya Asita untuk tetap bertahan selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, penjualan tetap dilakukan karena berhenti mempromosikan jasa merupakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi.

Hery mengimbau agar para wisatawan yang membeli paket tersebut tetap patuh pada protokol kesehatan yang ditetapkan di Yogyakarta.

"Wisata boleh, tapi jangan mass tourism. Laksanakan wisata dengan aman. Carrying capacity perhatikan, patuhi protokol kesehatan,” imbau Hery.

“Adanya momen libur panjang ini bisa terjadi ledakan wisatawan. Tapi kalau semua (protokol kesehatan) dilaksanakan dengan baik, maka bagus. Yogyakarta dikenal sebagai destinasi wisata yang aman,” lanjutnya.

Hery menambahkan, para agen perjalanan juga harus turut serta mengawasi perjalanan agar tidak ada hambatan dalam kemajuan industri pariwisata Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/23/202700527/libur-panjang-oktober-2020-ada-paket-wisata-murah-di-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke