Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Wisata Baru di Sentul, Bisa Foto Instagramable

KOMPAS.com – Kabupaten Bogor, khususnya Sentul selalu menghadirkan tempat wisata yang unik dan menarik bagi wisatawan.

Sentul juga menghadirkan tempat wisata baru yang tidak akan membuat bosan dan pastinya selalu menawarkan pemandangan indah juga suasana sejuk.

Kompas.com merangkum empat tempat wisata di Sentul yang bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk kamu kunjungi.

Tempat-tempat wisata berikut belum lama ini mulai beroperasi. Jadi, kamu yang sudah lama tak berkunjung ke Sentul wajib menjajal destinasi ini saat kembali ke sana.

Salah satu tempat wisata di Sentul yang dapat kamu kunjungi adalah Taman Fathan Hambalang.

Ini adalah tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama alam, berupa bentang Gunung Gede, Pangrango, dan Pancar.

Tempat wisata ini berada dekat dengan Kantor Desa Hambalang, yang terletak di Citeureup, Bogor.

Pengunjung juga dapat menikmati panorama matahari terbenam yang memesona pada sore hari.

Malamnya, gemerlap lampu akan membuat suasana kian romantis. Sembari menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat bersantai menikmati secangkir kopi atau mengambil foto-foto yang Instagramable.

Fasilitas yang tersedia di sana antara lain mushala, kamar mandi, spot foto, dan area parkir.

Harga tiket masuknya Rp 5.000 per orang. Jam buka Taman Fathan Hambalang adalah 11.00-21.00 WIB untuk Senin hingga Rabu dan Jumat, sementara pada Kamis buka mulai pukul 11.00-19.00 WIB.

Pada akhir pekan, Taman Fathan Hambalang buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Sawah Segar Sentul merupakan restoran yang menawarkan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi hamparan sawah dan pepohonan hijau.

Nuansa pedesaan membuat suasana begitu asri, sejuk, dan nyaman, sehingga tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota.

  • Kopi Tepian Sentul, Hadirkan Sensasi Ngopi di Tepi Sungai dan Sawah
  • Ngopi di Sawah Bogor, Tawarkan Sensasi Makan Lesehan di Tepi Sawah

Lokasinya tak jauh dari Curug Bidadari, tepatnya di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Di area sawah, terdapat tempat duduk dan gazebo yang cocok jadi tempat bersantai. Ada pula jalan setapak yang bisa dilalui untuk mengelilingi sekaligus berfoto-foto di area persawahan.

Fasilitas yang ada, di antaranya mushala, area parkir, sampai taman bermain anak. Sawah Segar Sentul buka setiap Selasa–Jumat pukul 09.00-18.00 WIB, sementara pada akhir pekan buka pukul 08.00-18.00 WIB.


3. Gunung Ciung

Gunung Ciung sebenarnya adalah lahan produktif seluas 8 hektar, berupa bukit yang bersebelahan dengan Gunung Pancar dan ditanami banyak tanaman.

Lahan itu kemudian di jadikan tempat wisata dan disebut sebagai Gunung Ciung karena banyak hewan, seperti babi hutan.

Pengelola menjadikannya tempat wisata supaya hewan-hewan tersebut tidak turun dan merusak tanaman.

Gunung Ciung menawarkan pemandangan dari Gunung Salak dan Kota Bogor. Selain itu, panorama matahari terbenam yang ditawarkan begitu memesona.

Lokasi Gunung Ciung terletak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul–Bogor. Dari Taman Budaya Sentul belok kanan, dekat dengan Sawah Seger Sentul.

  • 5 Vila dengan Private Pool di Sentul untuk Menginap Saat Hari Libur
  • 7 Restoran Sentul yang Pas Dijadikan Tempat Dinner Romantis

Pengunjung dapat melakukan fun camping di lahan yang muat sekitar 30 tenda, hiking melewati perkebunan, sampai agrowisata di lahan yang ditanami aneka tanaman, seperti pohon pisang dan durian.

Panjang jalur trekking sampai lokasi kemah sekitar 1,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Pengunjung juga dapat bermain ke Leuwi Ciung yang dikelola warga setempat dan berada tak jauh dari lokasi kemah. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000 per orang.

Untuk berkemah akan dikenai tiket sebesar Rp 125.000, sudah termasuk tenda, matras, lampu tenda, makan siang dan sarapan, kopi, juga air mineral asli dari Gunung Ciung yang segar.

Fasilitas yang tersedia di Gunung Ciung seperti gazebo, warung kecil, toilet, mushala, dispenser air minum, dan area parkir.

  • 5 Penginapan di Sentul dengan Pemandangan Alam, Cocok untuk Keluarga
  • Wisata ke 3 Curug Sentul, Ini Panduan Lengkapnya

Tempat yang mulai beroperasi sejak Sabtu (24/10/2020) ini memiliki sejumlah fasilitas seperti lahan parkir yang lebih luas dan delapan spot selfie.

Salah satu aturan berkemah di Gunung Ciung adalah pengunjung yang bukan pasangan atau muhrim tidak diperkenankan bermalam dalam satu tenda.


4. Richie Garden Resto & Cafe

Richie Garden Resto & Cafe menghadirkan tempat kuliner dengan pemandangan alam hijau yang terbentang dengan pepohonan rindang serta panorama Gunung Salak dan Gunung Gede.

Secara umum, Richie Garden Resto & Café berkomitmen untuk memfasilitasi pesepeda dan pendaki. Fasilitas yang disediakan, seperti area parkir untuk hiking ke Gunung Cisadon, parkiran sepeda, dan kamar mandi.

Restoran ini beroperasi sejak Juli 2020 dan merupakan bagian Richie The Farmer yang merupakan penginapan. Lokasinya ada di Jalan Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Ada pula fasilitas umum, seperti jogging track, playground, dan kebun sayur. Pengunjung dapat memasuki kebun secara gratis, bahkan bisa memetik hasil kebun.

Operasional Richie Garden Resto & Cafe adalah Senin-Kamis pukul 07.00-17.00 WIB dan Jumat-Minggu buka sampai pukul 20.00 WIB. Harga-harga menu yang disajikan juga terjangkau, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 58.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/10/25/110100127/4-wisata-baru-di-sentul-bisa-foto-instagramable

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke