Salin Artikel

Liburan ke Woljeongsa di Korea, Bisa Nginap di Kuil

KOMPAS.com – Sejumlah kuil di Korea Selatan kerap menjadi daya tarik wisatawan yang ingin melihat keindahan bangunan dan lingkungan asri yang ditawarkan.

Kuil Woljeongsa  di Gangwon, misalnya. Wisatawan bisa berkunjung ke kuil yang berada di sebuah lembah dipenuhi oleh pepohonan di sisi timur Gunung Odaesan ini.

“Lokasinya sekitar 3,30 jam dari Seoul. Untuk masuk ke sana, (melewati) hutan pinus dan sungai yang jernih banget,” kata Travel Blogger Kadek Arini dalam festival daring Muslim Friendly Korea Festival oleh Korea Tourism Organization (KTO) bertajuk Explore With Love, Jumat (16/10/2020).

Kadek melanjutkan, meski hingga saat ini Kuil Woljeongsa masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha, pihak pengelola juga membukanya untuk umum dan memungkinkan kunjungan wisatawan.

Mengutip situs resmi kuil tersebut, Kuil Woljeongsa sudah ada sejak tahun 643 Masehi atau saat Dinasti Silla sedang terjadi di Korea.

Kendati demikian, kuil kerap mengalami pengembangan dan perluasan fasilitas hingga pada akhirnya Kuil Woljeongsa hancur saat Perang Korea sebelum dibangun kembali menjadi bangunan kuil saat ini.

Menginap di kuil

Korea Selatan memiliki sebuah program budaya bernama Templestay untuk mengajak wisatawan mencoba hidup sebagai penganut agama Buddha di kuil tradisional.

Berdasarkan informasi dari Templestay, Kuil Woljeongsa merupakan salah satu yang berpartisipasi dalam program tersebut.

Selama berada di sana, pengunjung dapat mengikuti program Experience-oriented Templestay dan Rest-oriented Templestay jika ingin menginap.

Melalui kedua program tersebut, wisatawan akan diajak melakukan berbagai kegiatan seperti mengikuti ibadah pagi hari, menikmati hidangan Buddha menggunakan mangkuk tradisional, serta meditasi.

Jika ingin menginap di Kuil Woljeongsa melalui dua program tersebut, wisatawan diimbau untuk tetap menjaga etika, kesopanan, dan mematuhi seluruh aturan yang ada.

Jelajahi area sekitar

Sembari menginap di kuil, wisatawan dapat menjelajahi area sekitar. Mengutip Visit Korea, sejumlah tempat wisata dapat ditemukan dekat Kuil Woljeongsa.

Salah satunya adalah Woljeongsa Museum yang merupakan rumah dari sejumlah artefak dan harta karun kebudayaan Buddha dari Dinasti Goryeo (918 – 1392 M).

Ada juga Odaesan National Park yang memiliki beragam satwa liar dan tanaman indah khas pegunungan Odaesan. Selama berada di sana, wisatawan dapat mengisi kembali energi melalui pemandangan hutan yang asri.

Jika ingin berkunjung, biaya untuk orang dewasa usia 19 – 64 tahun adalah 3.000 won. Sementara untuk remaja berusia 13 – 18 tahun adalah 1.500 won, dan anak-anak berusia 7 – 12 tahun adalah 500 won.

Sementara lansia berusia 65 tahun atau lebih dan anak-anak berusia di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

Apabila datang bersama 30 orang atau lebih, setiap orang dewasa dikenakan 2.500 won, remaja 1.000 won, dan anak-anak 400 won.

Untuk program Templestay, biaya dan pemesanan dapat dilakukan melalui situs resmi program tersebut.

Kuil Woljeongsa berlokasi di 374-8, Odaesan-ro, Pyeongchang-gun, Gangwon-do.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/24/081900927/liburan-ke-woljeongsa-di-korea-bisa-nginap-di-kuil

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.